Salah satu fitur ponsel android yang sangat menghibur para penggunanya yaitu aplikasi perlmainan yang bisa kamu unduh gratis di google play store.

Ada banyak permainan, mulai dari yang berbayar, gratis teratas, gratis terbaru, dan tentunya permainan yang menjadi favorit sebagian besar masyarakat.

Apa saja permainan favorit, populer, sampai menjadikan permainan ini menjadi permainan andorid terbaik yang pernah ada? Simak 7 games ini.

1Clash of Clans

play.google.com

Bagi kamu para penggila game pastinya sudah tak asing lagi dengan permainan yang satu ini. Game ini merupakan penuh dengan strategi dalam memberikan perlawanan terhadap musuh yang akan kamu temui nantinya.

Kelebihan dari game ini adalah kamu bisa berhubungan dengan beberapa teman yang ada dalam satu ruang bernama Clan.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan bantuan ataupun meminta bantuan kepada teman ada disaat kamu sedang mengalami kesulitan dalam menghadapi lawan yang tangguh. Kamu perlu menyusun strategi dan berpikir keras untuk menang.

Aplikasi game android terbaik ini juga tak begitu besar ukurannya. Hampir semua ponsel android, mulai dari kelas bawah sampai kelas atas bisa mengunduh aplikasi permainan ini dengan sangat mudah.

2Asphalt 8 Airborne

youtube.com

Segeralah coba permainan ini. Khususnya bgai kamu yang memiliki ponsel android dengan kualitas dan kapasitas cukup tinggi.

Tampilan permainan ini sangat menarik serta permainan dan dikemas secara apik sehingga kamu tidak akan bosan memainkan Ashpalt 8 Airbone.

Balapan mobil yang dipadukan dengan perolehan poin dari jalur track menegangkan ini adalah salah satu kelebihan yang dimiliki Ashpalt 8 Airbone.

Selain itu kamu juga bisa memilih atau membeli mobil sesuai dengan seleramu. Game android terbaik yang satu ini juga bisa dimainkan bersama temanmu, dengan koneksi internet yang cukup kencang.

3FIFA 15 Ultimate Team

news.softpedia.com

Permainan yang juga sangat populer di dunia andorid yaitu FIFA 15 Ultimate Team. Game terbaru dari FIFA ini bisa kamu mainkan di gadget android dengan mudah dan nyaman.

Game yang belum lama masuk ke play store ini juga sudah bertengger di urutan 10 dari kategori game yang ada saat ini.

Kamu bisa memainkan beberapa klub-klub raksasa sepak bola elite dari mancanegara, di antarnya tim dari Liga Inggris, Liga Italia, Bundes Liga hingga tim dari MLS (Major League Soccer).

4Hay Day

amodindo.tk

Siapa yang tidak mengenal game tenama ini? Hayday merupakan game yang bertema peternakan dan perkebunan. Permainan ini hampir menyerupai harvest moon yang sudah menjadi legenda di konsole playstation pada masa lalu.

Hay day sendiri merupakan game besutan perusahaan freecell yang memang sudah ternama. Game android terbaik yang satu ini juga hadir dengan beragam inovasi yang jauh lebih menarik dari semua pesaingnya yang juga bertemakan peternakan dan perkebunan.

Permainan yang satu ini hanya dapat dimainkan dalam keadaan terkoneksi ke internet karena Hay Day merupakan game online layaknya Clash Of Clans.

Hay Day memungkinkan kamu untuk menjual dan membeli hasil ternak dengan temanmu yang membutuhkan sambungan internet.

5Real Racing 3

video-game-wallpapers.com

Game terpopuler berikutnya adalah Real Racing 3. Game android yang satu ini sudah banyak diunduh para penggila game balapan mobil.

Game android terbaik yang satu ini juga sudah menetapkan standar baru untuk game balap mobil. Terdapat trailblazing yang merupakan fitur baru yang termasuk trek lisensi resmi. Kamu juga akan ditemani dengan adanya jaringan 22-mobil baru yang lebih mempuni lagi.

Tak hanya itu saja. Kamu juga akan mendapati lebih dari 50 mobil balap yang sudah dimiliki game ini, dimana ada beberapa mobil ternama seperti Porsche, Lamborghini, Dodge, Bugatti, dan Audi.

Kamu juga dapat memainkan game ini dengan temanmu dengan melakukan multiplayer. Rasakan senasi baru dalam bermain balap mobil!

6Candy Crush Soda Saga

play.google.com

Game puzzle yang sangat seru dan sangat adiktif. Game ini terdiri dari banyak level untuk diselesaikan. Selain seru, game ini juga menuntut kita untuk mengasah otak. Game segala usia yang sangat cocok untuk mengisi waktu luang ketika bosan.

7Get Rich

duniaku.net

Game monopoli online yang paling populer di android. Sangat mengasyikkan dan pasti akan membuatmu ketagihan. Kamu dapat bermain bersama teman, keluarga ataupun orang lain.

8Alasan Orang-orang Memilih Android

vtechno.okezone.com

Kinerja, Kecepatan dan Efisiensi. Kinerja, kecepatan dan efisiensi merupakan hal-hal yang sangat diperhatikan dari smartphone Android. Pengguna bisa menikmati kecepatan bila menggunakan android.

Selain cepat, android juga terkenal mudah untuk mengakses program pada perangkatnya. Ini adalah alasan utama mengapa Android telah menjadi OS yang paling kompetitif di pasar.

Dukungan Hardware. Ini merupakan salah satu alasan mengapa Android begitu sukses dan dicintai oleh semua pengguna.

Smartphone Android memungkinkan dukungan hardware tambahan seperti video / kamera sentuh, GPS, akselerometer, giroskop, magnetometer, kontrol game khusus, kedekatan dan sensor tekanan, termometer dipercepat grafis 2D dan 3D.

Pengembangan Apps. Apps adalah faktor paling penting dalam keberhasilan setiap jenis gadget elektronik. OS Android memungkinkan kamu untuk menikmati semua aplikasi menarik seperti Locale, Google Map Navigation, Twitter, Facebook, game, dll.

Harga. Alasan ini adalah faktor yang paling penting karena ketika kamu berpikir untuk membeli sebuah smartphone berbasis Android dengan fitur yang sangat unik, maka kamu pasti juga akan berpikir tentang harga ponsel tersebut.

Nah, dalam hal ini, kamu tidak perlu khawatir. Produsen akan memasang harga yang sangat terjangkau untuk ponsel android dengan fitur lengkap.

Upgrade Instan. Upgrade instan yang mudah tersedia untuk semua pengguna Android. Kamu dapat mengupgrade smartphonemu kapan saja, sesuai keinginanmu untuk bisa berhubungan dengan semua fitur terbaru di pasar.

Keamanan. Pada versi sebelumnya Android, terutama dalam 2.1 (Eclair) dan 2.2 (Froyo) menyaksikan banyak masalah keamanan seperti Trojan dan malware.

Tapi, masalah tersebut sudah berhasil diperbaiki oleh Tim Keamanan Android dan sekarang semua smartphone berbasis Android telah dilindungi dari semua jenis virus.

So, sekarang kamu dapat mengakses semua aplikasi tanpa perlu khawatir akan terkena virus berbahaya.

Handphone Gaming. Awal tahun ini Android menyampaikan berita menarik bahwa mereka akan menyediakan fasilitas untuk semua pengguna dengan fasilitas Mobile Gaming.

PlayStation bahkan mengumumkan bahwa mereka akan mengembangkan beberapa permainan PS yang akan mudah tersedia dalam perangkat didukung oleh Android OS.

Layarnya lebar. Kelebihan yang satu ini juga bisa ada pada jenis produk lain. Namun secra menyeururh dan dominan, produk android menggunakan pada layar lebar, sehingga aplikasi yang tersedia dapat digunakan secara optimal tanpa terbatas visual.

Messenger Service. Begitu banyak messenger yang bisa dipakai pada android, termasuk milik Google yaitu Google Talk.

Jadi kamu tetap bisa berkomunikasi murah dengan pengguna messenger tersebut entah mereka pakai smartphone, ponsel atau komputer.

Open Source. Open Source merupakan kelebihan OS ini. Pengguna bisa melihat kode program di google. Karenanya pengguna yang cukup mahir bisa membuat aplikasi android mereka sendiri atau melakukan perbaikan atas versi yang ada.

Seperti yang kita tahu bahwa di era modern sekarang ini, kita bisa memainkan apa saja hanya dengan bermodalkan smart gadget.

Dulu mungkin kita hanya bisa bermain game lewat playstasion, tapi sekarang kita bisa bermain game sepuasnya hanya dengan smartphone android.

