Tahukah kamu, bahwa ternyata di salah satu belahan dunia ini terdapat suatu keajaiban yang terjadi karena air yang membeku. Sebagaimana halnya di daerah kutub dan daerah dingin yang terdapat es serta salju yang membentuk suatu pola indah.

Tempat-tempat ini pun demikian,  keajaiban alam yang membeku ini pun nampak begitu indah dan sangat unik. Tempat menakjubkan ini biasanya hanya dapat dikunjungi oleh para ilmuwan serta petualang sejati yang siap jiwa, raga, dan finansialnya.

Berikut ini adalah keindahan dari keajaiban alam yang terbentuk secara alami dari alam yang membeku.

1Menara Es Gunung Erebus

versesofuniverse.blogspot.com

Banyak sekali menara es yang menjulang beridiri dengan kokoh di Gunung Erebus. Gunung berapi aktif ini sepertinya hanya satu-satunya tempat yang berada di Antartika di mana api dan es saling bertemu dan berbaur menjadi satu.

Di lokasi berdirinya Gunung Erebus dengan tinggi mencapai 3.800 meter, terdapat pula menara es setinggi 20 meter dan nampak hidup ketika mengeluarkan kepulan uap ke langit Kutub Selatan.

2Elephant Foot Glacier

tu-dresden.de

Satu lagi tempat unik yang berada di Greenland adalah Gletser kaki gajah . Berada di zona abu-abu pada ketinggian rendah, zona ablasi ini diukir oleh lelehan air dan membentuk suatu pola yang menarik.

Gletser yang berbentuk cukup “nyentrik” ini tepatnya berada di lokasi geografis antara pantai utara-timur Greenland.

3Frozen Wave

mustseehowto.blogspot.com

Gelombang air yang membeku ini terdapat di Antartika dan ditemukan oleh seorang ilmuwan Amerika bernama Tony Travouillon tahun 2007 silam. Ternyata, foto yang diambil oleh Tony ini bukanlah gelombang raksasa yang tiba-tiba membeku lho.

Namun, formasi es besar ini tercipta saat es terkompresi dan gelembung udara terperangkap di dalamnya. Sedangkan warna es yang tampak kebiruan itu karena ketika cahaya melewati es yang tebal, cahaya biru ditransmisikan dan cahaya merah diserap.

Sehingga, warna biru  itu sebagai tanda yang nyata bahwa formasi es yang awalnya dikira sebagai gelombang air besar ini dibangun secara perlahan dari waktu ke waktu.

4Crystal Cave

nerkin.deviantart.com

Gua yang terdapat di Islandia ini merupakan gua yang terbentuk hasil dari glasial mill yang ketika hujan, lelehan air di permukaan gletser itu masuk melalui celah-celah gletser. Kemudian, membuat lubang di gletser dan menuju ke daerah yang lebih rendah.

Selanjutnya, air yang masuk ke  lubang itu membentuk gua es yang panjang di ujung gletser. Gua ini terlihat indah dengan bentuknya yang tidak merata dan tidak beraturan seperti benda runcing yang menempel pada dinding gua.

5Birthday Canyon

chasingice.com

Tempat ini berada di kedalam 150 kaki atau 45 meter dan terbentuk dari lelehan air. Birthday Canyon ditemukan di Greenland dan sebenarnya bisa menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi.

6Striped Icebergs

www.lovethesepics.com

Jika kamu pernah melihat gunung es secara langsung atau paling tidak melihat fotonya, biasanya akan ada garis biru dan hijau atau coklat di permukaannya bukan? Dan fenomena seperti ini kerap sekali terjadi di Samudera Selatan.

Sebuah gunung es memiliki garis warna kuning, hitam, coklat atau biru sangatlah umum di perairan dingin di sekitar Antartika itu. Gunung es itu sendiri terbentuk ketika potongan besar es putus dari rak es dan jatuh ke laut.

7Frozen Waterfall

beritasembilan10.blogspot.com

Air terjun yang membeku ini berada di USA, tepatnya di kota Vail, Colorado. Air terjun Fang yang berbentuk pilar besar ini hanya akan terjadi saat musim dingin yang sangat dingin. Sehingga kebekuan dari air terjun ini disebabkan karena cuaca ekstrim.

Air terjun yang membeku ini menjadi sebuah pilar es dengan tinggi mencapai 50 meter dan lebarnya hingga 8 meter.