Kalau kamu salah satu penggemar game komputer, tentu kamu sadar betul selama dua dekade terakhir, perkembangan indutri game mulai go online. Hal ini tentu saja didukung oleh jaringan internet yang merambah seluruh dunia.

Banyak sekali genre atau tipe game online yang tersedia di internet. Mulai dari yang gratis hingga berbayar, mulai dari yang action, sci-fi, hingga sport. Dan yang paling populer tentu saja tipe massively multiplayer online (MMO).

Semacam game dengan tipe role playing game (RPG) dengan kemungkinan interaksi antara pemain game di seluruh dunia. Tipe game inilah yang paling sering dimainkan saat ini.

Beberapa game online menggunakan server semacam ‘google play’-nya android. Beberapa diantara adalah Steam, Battle.net, Origin dan banyak lagi lainnya. Ada juga yang menggunakan server tersendiri untuk satu game itu saja sendiri.

Nah, mari lihat apakah game online favoritmu termasuk dalam 3 game online terpopuler dan paling sering dimainkan di dunia?

1Defense of the Ancients (DOTA)

vg247.com

Game ini telah rilis dalam sekuel kedua (DOTA 2), dikembangkan oleh Valve Corporation, game ini pertama kali di rilis pada tahun 2013. Sebenarnya DOTA awalnya dikembangan oleh seorang developer yg dikenal sebagai IceFrog sejak tahun 2005.

twop.navi-gaming.com
twop.navi-gaming.com

DOTA 2 dimainkan lewat Steam, jadi kalau kamu tertarik memainkannya, kamu harus meng-install Steam terlebih dahulu ke komputer kamu lalu mengunduh DOTA 2 via Steam.

Hal yang paling menyenangkan, tentu saja karena DOTA 2 gratis sampai kapanpun dan berapa kali pun kamu memainkannya. Pengguna game ini dalam sehari bisa mencapai lebih dari 943.000 orang.

2World of Warcraft (WoW)

playbuzz.com

WoW pertama kali dirilis pada tahun 2004 oleh Blizzard Entertainment. Game yang satu ini hampir sama dengan DOTA dalam model dan visual permainannya. Bedanya, game ini berbayar.

Jika kamu ingin memainkan game ini, kamu bisa memainkannya lewat Battle.net. Kamu akan lebih antusias lagi karena pada tahun 2016 game ini akan dirilis dalam bentuk film layar lebar. Kamu bisa lihat trailer filmnya di youtube.

collider.com
collider.com

Hingga Juni 2015, pengguna WoW mencapai 5,6 juta orang. Namun, jangan kaget dengan fakta lain bahwa game ini pernah mencatat rekor Guinness World Record sebagai MMORPG dengan pengguna terbanyak.

nerdunderground.net
nerdunderground.net

Jumlah pengguna yang dapat memecahkan rekor tersebut mencapai 10 juta orang. Keuntungannya bahkan mencapai 10 miliar dolar Amerika pada tahun 2012. Hingga saat ini lebih dari 100 juta akun WoW telah dibuat di seluruh dunia.

3League of Legends (LoL)

skleague.ca

Inilah game online terpopuler di dunia saat ini, League of Legends. Game ini dikembangkan oleh Roit Games dan pertama kali dirilis pada 27 Oktober 2009. LoL ini adalah tipe free-to-play game, itu artinya game ini gratis.

LoL memang sangat kentara merupakan game yang terispirasi daro DOTA dan WoW. Namun, pengguna hariannya telah mencapai 27 juta orang per hari. Hal lain yang lebih menarik, terdapat kejuaran dunia tahunan LoL.

youtube.com
youtube.com

Pada tahun 2015, hadiah untuk para pemenang kejuaraan dunia LoL mencapai 2,3 juta dolar Amerika. Memang nilai hadiah ini masih kalah jauh dari niai total hadiah yang di tawarkan dalam The International 2015.

The International adalah turnamen DOTA 2 yang memperebutkan hadiah lebih dari 18 juta dolar Amerika. Inilah turnamen game online terpopuler dengan hadiah terbesar berkali-kali lipat dibandingkan turnamen lainnya.

Meskipun begitu, tetap saja bahwa fakta LoL menjadi game online dengan pengguna terbesar dan paling sering dimainkan di dunia saat ini adalah hal yang tidak terbantahkan.

Bagaimana? Kamu sudah memutuskan untuk memainkan game yang mana?