factor-tech.com

Desain Menakjubkan 5 Gedung Pencakar Langit Masa Depan

Posted on

Seiring dengan perkembangan peradaban, manusia selalu melakukan inovasi di semua bidang. Tidak terkecuali pada bidang bangungan dan tata kota. Bahkan banyak lomba yang menawarkan hadiah dengan jumlah besar.

Salah satu lomba desain yang diselenggarakan oleh eVolo Magazine misalnya. Mereka menawarkan hadiah menarik bagi pada desainer gedung pencakar langit yang futuristik. Gedung pencakar langit masa depan.

Lomba ini pertama kali digelara pada tahun 2006, hingga saat ini bahkan tercatat 6.000 karya desain dari seluruh duni yang pernah ikut ambil bagian dalam lomba ini.

Berikut beberapa pemenang desain gedung pencakar langit dalam beberapa tahun terakhir. Kamu bisa menilainya sendiri, apakah desain bangunan-bangunan ini pantas diwujudkan di masa depan.

Essence Skyscraper

evolo.us
evolo.us

Sebuah desain unik yang dibuat oleh satu tim berisi empat orang berkebangsaan Polandia. Ewa odyjas, Agnieszka Morga, Konrad Basan dan Jakub Pudo menawarkan satu konsep bangunan yang extraordinary.

evolo.us
evolo.us

Bangunan ini dibagi menjadi 11 bagian yang mewakili 11 bentang alam. Kamu bisa menikmati lautan, hutan, gua, ait terjun dan banyak lagi bentang alam lainnya. Dilengkapi berbagai pengaturan visual, suara, termal dan efek alam lainnya.

Desain yang tidak pernah terpikirkan ini menjadi pemenang peringkat pertama dalam skyscraper competition yang digelar eVolo Magazine tahun 2015.

Vernacular Versatility

evolo.us
evolo.us

Dalam tradisi dan sejarah Korea, dikenal beberapa teknik dan desain dalam membuat sebuat rumah. Kebanyakan bahan yang digunakan untuk pembuatan rumah secara tradisional di Korea adalah menggunakan kayu.

Yong Ju Lee membawa konsep tradisional asal Korea ini menuju masa depan. Dengan bangunan yang sebagian besar bahannya berasal dari kayu ini, fungsi bangunan yang efisien dan indah tetap terpenuhi.

Konsep bangunan kayu Yong Ju Lee mendapat gelar juara peringat pertama pada kompetisi gedung pencakar langit tahun 2014 oleh majalah eVolo.

Polar Umbrella

evolo.us
evolo.us

Pada dekade-dekade akhir global warming, es di kutub akan mengalami kenaikan suhu yang sangat drastis dan mengancam. Hal ini menyebabkan es di kutub utara maupun kutub selatan menjadi rusak.

Menjadi tipis, hancur terpecah, dan meleleh menjadi lautan. Untuk menurunkan suhu bumi, membangun kembali lapisan es adalah prioritas utama di masa depan. Derek Pirozzi sepertinya sangat memahami hal ini.

Struktur desain di Polar Umbrella dapat mencegah mencairnya es di daerah kutub. Bangunan ini dapat digunakan sebagai sumber tenaga surya, laboratorium penelitian, unit huni manusia dan tempat wisata masa depan.

Desain ini memenangi kompetisi pada tahun 2013.

Himalaya Water Tower

evolo.us
evolo.us

Pegunungan Himalaya mempunyai 55.000 sungai es atau gletser. Jumlah sebanyak itu sama saja dengan 40% air segar untuk seluruh dunia. Dengan kondisi saat ini, es di pegunungan Himalaya sangat mudah mencair daripada sebelumnya.

Tim desain asal China terdiri dari Zhi Cheng, Hongchuan Zhao dan Dongbai Song mencetus ide gila untuk menawarkan desain gedung pencakar langit di daerah pegunungan Himalaya.

Desain yang memenangi kompetisi desain gedung pencakar langit pada tahun 2012 ini mempunyai satu tujuan pokok. Menyimpan air saat musim hujan dan menyalurkannya pada kondisi yang dibutuhkan.

LO2P: Delhi Recycling Center

evolo.us
evolo.us

Julien Combes dan Gael Brule merancang sebuah turbin raksana yang akan ditempatkan di New Delhi, India. Kota dengan tingkat polusi tertinggi di dunia karena pertumbuhan penggunaan mobil yang tidak terkendali.

Ide inti dari bangunan ini adalah melakukan daur ulang mobil tua dan menggunakannya sebagai bahan untuk membangun gedung baru. Selain itu, panas dan karbon dioksida yang ditimbulan dapat digunakan untuk menumbuhkan tumbuhan.

Desain ini menjadi pemenang peringkat pertama pada kompetisi 2011.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *