deviantart.com

6 Game Jadul Generasi 90-an yang Bakal Bikin Kamu Kangen Setengah Mati

Posted on

Kalau kamu anak kelahiran tahun 90-an, kamu pasti pernah memainkan berbagai game digital. Entah itu dari Nintendo, PlayStation, handphone jadul, atau bahkan ding dong di area bermain perkotaan.

Nah, apa kamu kangen bagaimana gregetnya memainkan berbagai game itu? Kadang ada rasa gemes mendekati jengkel jika selalu kalah dan game over pada berbagai game jadul di bawah ini. Bagaimana menurut kamu?

Super Mario Bros

polygon.com
polygon.com

Inilah game paling populer di tahun-tahun 90-an itu. Permainan digital yang dibuat oleh Jepang ini dibuat untuk dimainkan pada konsol Nintendo. Super Mario Bros pertama kali dirilis pada tahun 1985, namun kepopulerannya bahkan tetap bertahan hingga saat ini.

Bahkan menurut IGN, sebuah perusahaan game asal Amerika Serikat, Super Mario Bros dinobatkan sebagai “greatest game of all time” pada sebuah polling tahun 2005 . Permainan digital terbaik sepanjang masa, bagaimana? Apa kamu setuju?

Contra

contra.wikia.com
contra.wikia.com

Game yang satu ini juga buatan Jepang, tepatnya buatan Konami. Pertama kali dirilis tahun 1987, permainan virtual yang satu ini pernah sangat laris di Indonesia pada tahun 90-an. Tentu saja kamu salah satu yang pernah memainkannya bukan?

Contra juga dimainkan lewat Nintendo dan akan lebih seru serta menarik jika kamu memainkannya berramai-ramai bersama teman kamu. Contra memiliki berbagai tingkat kesulitan yang beragam, semakin tinggi pada setiap levelnya.

Game Tetris

youtube.com
youtube.com

Nah, kalau game yang satu ini mungkin lebih umum kamu mainkan lewat Gimbot. Tentu saja permainan digital ini tidak berasal dari Jepang. Programer game ini adalah Alexey Pajitnov asal Rusia.

Hingga kini, permainan Tetris tetap ada dan berkembang dengan berbagai fitur dan rule yang baru. Kamu bisa bernostalgia dengan Tetris bahkan lewat smartphone kamu.

Street Fighter

huffingtonpost.co.uk
huffingtonpost.co.uk

Kembali ke Jepang, sepertinya memang lebih banyak permainan digital asal Jepang yang populer di Indonesia. Street Fighter adalah salah satu yang terus berkembang hingga saat ini.

Permainan digital buatan perusahaan Capcom ini pertama kali dirilis pada tahun 1987. Bahkan pada tahun 2016 ini akan dirilis versi terbaru bernama Street Fighter V.

Hingga sekarang terhitung telah ada 8 versi Street Fighter sejak pertama kali kemunculannya belasan tahun lalu.

Dan tahukah kamu? Bukan hanya di dunia permainan digital, Street Fighter juga pernah diterbitkan sebagai komik, kartun animasi hingga film layar lebar (live action) yang dimainkan oleh artis-artis terkenal dunia seperti Jean Claude Van Damme.

Mortal Kombat

plus.google.com
plus.google.com

Nah, kalau yang satu ini bukan buatan Jepang namun garapan studio game asal Amerika bernama Midway Games Chicago (MGC) pada tahun 1992.  Namun, saat MGC bangkrut hak pengembangan permainan ini beralih ke tangan Warner Bros.

Tentu saja yang paling kamu ingat dari permainan ini adalah langkah fatality-nya bukan? Gerakan dengan kombinasi tombol khusus tertentu yang dapat banyak mengurangi life line musuh atau bahkan hingga membunuhnya.

Mortal Kombat juga diadaptasi ke layar lebar, serial televisi dan kartun animasi. Hingga saat ini game yang satu ini masih terus berkembang.

Tekken

youtube.com
youtube.com

Dalam bahasa Jepang, tekken berarti iron fist atau tinju besi. Permainan yang dikembangkan oleh Bandai Namco Enntertainment ini dirilis tahun 1994 dan langsung menjadi permainan populer di kalangan generasi 90-an.

Tekken masih terus berkembang dan mengalami pembaharuan yang berlanjut. Kamu bahkan bisa memainkan Tekken lewat smartphone  kamu jika kamu mau. Cobalah dan rasakan kembali betapa gregetnya bermain jotos-jotosan ala Tekken.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *