Berbicara tentang sel, ada banyak bentuk dan ukuran darinya. Ada sel yang ditutupi oleh dinding sel dan ada yang tidak. Sebagian memiliki mantel berlendir, dan sebagian sel juga punya lapisan tebal disekitarnya.

Sel hewan adalah sel eukariotik yang tidak memiliki dinding sel serta kloroplas seperti sel tumbuhan. Walaupun sama-sama sel eukarotik, sel hewan berbeda dengan sel tumbuhan dari segi dinding sel.

Sesuai dengan namanya, sel hewan adalah sel yang menyusun jaringan jaringan pada tubuh hewan atau dapat pula menjadi sebagai organisme seluler seperti pada protozoa.

Semua sel-sel hewan tidak memiliki bentuk dan fungsi yang sama, namun mekanisme selular utama tetap sama yang membantu dalam berfungsinya tubuh.

Ada berbagai bagian yang membentuk sel hewan. Berikut diantar bagian pembentuk sel hewan tersebut.

1Membran Sel

iniduniahewa.blogspot.com

Tersusun dari lemak (lipid) dan protein (lipoprotein), membran sel merupakan bagian terluar dari sel yang membungkus semua organel sel lainnya.

Selain berfungsi sebagai penerima rangsang dari luar sel, fungsi utama membran sel adalah sebagai pengontrol masuknya nutrisi dan mineral kedalam sel.

2Sitoplasma Sel

learning.alfriston.bucks.sch.uk

Sitoplasma adalah matriks atau zat seperti gel dan cairan yang hadir di dalam sel. Sitoplasma terdiri dari meterial air dan protein. Fungsi utama sel ini sebagai tempat berlangsungnya reaksi metabolisme.

3Nukleus

melapuji15.blogspot.com

Nukleus biasa disebut inti sel, merupakan otak atau pusat kontrol sel dan dengan demikian salah satu bagian yang paling penting. Bentuknya bulat atau lonjong yang terdapat di tengah atau bagian tepi sel.

Berfungsi sebagai pusat pengendali kegiatan sel. Di dalamnya juga terdapat cairan inti (nukleoplasma), anak inti (nukleolus), dan selaput inti. Selain terdapat di sel hewan, nukleus juga dimiliki oleh tumbuhan.

Pada nukleolus yang merupakan daerah bernoda gelap di dalam inti, bertanggung jawab untuk pembentukan protein menggunakan RNA (asam ribonukleat).

Di bagian selubung nukleus merupakan bagian pelindung berpori yang menutupi inti, memungkinkan masuknya zat dan merupakan salah satu ciri khas dari sel hewan.

Selanjutnya pada nukleoplasma adalah cairan padat di dalam nukleus yang mengandung serat kromatin. Memadat untuk membentuk kromosom dan gen yang membawa informasi turun-temurun.

4Ribosom

en.wikipedia.org

Ribosom adalah organel berbentuk butiran-butiran kecil yang terdapat di sitoplasma atau menempel di permukaan retikulum endoplasma kasar. Fungsi bagian sel ini sebagai tempat sintesis protein. Terdapat di sel hewan dan tumbuhan.

5Mitokondria

annisafitrin.blogspot.com

Mitokondria merupakan tempat pembentukan sumber energi. Pada umumnya semua sel hidup memiliki bagian sel ini karena fungsinya yang sangat penting.

Fungsi mitokrondia adalah menghasilkan energi melalui proses respirasi sel (reaksi antara bahan makanan dengan oksigen dan menghasilkan energi).

6Lisosom

slideplayer.com

Lisosom berbentuk seperti kantung kecil dengan membran tunggal. Memiliki fungsi untuk mendaur ulang bagian sel yang rusak, mencerna zat sisa makanan atau zat-zat asing yang masuk ke dalam sel. Pada sel tumbuhan juga memiliki bagian ini.

7Sentrosom

thegreatestgarden.com

Sentrosom punya bentuk seperti tabung kecil dan mengapung di sitoplasma. Organel kecil ini dikelilingi oleh mikrotubulus atau dengan centrosphere.

Sentrosom mengandung sentriol yang bertanggung jawab untuk memulai pembelahan sel. Oleh karenanya, Sentrosom berfungsi sebagai pembelahan sel pada pergerakan kromosom.

8Peroksisom

itn-perfume.eu

Ada beberapa enzim ditemukan dalam peroksisom seperti enzim katalase dan enzim oksidase.

Enzim-enzim ini berperan dalam pembentukan katalase yaitu dalam pembentukan dan pembongkaran hidrogen peroksida (H2O2), karena itu organel ini dinamakan peroksisom.

SHARE