Jika kamu pernah belajar sejarah, tentu kamu pernah dengar kisah tentang manusia purba kan? Kamu masih ingat nggak? Itu lho manusia yang hidup saat zaman purba atau disebut juga dengan zaman batu.

Kalau kamu sudah lupa, yuk kita ingat-ingat kembali. Sama halnya dengan manusia zaman sekarang, manusia pun jenisnya beda-beda lho. Beda daerah di Indonesia aja manusianya beda apalagi beda benua.

biology4isc.weebly.com
biology4isc.weebly.com

Bagaimana kita bisa tau mengenai keberadaan manusia purba? Kita bisa tau dari penemuan fosil-fosilnya. Nah, fosil-fosil itu kemudian disatukan sehingga kita bisa mengenal gambaran utuh dari manusia purba tersebut deh.

Nah, untuk kita yang tidak terlibat langsung dalam bidang yang berkaitan dengan manusia purba, mungkin hanya cukup tau saja keberadaan dan jenis-jenisnya. Untuk tahu kita bisa lihat dari foto-fotonya.

1Sinanthropus pekinensis

znania.tv

Sinanthropus pekinensis merupakan salah satu jenis Homo erectus, yang sering juga disebut dengan manusia Peking. Manusia purba ini pertama kali ditemukan di Gua Choukoutien, Peking (sekarang Beijing) pada tahun 1927.

Kapasitas tulang tengkorak dari manusia Peking ini hampir sama dengan manusia modern. Namun, yang membedakan manusia Peking memiliki otot rahang yang kuat, tulang tengkorak yang tebal dan rahang lebar tak berdagu.

Fosil manusia Peking yang ada saat ini adalah imitasi, karena sejak tahun 1941, fosilnya diduga hilang saat akan dipindahkan ke Amerika Serikat saat terjadi perang Tiongkok.

2Australopithecus africanus

newpagebooks.blogspot.co.id

Manusia purba yang satu ini ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1942. Manusia purba ini diduga hidup 2-3 juta tahun yang lalu. Fosil manusia purba ini pertama kali ditemukan oleh Raymond Dart.

Jika kita lihat dari warna kulit yang diilustrasikan pada gambar, berarti warna kulit manusia purba yang tinggal di Afrika sama dengan warna kulit orang Afrika di zaman modern ya?

3Homo neanderthalensis

youtube.com

Penemu fosil Homo neanderthalensis adalah adalah Rudolf Virchow. Manusia purba ini ditemukan di sungai Neander dekat dengan Dusseldorf. Ciri-ciri manusia purba ini hampir sama dengan Homo wajakinensis.

Diduga, manusia purba ini telah punah dari zama Pleistosan. Spesies manusia purba ini dinamakan Nenaderthal berdasarkan lokasi tempat pertama kalinya ditemukan, yairu di lembah Neander, Jerman.

4Homo rhodesiensis

en.wikipedia.org

Homo rhodesiensis pertama kali ditemukan oleh Raymond Dart dan Robert Brom. Fosilnya ditemukan pada tahun 1924 di Gua Broken Hill, Zimbabwe.

Pada foto di atas kita bisa melihat bagaimana cara berpakaiannya manusia purba dan peralatan apa yang mereka gunakan untuk berburu atau bekerja untuk mendapatkan makanan.

Melihat gambar manusia purba ini, mungkin di antara kita ada yang berpikir, andaikan kehidupan kita saat ini hanya untuk mencukupi kebutuhan pangan seperti mereka, mungkin kita tidak mengenal istilah korupsi.

Dengan melihat gambar manusia purba ini pun, kita patut untuk bersyukur, bahwasanya kita hidup di zaman yang serba maju dan dapat dengan mudah mendapatkan makanan hanya dengan menukarkannya dengan rupiah.

5Homo cro-magnon

the-stonehenge-enigma.info

Manusia purba ini ditemukan di Gua Cro-Mangnon, yang letaknya dekat dengan Lez-Eyzies. Fosil dari manusia purba ini ditemukan tahun 1868. Bentuk dari manusia purba iniĀ  sudah menyerupai manusia zaman sekarang.

Setelah melihat gambar-gambar dari manusia purba di atas, apa yang sekarang terlintas dalam pikiran kamu?

Mungkin di antara kamu ada yang berpikir, kalau semakin minim pakaian yang kamu kenakan, maka kamu akan menyerupai manusia purba. Bukan demikian?