9Mengatasi Game Android Keluar Sendiri

blog.tokopedia.com

Salah satu keuntungan bermain game di android adalah bisa bermain kapan saja dan dimana saja. Dan kelebihan lainnya, Google Play Store menyediakan ribuan game gratis yang siap untuk dimainkan.

Jika kamu bandingkan dengan OS lain, pasti OS Android akan lebih banyak menyediakan game dengan pilihan menarik.

Inilah masalah yang sering dihadapai para pengguna smartphone yang suka main game. Munculnya pesan error seperti Force Close tiba-tiba, Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti, Unfortunately, Game Has Been Stopped, dan bentuk peringatan lainnya.

Aplikasi yang bersifat publik seperti Sosial & Messenger, Editor, dan Browser, itu berbeda dengan Aplikasi Game sehingga dapat dipastikan penyebab mengenai game yang keluar sendiri itu lebih banyak dibanding aplikasi lainnya.

Lalu, seperti apa penyebab mengenai game android yang keluar sendiri?

Koneksi Internet Lambat/Terputus. Jika koneksi internetmu lemot saat sedang bermain game pasti rasanya akan sangat berat, hal ini berlalu pada game yang bersifat online.

Jika sudah terasa sangat berat maka pada akhirnya game akan terhenti dan keluar dengan sendirinya.

Tak hanya itu saja, jika koneksi langsung terputus, beberapa game online terkadang juga langsung keluar dengan sendirinya.

Penumpukan Cache yang Berlebihan. Setiap kali kamu menjalankan aplikasi, entah itu game atau yang lainnya pastinya akan meninggalkan file cache di memori.

Apabila file cache terus menumpuk dan tidak pernah dihapus maka game dan aplikasi tertentu pasti akan error dan keluar sendiri.

Hal ini tidak berlalu pada game saja, tetapi berlaku pula pada aplikasi lainnya seperti BBM, Line, WhatsApp, Facebook, dll.

Game Versi Beta. Game yang masih dalam tahap uji coba tentu saja terkadang bisa mengalami masalah, bukan Karena smartphone android milikmu, tetapi karena memang game itu sendiri yang sedang error.

Versi Beta terkadang masih banyak terjadi kesalahan atau bugs pada file-file game itu sendiri. Jadi harap maklum,

Perangkat Tidak Kompatibel. Game yang kamu mainkan tidak cocok dengan perangkatmu, mungkin saja perangkatmu kurang canggih dengan kualitas hardware yang kurang mumpuni.

Tak hanya dari segi hardware saja, dari segi software juga harus diperhatikan. Tidak semua game bisa dimainkan pada perangkat android dengan OS yang berbeda.

OS Android Versi Jadul. Jika OS Android-mu masih versi jadul (versi 2.3 kebawah) maka dapat dipastikan akan sulit dimainkan, jika kamu menginstall game yang berat.

Mungkin bisa terinstall tapi saat dimainkan akan serasa berat dan pada akhirnya akan force close tiba-tiba. Sebaiknya, sebelum menginstall game, kamu bisa baca detail dari aplikasi game tersebut, bisa diinstall pada OS versi apa saja.

Smartphone telah diroot. Beberapa pengguna android memang suka melakukan ROOT. Hal ini sudah menjadi kebiasaan para pengguna android.

Salah satu keunggulan Root adalah bisa memaksimalkan penggunaan smartphone sesuai dengan keinginan pemiliknya. Dengan Root, game yang tidak bisa dimainkan, maka nantinya bisa dimainkan.

Aplikasi yang tidak compatible, maka nantinya bisa compatible. Tapi dampak dari Root juga sangat besar, jika tiba-tiba game keluar sendiri maka jangan heran karena kamu memang sudah melakukan root.

Memori RAM Penuh. RAM Android yang penuh akan membuat aplikasi yang kamu mainkan tertutup secara tiba-tiba, hal ini tidak berlaku pada game saja tetapi berlaku juga pada aplikasi lainnya.

Jika misalnya kamu bermain game online, kemudian kamu juga membuka aplikasi Sosial messenger maka akan membuat RAM Android sibuk mengelola semua data yang masuk.

Jika RAM Androidmu memiliki kapasitas yang cukup besar, itu tidaklah masalah. Tapi jika RAM Androidmu berkapasitas kecil maka akan jadi masalah.

RAM Tidak Cukup. RAM yang penuh berbeda dengan RAM yang tidak cukup. RAM yang tidak cukup memang dari awalnya sudah tidak mencukupi untuk membuka game tersebut.

