Semenjak semakin majunya teknologi informasi dan dipopulerkannya Personal Computer (PC) pada dekade 1970-an, anak-anak mulai beralih dari permainan tradisional  kepada permainan grafis di layar kaca.

Kalau kamu pernah menonton film tentang sejarah Steve Jobs, ada moment saat Steve Jobs marah kepada karyawannya yang menghabiskan waktu membuat program game, ketimbang membuat program untuk kalangan profesional.

Dipihak lain Bill Gates malah memuji karyawannya yang membuat game kartu, yang sekarang menjadi populer dan identik dengan OS Windows. Ternyata memang Bill Gates lebih jeli melihat masa depan industri game PC.

Bill Gates yang saat itu memiliki kontrak dengan IBM, membuat game PC pertama kali pada DOS Operating System Komputer IBM yang diberi judul Donkey. Ternyata inilah titik awal perkembangan game PC yang begitu cepat mengalami kemajuan.

Jangan bayangkan game PC di tahun 80-an dan 90-an seperti game-game saat ini dengan grafis nyata 3D. Cara bermain dan tampilan game saat itu betul-betul sederhana.

Tapi walaupun sangat sederhana, anak-anak di masa itu begitu menikmati permainan karena faktanya memang itu teknologi paling tinggi.

Bagi generasi orang-orang yang pernah punya masa kecil tahun 1980-an atau 90-an, tentu banyak yang akrab dengan game PC dan PC gaming jadul ini.

Kita akan ajak kamu untuk flashback melihat segala macam tentang game PC generasi terdahulu. Inilah 10 hal klasik tentang game PC itu.

1Donkey, Game PC Pertama Kali

maniakomputer.blogspot.co.id

Betul-betul sangat sederhana. Lihatlah, grafis 2 dimensi tak banyak warna dan detail kotak-kotak, juga kontrol permainan hanya geser kanan kiri saja.

Ini semakin membuktikan betapa anak-anak zaman sekarang begitu dimanjakann dengan game-game canggih dan visual nyata.

2Memainkan Semua Permainan Tanpa Mouse

wikimedia.org

Memainkan game hanya dengan keyboard, tanpa mouse dan gamepad? Sesuatu yang hampir tidak mungkin dilakukan sekarang. Terlihat gambar di atas, seorang anak yang fokus pada gambar tanpa melihat keyboard.

3Membersihkan Bola Kecil Pada Mouse

Gambar di atas adalah tutorial cara membersihkan mouse jadul dengan bola kecil di bawahnya. Sangat kontras dengan zaman sekarang dimana mouse menggunakan sensor, bahkan nirkabel dengan wireless.

Jika perkembangan game PC banyak dimainkan oleh Bill Gates, pada perkembangan mouse andil besar ada pada Steve Jobs. Dia yang pertama kali mempopulerkan mouse pada produk Apple ke-4 nya pada 1983.

4Gamepad Jadul

amazon.com

Jika para gamer zaman sekarang harus bermain dengan menggunakan gamepad seperti ini pasti jadi mimpi buruk bagi mereka. Bagaimana cara memainkan gamepad aneh ini ya?

5Majalah Game Sumber Informasi Utama

amazon.com

Tidak bisa browsing tidak ada gadget, semuanya tergantung pada majalah game. Mulai dari berita, tren game, rilis game terbaru hingga trik permainan semua hanya bersumber pada majalah seperti gambar di atas.

6Non-Talkie Game Indiana Jones

Di atas adalah game Indiana Jones yang sangat populer saat itu. Namun sayangnya jika kamu memainkannya dengan floopy disk bukan CD-ROM, game tidak menampilkan full talkie yang berisi cerita awal peteluangan.

7Upgrade Setiap Tahun dengan Kartu Grafis Terbaru

Kartu Grafis atau VGA lawas yang harus diganti tiap tahun kalau tidak ingin ketinggalan permainan terbaru.

8Pemain Game Bersama ‘Co-op’

flickr.com

Game yang hanya bisa dimainkan satu orang membuat yang lain harus mengantri. Atau kalau tidak berperan sebagai asisten atau disebutnya ‘co-op’. Dia menjadi penasehat dan pengarah permainan, “tembakan plasma, belok kekanan, kataku!”

9Ribetnya Menginstal Permainan

Begitu ribetnya menginstal game jaman dulu, bahkan sampai ada tujuh bagian game yang harus di Install bergantian. Belum lagi kecepatan menginstal yang sangat payah.

10Kipas Manual Agar Tidak Kepanasan

flickr.com

Tidak adanya pendingin otomatis membuat para gamer harus menggunakan kipas manual untuk mendinginkan CPU yang kepanasan.