Kalau kamu lihat di rumah sakit sekarang ini, banyak anak-anak yang menghuni ruang-ruang perawatan. Sangat berbeda dengan zaman dulu anak-anak yang sehat di perkampungan karena hidup lebih alami.

Zaman sekarang anak-anak memang lebih rentan terhadap penyakit. Kemungkinan besar karena gaya hidup yang mulai berubah, belum lagi makanan yang mengandung zat berbahaya terjual bebas di pasaran.

Untuk itu sangat penting untuk mengajarkan gaya hidup sehat kepada anak sedini mungkin. Membiasakan mereka untuk melakukan hal-hal yang baik, dan menjauhkan dari hal-hal yang tidak baik bagi kesehatannya.

Pengajaran anak paling efektif adalah dengan memberikan keteladanan dari sang orang tua. Berarti gaya hidup sehat ini memang harus dimulai dari orang tua terlebih dahulu, baru anak-anak akan mudah untuk meneladaninya.

Apa saja gaya hidup sehat yang wajib diketahui dan dibiasakan pada anak-anak, berikut ulasannya.

1Asupan Gizi

sehatfresh.com

Kalau anak-anak sudah kenal ayam goreng, es krim, coklat, jadi susah untuk mengajak mereka memakan makanan bergizi seperti buah dan sayur-sayuran.

Tentu itu karena kita sebagai orang tua tidak membiasakan sejak dini dan terlalu menuruti keinginannya. Biasakan pada anak-anak memakan sayur dan buah sejak dini, hingga mereka menyukainya.

Jika mereka lebih menyukai makanan lain, paksa mereka untuk memakan buah dan sayur dengan iming-iming akan memberikan makanan kesukaan setelahnya, atau dilain waktu.

2Makan Teratur

kuherbal.com

Biasakan anak-anak untuk mengikuti pola makan teratur yakni sarapan, makan siang, dan makan malam/sore. Dengan begitu tubuh terbiasa untuk makan diwaktu itu dan tidak makan diwaktu yang lain.

Pola makan yang tidak teratur, misalnya sering terlambat makan tentu akan menyebabkan maag. Sedangkan makan terlalu sering apalagi diwaktu malam bisa menyebabkan obesitas dan rawan terhadap penyakit.

Imbangi juga pola makan dengan aktivitas yang cukup, agar kalori dari makanan terbakar menjadi aktivitas yang produktif.

3Beraktivitas di Luar Rumah

rinso.co.id

Perkembangan teknologi memang semakin memudahkan manusia, tapi sekaligus juga membuat orang semakin malas. Begitu juga dengan anak-anak, mereka lebih suka untuk bermain PlayStation atau game gadget seharian ketimbang bermain di luar.

Padahal tanpa ada gerak tubuh yang cukup, anak-anak akan rawan terkena obesitas yang akan memicu banyak penyakit. Tidak pernah bermain dengan teman-temannya di luar juga akan membuat anak menjadi asosial dan bermasalah pada mentalnya.

4Mencuci Tangan

sehatplus.com

Kelihatannya sederhana, tapi kalau tidak dibiasakan anak tidak akan melakukannya. Anak-anak memang cenderung tidak peduli terhadap kotor, padahal banyak bakteri yang masuk dan memicu penyakit.

Biasakan mereka untuk mencuci tangan dengan rutin, sehabis bermain, sehabis pulang sekolah atau sebelum tidur. Pahamkan juga kepada anak-anak tentang arti pentingnya mencuci tangan serta cara yang benar dalam mencuci tangan.

5Sikat Gigi

harianaceh.co.id

Anak-anak sangat doyan pada jajanan yang manis, seperti permen, es krim, atau coklat. Akibatnya pada usia masih kecil banyak dari mereka sudah bermasalah pada giginya.

Penting bagi orangtua untuk mengajari arti penting sikat gigi dan tidak terlalu banyak makan yang manis. Membiasakan mereka untuk sikat gigi di waktu penting seperti sebelum tidur, bangun tidur, atau sehabis makan manis yang terlalu banyak.

6Tidur yang Cukup

sharingdisana.com

Bedanya kalau orang dewasa suka dengan yang namanya tidur setelah lelah bekerja, anak-anak justru menghindari tidur karena akan menghabiskan waktu bermainnya.

Anak-anak kalau sudah bermain dengan game atau teman-temannya paling susah untuk diminta tidur, terutama tidur siang.

Padahal tidur yang cukup membantu otak si kecil berkembang lebih maksimal. Kurang istirahat juga dapat membuat anak mudah mengantuk dan tidak fokus saat beraktivitas.

Maka biasakan dan atur waktu tidur anak-anak. Kapan tidur malam dan kapan tidur siang. Baru mereka dapat bermain diluar waktu tersebut.