Walaupun kamu menutup semua aplikasi, tetap saja game tersebut tidak bisa dimainkan karena game tersebut membutuhkan kapasitas RAM yang harus melampaui RAM Androidmu.

Jika misalnya RAM Androidmu berkapasitas 512MB atau bahkan dibawahnya, sedangkan game yang kamu mainkan membutuhkan RAM dengan kapasitas RAM diatas 512MB. Lalu apa yang terjadi? Game tidak bisa dimainkan.

Smartphone Terlalu Panas (Over Heat). Saat kamu sedang asyik bermain game pasti akan lupa dengan kondisi smartphone saat itu juga.

Smartphone yang panas dapat menyebabkan kerusakan hardware jika kamu tidak menghentikan aktifitas yang kamu lakukan. Kamu bisa maklum jika game keluar sendiri, dan bahkan ada juga yang sampai mati karena smartphone terlalu panas.

File Aplikasi Ada yang Hilang atau Rusak. Jika ada beberapa file aplikasi game yang error, rusak, atau hilang pasti akan membuat aplikasi tersebut berjalan tidak lancar.

Hal ini mungkin saja disebabkan karena kamu tidak pernah melakukan update pada game-mu, tidak pernah melakukan scanning virus, dan tidak pernah menghapus cache android.

Dengan membaca beberapa penyebab diatas maka saatnya kamu bisa mengatasinya sesuai dengan permasalahan yang sedang kamu hadapi. Ada beberapa tips yang bisa kamu coba dalam mengatasi game android keluar sendiri, dan berikut tips-tipsnya.

10Cara Mengatasi Game Android Keluar Sendiri

artikel.pricearea.com

Aktifkan Koneksi Internet. Jika sebelumnya game kamu keluar karena koneksi internet yang lemot maka kamu bisa putuskan dan hubungkan kembali koneksi internetmu.

Carilah lokasi dengan kualitas sinyal yang bagus dan tidak putus-putus. Jika tersedia area Wifi, coba hubungkan dengan ponselmu, mungkin itu lebih cepat dibanding data internet milikmu pribadi.

Putuskan Koneksi Internet. Jika kamu hanya bermain game offline, maka kamu tidak perlu mengaktifkan koneksi internet. Sebaiknya kamu putuskan koneksi internet agar RAM Androidmu tidak penuh dan kamu bisa bermain game secara leluasa.

Hapus Cache Game. Untuk menghapus cache kamu bisa melakukannya secara manual, masuk pada menu Pengaturan » Aplikasi » Semua, kemudian cari dan pilih game yang kamu mainkan sebelumnya.

Tap “Hapus Cache” untuk membersihkan cache dari game yang kamu mainkan tersebut. Untuk hasil yang lebih baik, kamu bisa menggunakan aplikasi clean master. Selain lebih bersih, penerapannya juga lebih mudah.

Paksa Berhenti dan Hapus Data. Untuk mengentikan aplikasi secara paksa dan untuk menghapus data game, kamu bisa melakukannya secara bersamaan.

Masuk pada menu Pengaturan » Aplikasi » Semua, lalu cari dan pilih game yang kamu mainkan. Selanjutnya, tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data” untuk membersihkan data-data dari game tersebut,

mulai dari data login, data history, cache, dan lainnya akan terhapus. Jadi nantinya, kamu bisa membuka game layaknya game yang baru diinstall.

Update Game. Sudah berapa lama kamu tidak meng-update game yang ada di ponselmu? Update game tidak hanya mendapatakan fitur terbaru saja, tetapi kerusakan atau bugs yang ada di game tersebut juga akan diperbaiki.

Untuk itulah kamu perlu melakukan update pada game androidmu agar nantinya game tidak keluar sendiri.

Uninstall Game. Jika dengan update game tetap tidak mengatasi permasalahan, maka uninstall saja game tersebut. Kemudian unduh langsung melalui google play store.

Tapi sebelumnya, pastikan dahulu cache dan data game sudah hilang semua agar nantinya proses pengunduhan dan pemasangan berjalan lancar.

Matikan Smartphone Android. Matikan smartphone androidmu, kemudian cabut baterai, SIM Card, dan SD Card (Micro SD). Diamkan selama beberapa saat agar tidak ada daya yang masuk ke smartphone. Pasang dan nyalakan kembali Androidmu.

Update OS Android. Jika OS Androidmu tidak compatible, maka kamu harus update OS ke versi terbaru.

Versi terbaru akan lebih menjamin dibanding versi jadul. Minimal OS Androidmu sudah berada pada Kitkat, Lollipop, atau yang terbaru saat ini Marshmallow.

Hard Riset. Cara ini memang sangat beresiko karena nantinya HP Androidmu akan kembali ke pengaturan awal (Pabrik).

Semua data aplikasi akan hilang, namun smartphone Android akan seperti baru layaknya dari toko. Untuk melakukan hard riset, bisa masuk ke Pengaturan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kembali Ke Setelan Pabrik, dan terakhir Tap “Setel Ulang Telepon”.

11Efek Samping Terlalu Banyak Main Game Android

koranhandphone.com

Saat ini game seolah menjadi pengisi waktu luang yang paling utama bagi para pengguna komputer ataupun smartphone. Terlalu lama bermain game di komputer, smartphone ataupun Playstation bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Playstation Thumb. Penyakit playstation thumb dapat mempengaruhi siapapun yang sering main game dengan controller d-pad. Gejala PlayStation Thumb termasuk penyakit mati rasa dan kesemutan dibagian jempol. Jempol juga tampak lebih besar dan melepuh.

Nintendinitis. Nintendonitis adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan cedera tendon (tendinosis) pada tangan & pergelangan tangan manusia.

Kondisi seperti ini umumnya diderita oleh mereka yang terlalu lama bermain game seperti Wii Sports.

Penyakit Kecanduan. Bermain video game dapat membuat seseorang kecanduan. Kecanduan video game ialah gangguan kontrol impuls, mirip dengan judi.

Gejala dari kondisi itu termasuk penurunan berat badan maupun kenaikan berat badan, kurangnya kebersihan pribadi, serta penurunan interaksi sosial dan pola tidur yang terganggu.

Perilaku Agresif dan Masalah Mental. Beberapa studi menunjukkan bahwa orang yang sering bermain video game menjadi lebih tertekan dan cemas dari waktu ke waktu daripada non-gamer.

Anak-anak yang suka bermain game bisa menjadi lebih impulsif, canggung secara sosial, dan rentan kecanduan video game dari waktu ke waktu.

Ada beberapa gejala yang harus diwaspadai, termasuk kesulitan berkonsentrasi, pola tidur yang terganggu, peningkatan kecemasan, peningkatan kemarahan yang tidak rasional, dan fobia sosial.

Masalah Penglihatan. Kelamaan bermain video game dapat menyebabkan masalah penglihatan, seperti glaukoma, terutama di kalangan pengguna yang rabun.

Menatap layar yang terang sangat berbahaya bagi komponen fisik dari mata, terutama karena selama bermain, kita cenderung berhenti berkedip, yang dapat membuat mata jadi kering.

Carpal Tunnel Syndrome. Carpal Tunnel Syndrome disebabkan ketika saraf utama antara lengan bawah dan tangan berulang kali meremas atau menekan. Mereka yang menggunakan komputer terlalu lama juga rentan terkena Carpal Tunnel Syndrome.

Terlalu sering menggunakan mouse komputer dan kontroler video game dapat meningkatkan risiko terkena sindrom ini.

Penglihatan terganggu. Dengan berlama-lama melihat layar smartphone bisa mengakibatkan penglihatan kita terganggu.

Dalam dunia kedokteran gangguan penglihatan ini disebut Computer Vision Syndrome (CVS) dengan gejala mata kering karena jarang berkedip. Untuk mencegahnya, kurangi durasi memandangi layar smartphone.

Hindari menggunakan smartphone di tempat gelap yang memicu otot dan syaraf mata bekerja lebih berat, atau tidak menggunakan smartphone dalam posisi miring atau sambil tiduran.

Pandangan Kabur. Lama memandangi layar smartphone membuat otot mata menjadi tegang. Otot mata yang tegang biasanya tidak mampu fokus dengan cepat pada jarak yang berbeda.

Kondisi ini biasa disebut Blurry Vision. Mengatasinya, jika kamu habis memandangi layar smartphone yang cukup lama, pejamkan mata terlebih dahulu sebelum sekitar 10 detik sebelum memandang ke arah yang berbeda.

Sakit Kepala. Akibat posisi leher yang salah dan otot mata yang tegang karena sering melihat layar smartphone bisa juga menimbulkan sakit kepala.

