architecturendesign.net

Menakjubkan! Inilah 8 Gedung Tertinggi di Dunia yang Benar-benar Mencakar Langit

Posted on

Fenomena kehidupan manusia menunjukkan bahwa mereka adalah makhluk yang paling suka berlomba-lomba. Nature dalam gen manusia memang diciptakan demikian.

Dari awal kejadian manusia saja sudah berlomba-lomba dalam proses pembuahan. Apalagi di zaman persaingan global, perlombaan antar individu, antar kota, dan antar negara begitu kompetitif.

Tidak terkecuali perlombaan dalam mendirikan bangunan. Mulai dari gedung terbesar, gedung termahal, sampai gedung tertinggi.

Bangunan memang menjadi simbol kemajuan. Setiap kemajuan peradaban dari zaman dulu sampai sekarang dinilai dari bangunannya.

Kalau sekarang, pendirian gedung megah adalah faktor penunjang kemajuan ekonomi, entah itu perusahaan, kota, ataupun negara. Nah salah satu kehebatan gedung adalah ketinggiannya.

Semakin tinggi semakin kelihatan maju arsitekturnya, juga dianggap kaya daerah atau negaranya. Makanya tiap kali dibangun gedung tinggi, tahun-tehun berikutnya akan disalip gedung tinggi yang lain.

Kira-kira sampai setinggi apa gedung dapat dibangun ya? Jangan-jangan ada yang punya mimpi membangun gedung setinggi Menara Karin dalam film Dragon Ball, yang tingginya sampai ke langit para Dewa.

Berikut ini kita akan tampilkan peringkat gedung tertinggi yang ada di dunia.

Menara Kembar Petronas

AD-The-30-Tallest-Buildings-In-The-World-In-Sizer-Order-08
architecturendesign.net

Walaupun tidak berada di Indonesia, mungkin kita cukup berbangga ada negara Asia Tenggara juga negara serumpun yang memiliki gedung tertinggi dunia. Menara Kembar Petronas ini berada di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dengan ketinggian mencapai 452 meter, Menara Petronas kini menjadi gedung tertinggi ke 8 di dunia.

International Commerce Centre

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Sebagai salah satu wilayah bisnis terkemuka, Hongkong tidak ketinggalan mencantumkan satu gedungnya sebagai salah satu gedung tertinggi di dunia. Berada di peringkat ke 7, ICC memiliki ketinggian 484 Meter.

Shanghai World Financial Center

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Tiongkok memang menjadi tempat dengan gedung pencakar langit terbanyak. Sebelum Shanghai Tower diresmikan, inilah gedung tertinggi di Shanghai dan di Tiongkok, dengan ketinggian mencapai 492 meter.

Saat ini gedung WTC-nya Tiongkok ini masih bertengger di posisi 6 sebagai gedung tertinggi di dunia.

Taipei 101

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Gedung pencakar langit ini pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia sebelum di geser oleh Burj Khalifa. Dengan ketinggian 509 meter, sesuai namanya gedung ini memiliki jumlah 101 lantai.

Saat ini Taipei 101 masih ada di peringkat kelima sebagai gedung tertinggi di dunia.

One World Trade Center

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Masih ingat dengan insiden World Trade Center pada tahun 2001? Setelah hancur lebur karena serangan terorisme, gedung WTC dibangun kembali pada tahun 2006 dan mulai dibuka pada 2014 lalu.

Kini gedung baru ini menjadi gedung tertinggi keempat dengan ketinggian 542,3 meter. Awalnya gedung ini dinamai Freedom Tower, namun kini diganti menjadi One World Trade center agar lebih mudah diingat.

Abraj Al-Bait Tower

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Menara ini adalah bagian dari Fairmont Hotel yang berada persis di sebelah tempat suci umat Islam, Masjidil Haram. Abraj Al Bait kini mencatatkan diri sebagai gedung tertinggi ketiga dengan ketinggian mencapai 601 meter.

Semakin bertambahnya jamaah haji di Masjidil Haram membuat kebutuhan kamar hotel semakin tinggi. Hotel dan menara ini dibangun pada 2004 dan selesai pada tahun 2012, total dapat menampung 10.000 orang didalamnya.

Shanghai Tower (Proses Pembangungan)

dznworld.com
dznworld.com

Saat dibangun tahun 2013 Shanghai Tower sudah dicanangkan menjadi gedung tertinggi di Tiongkok dan tertinggi kedua di dunia dengan ketinggian mencapai 632 meter.

Shanghai Tower pada september lalu sudah dirampungkan pada bagian eksterior, dan akan benar-benar siap dipakai pada tahun 2016.

Burj Khalifa

dailymail.com
dailymail.com

Akhirnya kita sampai ke puncaknya, inilah gedung tertinggi di dunia. Tidak disangka ternyata gedung tertinggi ada di negara Timur Tengah tepatnya di Dubai, Uni Emirat Arab.

Burj Khalifa diresmikan dan dibuka pada 4 Januari 2010. Dengan ketinggian 828 meter, gedung ini menjadi gedung tertinggi setelah menggeser gedung Taipei 101.

dailymail.com
dailymail.com

Lihatlah pemandangan menakjubkan Burj Khalifa yang dikelilingi kabut di pagi hari.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *