Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat kekuasaan Allah adalah dengan melihat ciptaan-Nya. Jika kita tadaburi, banyak sekali hikmah yang bisa didapatkan.

Salah satu di antara hikmah itu adalah sebuah peringatan untuk kita, bahwa tidak ada alasan untuk menyombongkan diri. Karena di atas langit pasti akan selalu ada langit. Tapi, bukankah memang benar demikian?

Kamu mungkin selalu merasa bahwa Bumi ini begitu besar. Sehingga ketika kamu berada di dalamnya, kamu merasa tidak ada planet lain yang lebih besar dari bumi.

Namun, setelah kamu mempelajari alam ini lebih luas lagi, maka anggapan kamu sebelumnya pasti akan terpatahkan.

Selain Bumi masih ada planet-planet lainnya yang mengelilingi matahari. Planet-planet itu ada yang ukurannya lebih kecil dari Bumi dan ada yang jauh lebih besar dari Bumi. Begitupun dengan zat-zat penyusunnya. Ada yang hampir serupa ada pula yang jauh berbeda.

Nah, untuk tau bagaimana penampakan planet lain selain Bumi, mari kita lihat bersama gambar planetnya berikut ini.

1Venus

gsfc.nasa.gov

Jika kita melihat gambar planet Venus kemudian mempelajari kondisi di sana, maka kita akan banyak-banyak bersyukur bisa tinggal di planet senyaman Bumi. Kenapa begitu? Karena di Venus jauh lebih panas dari Bumi.

Planet ini bisa lebih panas karena tingginya kandungan gas rumah kaca di atmosfernya. Saking panasnya, suhunya bisa mencapai 400 derajat celsius. Wah, kalau sepanas itu, mana mungkin ada manusia yang hidup di sana.

2Mars

gsfc.nasa.gov

Planet Mars adalah planet yang dijuluki planet merah. Dijuluki seperti ini karena penampakannya yang berwarna merah saat tertangkap oleh satelit.

Apakah kamu tahu kenapa planet ini berwarna merah? Warna merahnya diakibatkan karat pada tanah yang kaya akan besi.

Selain itu, planet ini pun memiliki atmosfer yang sangat tipis dan banyak mengandung karbondioksida. Di sana pun banyak terdapat gunung berapi raksasa. Dengan semua fakta ini, maka sangat tidak mungkin sekali ada makhluk hidup yang bisa bertahan di sana.

3Pluto

gsfc.nasa.gov

Pluto merupakan planet paling kecil dari sistem tata surya. Di samping itu, planet ini adalah planet yang jaraknya paling jauh dengan matahari. Hal inilah yang membuat beberapa ahli berpendapat bahwa planet Pluto merupakan planet yang berbeda galaksi dengan Bumi dan planet lain.

4Jupiter

gsfc.nasa.gov

Jupiter adalah planet yang memiki ukuran lebih besar dari ukuran bumi. Saking besarnya diamer Jupiter bisa mencapai 300 kali lebih besar dari bumi.

Selain ukurannya yang besar, ternyata ukuran satelit di planet ini juga besar lho, yaitu seukuran dengan Merkurius. Wah, besar sekali kan?

5Saturnus

gsfc.nasa.gov

Saturnus merupakan planet yang paling romantis dibandingkan planet lain di sistem tata surya. Kenapa begitu? Hal ini ditunjukkan dengan keberadaan cincin yang mengitari planet ini. Nah, keberadaan cincin ini pun menyebabkan planet ini mudah untuk diingat dan dikenali.

6Neptunus

gsfc.nasa.gov

Walaupun Neptunus memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari Jupiter, namun tetap saja Bumi lebih kecil dari Neptunus. Berbeda dengan bumi yang hanya memiliki satu satelit, Neptunus sendiri memiliki 16 satelit, dengan satelit paling besar bernama Triton.

7Uranus

gsfc.nasa.gov

Tahukah kamu planet apa yang memiliki kepadatan paling ringan? Ya, apalagi kalau bukan Uranus. Uranus adalah planet yang memiliki suhu inti paling dingin dibandingkan planet yang lainnya lho? Sehingga planet ini hanya sedikit memancarkan energi panas dari dalam.