Selain itu, kemungkinan terburuknya dapat mengakibatkan rabun jauh. Untuk meminimalisir kemungkinan buruk tersebut bisa dengan istirahat yang cukup.

Kurangi melihat layar smartphone dalam waktu lama, usahakan jarak mata terhadap smartphone tidak terlalu dekat (kurang dari 20 cm).

Kelainan Postur Tubuh. Menggunakan smartphone berlama-lama dengan posisi badan tidak benar dapat mengakibatkan kelainan postur tubuh.

Misalnya menggunakan smartphone sembari duduk dengan posisi tulang belakang terlalu membungkuk ke depan. Kelainan postur tubuh atau penyakit degeneratif ini biasanya banyak ditemui pada usia lanjut, sekitar 40 hingga 50 tahun ke atas.

Gangguan Pendengaran. Selain digunakan untuk bermain game, browsing, atau media sosial, smartphone juga digunakan untuk memutar musik dengan earphone.

Mendengarkan musik menggunakan earphone dengan volume speaker terlalu tinggi bisa mengakibatkan pendengaran terganggu. Mendengarkan musik dengan volume kencang biasanya dilakukan saat mengendarai motor atau di tempat keramaian.

Mengganggu Tidur. Keasyikan browsing, media sosial, chatting, atau bermain game biasanya berlanjut hingga larut malam.

Hal ini tentunya waktu untuk tidur dan istirahat menjadi berkurang. Suara “ting” dari notifikasi pesan masuk di ponsel juga bisa membuat kualitas tidur menjadi terganggu.

Kurangnya istirahat secara terus-menerus dapat membuat ketahanan tubuh menjadi berkurang, akhirnya gampang terserang penyakit. Untuk itu, matikan smartphone saat menjelang tidur agar dapat istirahat dengan tenang.

Mengurangi Produktivitas. Selain untuk komunikasi, smartphone sejatinya dapat menunjang produktivitas penggunanya dalam kehidupan sehari-hari, seperti menerima dan membalas email, browsing internet, membuat dokumen tulisan, dan lain sebagainya.

Namun lain halnya jika smartphone hanya digunakan untuk media sosial (Facebook, Twitter, Path, Instagram, dll) dan bermain game.

Apalagi jika bermain game hingga lupa waktu seperti bermain Clash of Clans misalnya. Bisa dipastikan produktivitas kamu bisa berkurang karena tidak sempat lagi mengerjakan hal lain yang lebih produktif.

Merusak Otak. Sejauh ini memang dampak buruk dari radiasi ponsel terhadap kesehatan tubuh masih menjadi kontroversi.

Namun beberapa penelitian mengatakan bahwa radiasi ponsel dapat memicu tumbuhnya tumor otak dan penyakit insomnia. Yang paling banyak dialami saat ini adalah menatap ponsel berlama-lama dapat menyebabkan rasa mual dan sakit kepala.

Menimbulkan Kecanduan. Berkat perkembangan teknologi terus meningkat membuat smartphone dapat melakukan banyak fungsi.

Kamu dapat dengan mudah menerima dan membalas e-mail, chatting, berselancar di internet, menonton video, mendengarkan musik, bermain game, atau berinteraksi di media sosial.

Kemudahan-kemudahan ini disinyalir dapat menimbulkan kecanduan sehingga hampir setiap menit kita bisa mengecek ponsel apakah ada pesan masuk atau tidak.

Penelitian yang dilakukan tim dari Rutgers University menyebutkan, untuk menyembuhkan pecandu smartphone, terapi yang digunakan sama seperti terapi untuk pecandu narkoba.

Susah Tidur. Layar smartphone cenderung mengeluarkan cahaya biru, entah benar atau tidak warna biru tersebut diduga dapat mengganggu hormon manusia untuk tidur.

Mengurangi kecerahan layar smartphone saat menggunakannya di malam hari bisa jadi mengurang resiko susah tidur kamu.

Kurang Peduli Terhadap Lingkungan Sekitar. Pada saat menggunakan smartphone, biasanya hampir seluruh konsentrasi pikiran kita tertuju pada smartphone dan tanpa memedulikan keaadaan sekitar.

Parahnya lagi, banyak orang yang menggunakan smartphone pada saat mengendarai mobil atau motor, saat menyebrang jalan, atau menaiki eskalator yang dapat menimbulkan bahaya terhadap pengguna smartphone ini sendiri.

SHARE