Rumah termasuk kebutuhan utama dalam kehidupan. Karena rumah merupakan tempat berlindung dari panas dan hujan. Tempat berlindung dari terjangan cuaca yang ekstrim.

Rumah didesain sedemikian rupa sehingga bisa melindungi dan memberikan rasa aman serta nyaman bagi yang tinggal di dalamnya. Bahkan rumah-rumah tradisional tidak kalah bagus dengan rumah modern.

Rumah tradisional dibuat dengan mengikuti kebudayaan di daerah tersebut dan juga menyesuaikan dengan kondisi alam sekitar. Sedangkan rumah modern didesain dengan melibatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih modern.

Berikut gambar rumah tradisional dan modern dari berbagai negara di dunia.

1Rumah Adat Joglo

smansax1-edu.com

Rumah joglo adalah rumah kuno dari Jawa Tengah. Untuk daerah seperti Jogja, Solo, Wonogiri, dan sekitarnya beberapa warga masih menggunakan bangunan khas kuno ini.

Ciri khas rumah joglo yaitu depannya terlihat lebar dengan penyangga yang kokoh. Di bagian dalam ada ruang besar yang biasanya merupakan ruang keluarga. Seperti auditorium untuk berkumpul keluarga.

2Rumah Adat Honai

rakaraperz.blogspot.com

Gambar rumah selanjutnya adalah rumah tradisional masyarakat Papua. Rumah tradisional yang terbuat dari bahan-bahan yang diambil dari alam. Kayu sebagai dinding dan rangka rumah.

Sedangkan atapnya terbuat daun alang-alang kering. Namun, meskipun atapnya yang terbuat dari daun-daun kering tidak akan terjadi kebocoran walaupun terjadi hujan.

3Rumah Adat Jepang

desainrumah.me

Rumah yang satu ini bukan khas Indonesia namun rumah khas masyarakat Jepang. Rumah seperti ini merupakan ciri khas rumah tradisional masyarakat Jepang jaman dahulu.

Rumah yang dindingnya ditutupi dengan kertas dan lantainya beralaskan tatami yang akan membuat kaki kamu hangat. Untuk tempat tidur yang hanya menggunakan futon atau hampir mirip dengan kasur lipat.

Kebiasaan para bangsawan dulu adalah ketika pagi membuka pintu dan duduk melihat taman indah yang bisa menyegarkan pikiran. Dengan bagian luar dilengkapi halaman yang luas dan dibuat taman yang indah.

4Rumah Inggris

hensi.wordpress.com

Gambar rumah kali ini adalah rumah masyarakat umum di Inggris. Dengan desain rumah yang tidak terlalu lebar namun bertingkat. Rumah tingkat umum di kawasan padat penduduk karena mengingat tempat yang dibatasi.

Dan pada umumnya rumah di daerah Inggris ini memiliki loteng yang biasanya digunakan sebagai gudang ataupun kadang digunakan sebagai kamar tidur. Penggunaan loteng sangatlah biasa di sana berbeda dengan di Indonesia.

5Rumah Amerika

desainrumah.me

Gambar rumah selanjutnya yaitu rumah masyarakat Amerika. Rumah ini seperti rumah masyarakat Inggris. Rumah desain modern yang umum digunakan, bukan merupakan rumah tradisional.

Namun, ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok jika dibandingkan rumah masyarakat di Inggris. Rumah orang amerika cenderung tidak dipagari sehingga halaman depan langsung berdampingan dengan jalan.

Selain itu tingkat nasionalisme yang tinggi di Amerika sehingga terlihat di depan rumah terpasang bendera negara.

6Naga Hut India

adhvara.wordpress.com

Gambar rumah berikutnya berasal dari daerah India. Tepatnya di Kohima, Nagaland bagian utara-timur India. Rumah tradisional suku Angami yang tinggal di desa Naga.

Desain rumah yang unik dihiasi dengan hiasan gambar seperti tanduk, bahkan untuk bagian ujung atap berbentuk seperti tanduk. Rumah suku Angami ini dominan terbuat dari kayu.

7Bolgatanga Painted Village, Ghana

overlandrover-westafrica.net

Gambar rumah kali ini adalah rumah tradisional masyarakat Ghana. Seperti yang terlihat rumah ini dibuat dari tanah liat yang ditumpuk dan dibentuk sedemikian rupa agar bisa ditinggali sebagai rumah.

stephinghana.wordpress.com
stephinghana.wordpress.com

Salah satu daya tarik daerah Bolgatangan ini adalah seni melukis dinding rumah. Ya benar sekali, rumah tradisional warga Bolgatanga dicat motif unik dan bagus. Pada umumnya proses melukis ini dilakukan para wanita.

8Underground House, Tunisia

top10listland.com

Rumah bawah tanah dari Tunisia. Rumah seperti ini cukup lazim didaerah Tunisia. Dibuat dengan membuat lubang besar dan lebar di tanah, kemudian menggali ke samping untuk membuat ruangan lain.

Unik bukan gambar rumah bawah tanah ini? Tapi penulis sendiri belum mengetahui bagaimana bila terjadi hujan lebat, apakah akan tergenang air atau tidak.

SHARE