arulchandrana.wordpress.com

6 Gambar Tata Surya Ini Terlalu Indah Dilewatkan

Posted on

Tata surya merupakan kota di luar angkasa. Susunan tata surya lebih luas berjuta kali lipat dibandingkan tata ruang sebuah benua di planet bumi.

Pernahkah kamu berpikir untuk bertamasya ke luar angkasa? Atau sekedar ingin menikmati pemandangannya dari teropong bumi? Memang kedengarannya tata surya begitu menakutkan tapi percayalah, tata surya itu sangat indah.

Berikut ini adalah keajaiban-keajaiban yang muncul di sekitar tata surya. Mulai dari cantiknya bumi disorot dari langit hingga komet menakjubkan yang besarnya melebihi luasan sebuah kota.

Yuk, simak terus!

Planet Bumi yang Sempurna

dianakusumaa.blogspot.com
dianakusumaa.blogspot.com

Planet inilah yang menjadi tempat tinggal umat manusia. Satu-satunya planet yang mempunyai kehidupan nyata.

Planet bumi adalah planet paling sempurna di tatanan semesta. Termasuk planet yang berada di urutan ketiga diukur dari jaraknya ke matahari.

Bumi berdiameter 12.756 km dan memiliki satelit bernama bulan yang setia mengelilingi bumi. Gambar di atas merupakan potret bumi dilihat dari luar angkasa. Indah bukan?

Saking indahnya, bumi dijuluki The Blue Marble oleh kapal astronot Apollo 17 yang juga pernah mengambil gambar bumi dari luar angkasa.

Dominasi warna biru membuat planet bumi nampak lebih cerah dan terang benderang dibandingkan dengan planet lain.

Cincin di Tubuh Saturnus

adaa-lagi.blogspot.com
adaa-lagi.blogspot.com

Satu-satunya planet yang dilingkari cincin adalah Saturnus. Cincin tersebut terdiri dari tiga lapisan.

Lapisan-lapisannya yakni cincin luar berdiameter 273.600 km, cincin tengah diameternya 152.000 km dan cincin dalam dengan diameter 160.000 km. Planet yang mempunyai atmosfer rapat tersebut merupakan planet terbesar kedua di susunan tata surya.

Lapisan atmosfer saturnus terdiri dari hidrogen, helium, metana, dan amoniak. Sama seperti bumi, planet saturnus juga memiliki satelit.

Satelit saturnus jumlahnya lebih dari satu, di antaranya Titan dan Rhea. Periode rotasi saturnus kira-kira 10 jam 14 menit dengan revolusi 29,5 tahun.

Pemandangan menakjubkan ini diambil dari satelit ruang angkasa. Ia berhasil mengambil potret terbaik dari cincin saturnus.

Inilah Galaksi Bimasakti

rastandar.com
rastandar.com

Jangan pernah mengira bahwa Galaksi Bimasakti adalah galaksi terbesar di alam semesta, ya. Ada yang lebih besar dari ukuran galaksi kanibal ini.

Disebut galaksi kanibal, karena diam-diam Galaksi Bimasakti menyedot galaksi-galaksi kecil di sekitarnya. Salah satu korbannya adalah Galaksi Sagitarius dan Canis Major.

Banyak yang menduga Galaksi Bimasakti dipadati 200 miliar bintang. Namun, ternyata ada sekitar 400-an miliar bintang di dalamnya.

Potret Galaksi Bimasakti yang pernah kamu lihat hanya 10% saja dari total jumlah massanya.

Tapi, pemandangan Galaksi Bimasakti memanglah sangat indah. Ia diliputi ratusan miliar cahaya. Bisa kamu bayangkan bukan? Betapa terangnya galaksi ini.

Nebula Butterfly Nyata di Langit

space.com
space.com

Nebula merupakan kumpulan debu, gas, dan plasma dalam awan antar bintang. Nebula ini tersusun atas 90% nitrogen, helium, sisa oksigen, zat lemas, dan lain sebagainya. Penyusun utamanya yakni helium dan hidrogen.

Lihat! Gambar nebula yang satu ini cukup unik. Bentuknya seperti kupu-kupu atau butterfly raksasa. Dengan kilauan aneka warna, keindahan nebula butterfly kian terlihat.

Tertarik untuk memajang gambarnya menjadi wallpaper di gadget-mu?

Cahaya di Galaksi M104

arulchandrana.wordpress.com
arulchandrana.wordpress.com

Galaksi Bimasakti memang bukan satu-satunya galaksi di semesta ini. Ada galaksi lain yang pemandangannya tak kalah indah.

Sebut saja Galaksi M104. Galaksi yang mempunyai cahaya halo piring ini terletak di rasi bintang Virgo. Bentuk Galaksi M104 sangat unik, seperti topi sombrero. Itulah sebabnya dinamakan juga Galaksi Sombrero.

Komet dan Los Angeles

discovermagazine.com
discovermagazine.com

Pernah membayangkan sebuah komet jatuh di negara kamu? Bagaimana rasanya ya? Apalagi kalau melihat komet di atas. Besar dan luasnya mampu menggilas seluruh isi Kota Los Angeles.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *