Ingatkah kamu peristiwa besar yang terjadi pada tahun 2004 di Indonesia? Aceh, kota yang menjadi awal mula masuknya Islam ke Indonesia dilanda musibah memilukan pada tahun tersebut. Tepatnya pada hari Minggu, 26 Desember 2004.

Gempa bumi yang begitu hebat dan Tsunami yang sangat dahsyat menerjang bumi Serambi Mekkah ini. Gempa yang terjadi pada pukul 07:58 WIB ini terletak pada bujur 3.316° N 95.854° E dengan kedalaman mencapai 10 km.

Gempa dengan kekuatan 9.3 skala richter yang terjadi di Aceh berlangsung sekitar 10 menit lamanya. Getaran gempa dengan kekuatan yang begitu besar ini menyebabkan terjadinya gelombang tsunami yang mengejutkan warga Aceh.

Lalu bagaimanakah keadaan beberapa tempat di kota Aceh sebelum dan sesudah tsunami? Inilah beberapa gambar yang menunjukkan dahsyatnya gempa dan tsunami yang meluluh lantakkan bumi serambi Mekkah tersebut.

1Tsunami Aceh

siefya.com

Bukan gelombang biasa yang terjadi di laut Aceh pada tanggal 26 Desember 2004 kala itu. Terjangan tsunami yang begitu besar menyisir semua bangunan yang ada disekitar pantai dan masuk ke dalam kota Aceh yang dihuni hingga 4.732.000 penduduk.

Dalam perisitiwa tersebut, kurang lebih 500.000 warga meninggal dunia. Seluruh dunia pun menyorot kedahsyatan tsunami yang melanda Banda Aceh.

2Kompleks Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh

pda.teron.ru aceh

Ini merupakan gambar pertama yang menunjukkan kompleks Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Kota Aceh pada tanggal 23 Juni 2004. Sebelum terjadi gempa dan tsunami dahsyat, kompleks masjid ini masih tertata rapi dan bersih.

Air sungai pun nampak masih hijau jika terlihat dari atas. Masih terlihat jelas garis jalan yang digunakan beberapa kendaraan untuk berlalu-lalang. Kawasan di halaman masjid yang luas pun nampak bersih dan sangat lapang.

bbs.godeyes.cn aceh
bbs.godeyes.cn aceh

Namun, beginilah kiranya keadaan kompleks Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh setelah terjadi gempa dan tsunami pada tanggal 26 Desember 2004. Foto ini diambil pada tanggal 28 Desember 2004.

Sangat terlihat jelas bahwa air sungai begitu keruh. Jalanan pun nampak kotor dan sepi. Bangunan-bangunan pun banyak yang hancur dan beberapa tak berbentuk lagi. Tetapi, lihatlah bangunan Masjid Raya Baiturrahman di atas.

Masjid yang telah terkena terjangan tsunami masih kokoh berdiri di sana. Padahal, lahan yang ada di depannya terlihat sangat berbeda dengan foto sebelum terjadinya tsunami di Aceh.

3Aceh 1

www.futura-sciences.com

Salah satu gambar yang menunjukkan satu sisi kota Aceh dengan bangunan yang begitu padat sebelum terjadinya gempa. Ini merupakan sebuah gambar yang diambil pada tanggal 23 Juni 2004.

Bisa terlihat dengan jelas, aliran sungai yang nampak seperti gambar di komplek Masjid Raya Baiturrahman. Sungai tersebut masih terlihat berwarna hijau jernih. Di sisi lain, nampak pula sebuah lapangan sepak bola yang berada di tengah kota.

yhxcl.com
yhxcl.com

Akan tetapi, setelah tsunami datang, kota ini berubah seluruhnya. Air sungai pun menjadi keruh. Lapangan di tengah kota tak nampak lagi jejaknya. Begitu pula dengan bangunan yang berada di sana.

Tadinya nampak padat sekali, tapi sekarang, telah hancur lebur dan terlihat menyatu dengan tanah.

Aceh 2

yhxcl.com
yhxcl.com

Sama seperti beberapa gambar sebelumnya, di daerah ini, Aceh masih nampak hijau dengan sawah-sawahnya. Sedangkan, di beberapa sisi sudah ada bangunan yang berdiri di sana. Gambar ini menunjukkan Aceh pada tanggal 23 Juni 2004.

pda.teron.ru aceh
pda.teron.ru aceh

Namun, lihatlah gambar berikut ini, di tempat yang sama, namun pada tanggal yang berbeda. Aceh berubah menjadi gelap dan tak terlihat lagi sawah yang sebelumnya hijau subur di sana.

Setelah terjadinya tsunami hebat, Aceh sangat berduka. Tak hanya Aceh yang merasakannya, seluruh Indonesia pun turut merasakan duka yang begitu dalam atas peristiwa besar tersebut.