Selain kebiasaan sehari-hari orang Indonesia pada umumnya yang unik, ada lagi kebiasaan makan orang Indonesia yang tidak kalah spesial, dan sudah jadi ciri khas yang tidak bisa dipisahkan, tidak bisa dihilangkan.

Ciri khas ini melekat dalam setiap diri masyarakat Indonesia, yang bahkan sudah dikenal sedikit demi sedikit oleh orang-orang dari luar negeri.

Apa saja gaya khas orang Indonesia ketika makan?

1Makan Tahu Tempe dalam Satu Piring

warungcakyu.com

Mayoritas orang Indonesia pasti pernah makan tahu dan tempe dalam satu piring. Duo lauk protein nabati ini paling sering muncul di meja makan karena nutrisi dan harganya yang pas di kantong.

Di luar negeri, tahu dan tempe relatif mahal dan harganya bisa mencapai puluhan ribu walau hanya berupa potongan kecil.

2Selalu Ada Nasi Putih

palembang.tribunnews.com

Kata orang Indonesia, belum makan namanya kalau tidak pakai nasi. Negara kita memang jadi salah satu penghasil beras terbesar.

Sejak zaman nenek buyut pun, masyarakat Indonesia sudah makan nasi sebagai sumber karbihidrat utama.

3Makan Pakai Kerupuk

kerupukterung.com

Kerupuk merupakan makanan sampingan tapi tergolong penting dan sering ada untuk melengkapi sesi makan orang Indonesia. Kurang gurih dan seru rasanya kalau belum ada kerupuk.

Ada sebuah kebiasaan unik dari banyak pecinta kerupuk di Indonesia. Meski suka makan ditemani kerupuk, ada kalanya ketika makanan sudah habis, kerupuknya lupa dihabiskan. Jadilah, kerupuk dimakan terakhir.

4Makan Pakai Tangan Kanan

bobobibi.com

Indonesia adalah negeri yang memegang ‘tepa selira dan unggah ungguh’ atau sopan santun. Kebanyakan orang Indonesia makan dan melakukan sesuatu dengan tangan kanan.

Hal ini karena kita sejak kecil anak-anak Indonesia diajari tentang tangan baik atau tangan bagus oleh orang tua, yaitu tangan kanan.

Sebab tangan kiri seringkali digunakan untuk membersihkan diri setelah buang air, maka tidak patut melakukan aktivitas kebaikan dengan tangan kiri, misalnya, berjabat tangan, mengambil dan memberikan sesuatu.

5Punya Aneka Jenis Sambal Ulekan

janetdeneefe.com

Sambal kesukaan orang Indonesia bukan sambal olahan pabrik botolan. Sebisa mungkin sambal tradisional dibuat dengan tangan dan rempah banyak.

6Makan Mie Pakai Nasi

mediagress.com

Kebiasaan makan mie di Indonesia juga cukup unik, yakni dengan menambahkan nasi di dalamnya.

Padahal nasi dan mie sama-sama karbohidrat. Tapi, menurut beberapa orang, mie itu hanya cemilan. Tetap, nasi adalah makanan pokok.

7Lauk Paling Enak Dimakan Terakhir

ismasavitri.blogspot.com

Inilah salah satu kebiasaan makan unik orang Indonesia, makanan paling enak dihabiskan paling akhir. Biasaya, lauk pauk yang dimakan terakhir, seperti ikan, kuning telur, kulit ayam dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here