Jika kamu mengira bahwa penyakit amandel merupakan penyakit yang biasa. Maka kamu salah besar. Penyakit ini jangan sampai kamu sepelekan. Karena penyakit amandel bisa berubah menjadi penyakit yang sangat berbahaya.

Penyakit amandel disebabkan masuknya virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut atau hidung.

Akibatnya amandel mengalami peradangan. Faktor utama seseorang terserang penyakit ini karena kurangnya menjaga kebersihan makanan yang dikonsumsi.

Penyakit radang amandel kelihatannya memang biasa saja. Tetapi jika dibiarkan begitu saja tanpa ada perawatan untuk segera sembuh. Bisa-bisa kamu akhirnya harus menjalani operasi untuk mengangkat kelenjar amandelmu. Mengerikan bukan?

Penyakit amandel terbagi menjadi dua. Yaitu amandel akut dan amandel kronis. Amandel akut yaitu peradangan yang masa infeksinya terjadi selama kurang lebih empat minggu dalam setahun.

Sedangkan amandel kronis adalah peradangan yang kambuh hingga 5 kali dalam setahun.

Sebenarnya amandel itu sendiri memiliki fungsi untuk melawan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh. Kelenjar ini memproduksi limfosit sebagai zat antibodi yang berguna untuk pertahanan tubuh terhadap radikal bebas yang masuk melalui hidung dan mulut.

Bagi kamu yang sering merasakan sakit di sekitar mulut dan hidung serta saluran tenggorokan. Kamu perlu lebih berantisipasi. Bisa jadi kamu telah mengidap penyakit amandel. Berikut ini gejala-gejala yang sering muncul pada pasien penyakiit amandel.

1Gejala Terasa Kering

infokesehatan.com

Gejala yang pertama kali muncul sebagai tanda amandelmu kambuh dengan rasa kering di bagian tenggorokan. Rasanya akan sakit dan perih jika menelan sesuatu. Karena itulah kamu perlu mengantisipasi jika sudah merasakan demikian.

Kamu perlu lebih peduli lagi dalam menjaga kesehatan tubuhmu. Khususnya pada kesehatan tenggorokanmu. Banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya makanan yang kamu konsumsi.

2Bau Mulut

infoupdateterbaru.com

Masalah bau mulut rupanya tidak hanya disebabkan oleh gigi berlubang atau sakit fluĀ  saja. Seringkali penyakit amandel juga dapat menjadi penyebab bau mulut tidak sedap.

Kalau masalah ini muncul, rasa percaya diri bisa berkurang. Untuk berkomunikasi dengan orang lain pun menjadi malas. Jadi jika kamu sudah merasa gejala penyakit amandel ini muncul. Sebaiknya kamu semakin intens untuk menjaga kesehatan mulutmu.

3Sulit Menelan Sesuatu

joyfulavenuecycle.tumblr.com

Salah satu gejala amandel kambuh dengan sulitnya menelan sesuatu. Apapun yang kita makan. Kalau sudah susah menelan apapun yang dimakan. Bisa-bisa kamu malas makan dan akhirnya tubuh menjadi lemas karena kurangnya asupan makanan.

Hal ini justru dapat menurunkan daya tahan tubuh terhadap serangan dari luar. Sehingga penyakit radang pada amandelmu bisa makin parah. Jadi, walaupun kamu sudah mulai merasakan susah dalam menelan sesuatu, tetaplah paksakan diri agar asupan tubuh tetap terjaga.

4Mengakibatkan Mual dan Muntah

arisyanti.wordpress.com

Peradangan pada amandel bisa juga mengakibatkan rasa mual dan muntah yang berkepanjangan. Jika hal ini sudah terjadi. apapun makanan yang masuk, akan sia-sia dan membuat tubuh semakin tidak nyaman.

5Menghilangkan Suara

id.wikihow.com

Gejala lain yang dapat muncul ketika amandel kambuh adalah hilangnya suara untuk sementara. Jadi, selain disebabkan karena intensitas dalam mengeluarkan suara yang keras dengan berteriak. Amandel yang kambuh bisa juga membuat suaramu hilang.

6Sakit Kepala atau Pusing Kepala

enterarena.blogspot.com

Sakit kepala atau pusing biasanya juga bisa menjadi salah satu gejala yang timbul bagi orang yang memiliki penyakit amandel.

Hal ini dikarenakan metabolisme tubuh yang tidak seimbang pada salah satu bagian tubuh. Membuat tubuh melakukan penyeimbangan yang menjadikan pusing kepala.