Kalau kamu seorang penggemar video game, kamu pasti minimal tahu perkembangannya. Mulai dari Nintendo, PlayStation 4, hingga Xbox.

Dan tentu saja, hal yang paling menyenangkan adalah seluruh game konsol tersebut kini bisa dimainkan di komputer atau laptop kamu.

Nah, siapapun yang tahu tentang video game, jika ditanya mengenai games sepak bola terbaik di dunia pasti akan memberikan dua jawaban identik. Tentu mereka akan menjawab FIFA atau Pro Evolution Soccer (PES).

youtube.com
youtube.com

FIFA di bawah produksi EA Sport punya keunggulan khusus sebagai game berlisensi asli dari FIFA. Namun, jangan kira PES garapan KONAMI begitu saja kalah dengan mudah. Kamu harus memainkannya terlebih dahulu untuk mengetahuinya.

totalsportek.com
totalsportek.com

Kini, setelah puluhan tahun perjalanan games sepak bola telah jauh berkembang, PES telah mencapai seri PES 2016, FIFA juga tidak kalah dengan mencapai tahap FIFA 16. Namun, sebenarnya yang manakah game sepak bola terbaik?

1Gameplay

pesplayer.eu

Jika kamu memainkan kedua game sepak bola ini kamu akan tahu mana yang terbaik. PES 2016 menawarkan passing yang sangat smooth. Lebih dari itu, fitur give-and-go­ terbaru sangat efektif untuk melakukan permainan tiki-taka ala Barcelona.

Sedangkan FIFA 16 terkesan lebih lambat dalam banyak hal selama pertandingan. Susah untuk membuka pertahanan dan pergerakan pemain terkesan seperti robot. Kamu bisa melakukan running, shooting, dan defence lebih real di PES 2016.

Jadi? Gol! PES 1 – FIFA 0

2Realistic

fifa16mall.com

Jika kamu melihat secara sekilas pada video promosi dan wajah pemain, tidak akan dapat kamu temukan perbedaan yang nyata. Kedua games sepak bola sama-sama memberikan realitas yang sama nyata pada wajah pemain.

Namun, FIFA mempunyai banyak uang untuk membeli banyak lisensi, mulai dari segala bentuk atribut resmi tim, pemain, dan liga. Selain itu ada juga lagu suporter dan komentator yang sangat nyata.

Jadi? Tentu saja gol untuk games sepak bola FIFA. Gol! PES 1 – FIFA 1

Namun, sebenarnya untuk mengatasi segala ketidak-real-an PES, kamu bisa mendapatkan PES Patch. Di web yang menyediakan update PES dengan berbagai fitur tambahan untuk membuat permainan PES kamu lebih nyata.

3Looks

youtube.com

Rambut dan rumput di games sepak bola PES 2016 memang tidak cukup bagus, dan untuk membedakan pemain, kamu justru lebih dimudahkan oleh player id ketimbang kenampakan pemain yang terlihat di lapangan.

Fitur kaos kotor selama pertandingan dan rumput yang sangat nyata ditambah rambut pemain seperti Wayne Rooney yang sangat nyata, penampilan visual detil FIFA 16 memang rajanya. Sangat konsisten dengan detil tinggi.

Goal! PES 1 – FIFA 2.

4New Features

Fitur women football pertama didapatkan games sepak bola FIFA dengan membayar lisensi tentunya, namun dengan sedikit eksplorasi dan pilihan, fitur ini seolah hanya menjadi fitur sia-sia.

womenssoccerunited.com
womenssoccerunited.com

Sementara fitur dynamic weather di PES 2016 dapat membuatmu merasakan pengalaman real pertandingan. Bayangkan, kamu bisa merasakan hujan di awal pertandingan lalu hujan perlahan berhenti di pertengahan pertandingan.

Fitur kecil yang sungguh melengkapi PES lebih jauh. Gol! PES 2 – FIFA 2.

5Game Modes – Games Sepak Bola Terbaik

blog.pesgalaxy.com

Dengan fitur taktik yang mendalam, bagian statistik pemain, sistem transfer yang menyenangkan hingga fitur player role yang inovatif, kini bermain Master League di PES 2016 sungguh akan membuat kamu kecanduan.

Sementara fitur online myClub pada games sepak bola PES dapat memungkinkan kamu membuat tim impian dan melawan banyak orang di dunia maya.

Sementara itu, fitur career mode di FIFA 16 tidak banyak mengalami perubahan dari sebelumnya. Semuanya seolah tidak berubah, kamu akan bosan jika kamu pernah memainkan FIFA 15 sebelumnya.

Jadi, di menit-menit akhir pertandingan, menit akhir babak extra time, terciptalah silver goal yang sangat dramatis. Gol! Gol! Gol! PES 3 – FIFA 2. Pertandingan berakhir, PES 2016 memenangkan laga atas FIFA 16.

Juara games sepak bola tahun ini, Pro Evolution Soccer 2016. Namun, bagaimana menurut kamu?