Pecinta otomatif wajib tahu seputar motor drag. Motor ini merupakan jenis motor yang dimodifikasi untuk balapan. Banyak memakai motor drag untuk balap liar. Modifikasi motor drag memang dirancang agar dapat memacu kecepatan tinggi.

Mode balap motor drag yang paling populer yaitu, drag race. Merupakan balapan di jalur lurus. Motor yang digunakan biasanya jenis motor 2 tak. Jenis motor tersebut mampu melesat cepat di awal start sampai seterusnya.

Drag race tidak selalu identik dengan balapan liar. Beberapa drag race sering diadakan secara resmi untuk memfasilitasi penggemar balapan motor.

Dalam hal memodifikasi motor drag, bengkel motor turut berpartisipasi. Ada banyak variasi motor drag berkecepatan super. Seperti macam-macam motor drag terkeren yang digemari sebagian besar anak muda? Yuk, simak gambar dan ulasan berikut ini.

1Drag Matic Yamaha Mio

db-otomotif.blogspot.com

Yamaha mio merupakan salah satu jenis motor yang sering dimodifikasi untuk kepentingan drag race. Salah satu motor drag Yamaha Mio tercepat ada di Jawa Timur dan kini dipegang oleh tim AMS.

Motor mio tersebut mampu berlari dengan kecepatan di bawah 7.7 detik. Berkat ketangguhannya itu, gelar jawara drag race pun diraihnya beberapa waktu lalu.

Rahasia kecepatan super yang dimilikinya ternyata berasal dari modifikasi silinder sampai dengan porting-portingnya yang mengadopsi model mesin asal Thailand. Teknologi drag matic asal Thailand memang dikenal canggih.

youtube.com
youtube.com

Penggemar motor drag matic Indonesia disarankan mengambil referensi dari Negeri Gajah Putih ini. Kunci kekuatannya berasal dari rekayasa kruk-as yang menjadikan langkah piston berubah dari 60 mm jadi 57.9 mm (standar mio).

Modifikasi kruk-as versi Thailand ini sudah terkenal mengusung presisi menggelinding pada crank case. Semua kelas matic di luar FFA pasti memainkan angka 60 mm tersebut. Kapasitasnya mencapai di atas 300 cc.

Keren banget kan, guys?

2Motor Drag Satria Fu

galerimotormodifikasi.wordpress.com

Model motor drag andalan lainnya adalah satria fu. Ada banyak varian motor drag satria fu, seperti tipe ceper.

Para biker akan mudah membawa motor drag tipe ceper ini dalam kemenangan di perlombaan. Kapasitas mesinnya sudah diupgrade menjadi 200 cc dan tenaganya 30 dk.

Satria fu ini kerap menjadi andalan kawula muda karena dapat bertahan dalam situasi apapun. Terlebih soal kecepatan, motor drag ini memang menjadi yang terdepan.

drag-race.blogspot.com
drag-race.blogspot.com

Pokoknya cocok banget kalau dipakai dalam sebuah event drag race. Selain akan memacu prestasi kamu, motor ini juga akan memompa adrenalin.

Sayangnya, banyak yang menyalahgunakan dengan memakainya pada balapan liar. Tentu saja hal tersebut sangat membahayakan keselamatan.

3Motor Drag Kawasaki Ninja

youtube.com

Motor Kawasaki Ninja pada dasarnya memang sudah menjadi incaran para pemuda. Penampilan gagah dan kecepatannya yang tinggi membuat kesengsem kawula muda penggemar motor gede.

Kawasaki Ninja juga sering dimodifikasi menjadi motor drag. Bahkan salah satu motor drag Kawasaki Ninja pernah menyabet juara pada drag bike dan balapan malam oprekan dari bengkel TDC Racing di Tangerang Selatan.

rahmanwangsyah.blogspot.com
rahmanwangsyah.blogspot.com

Apa sih rahasianya? Usut punya usut ternyata motor drag yang satu ini dirancang dengan volume kubah head 14,2 cc. Sementara head silindernya dipapas sebesar 0,8 mm.

Mekanik yang mendesain motor drag ini melebarkan lubang exhaust hingga 40 mm dan tingginya 28 mm. Dari segi pengapian, motor drag Kawasaki Ninja menggunakan pengapian dari CDI yang berkode 1454. Pengapian tersebut dipadukan dengan magnet dan koil standar.

Jadi, mana jenis motor drag yang kamu suka?