Anemia atau kurang darah adalah kondisi di mana jumlah sel darah merah atau hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal.

Sel darah merah mengandung hemoglobin yang berperan dalam mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.

Akibat dari anemia adalah transportasi sel darah merah akan terganggu dan jaringan tubuh si penderita anemia akan mengalami kekuranga oksigen guna mengahasilkan energi.

Maka tidak mengherankan jika gejala anemia ditunjukan dengan merasa cepat lelah, pucat, gelisah, dan terkadang sesak. Serta ditandai dengan warna pucat di beberapa bagian tubuh seperti lidah dan kelopak mata.

Penyebab umum dari anemia antara lain; kekurangan zat besi, pendarahan usus, pendarahan, genetik, kekurangan vitamin B12, kekuarangan asam folat, gangangguan sunsum tulang.

Berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu mengalami anemia, seperti dilansir Boldsky.

1Kelopak Mata Pucat

indohub.com

Sangat mudah untuk mendeteksi anemia dengan melihat mata. Ketika meregangkan kelopak mata dan memperhatikan bagian bawah mata. Kamu akan melihat bahwa bagian dalam kelopak mata berwarna pucat.

2Sering Kelelahan

tipsbejo.blogspot.com

Jika kamu merasa lelah sepanjang waktu selama satu bulan atau lebih, bisa jadi kamu punya jumlah sel darah merah yang rendah.

Pasokan energi tubuh sangat bergantung pada oksidasi dan sel darah merah Semakin rendah sel darah merah, tingkat oksidasi dalam tubuh ikut berkurang.

3Sering Mual

spesialislambung.com

Mereka yang menderita anemia seringkali mengalami gejala morning sickness atau mual segera setelah mereka bangun dari tempat tidur.

4Sakit Kepala

dokterforamen.com

Orang yang mengalami anemia sering mengeluh sakit kepala secara terus-menerus. Kekurangan darah merah membuat otak kekurangan oksigen. Hal ini sering menyebabkan sakit kepala.

5Ujung Jari Pucat

satujam.com

Ketika kamu menekan ujung jari, daerah itu akan berubah jadi merah. Tetapi, jika kamu mengalami anemia, ujung jarimu akan menjadi putih atau pucat.

6Sesak Napas

obatsesaknafas.web.id

Jumlah darah yang rendah menurunkan tingkat oksigen dalam tubuh. Hal ini membuat penderita anemia sering merasa sesak napas atau sering terengah-engah ketika melakukan aktivitas sehari-hari seperti berjalan.

7Denyut Jantung Tidak Teratur

deherba.com

Palpitasi adalah istilah medis untuk denyut jantung tidak teratur, terlalu kuat atau memiliki kecepatan abnormal. Ketika tubuh mengalami kekurangan oksigen, denyut jantung meningkat. Hal ini menyebabkan jantung berdebar tidak teratur dan cepat.

8Wajah Pucat

70srichard.wordpress.com

Jika kamu mengalami anemia, wajahmu akan terlihat pucat. Kulit juga akan menjadi putih kekuningan.

9Rambut Rontok

mahkotamu.com

Rambut rontok bisa menjadi gejala anemia. Ketika kulit kepala tidak mendapatkan makanan yang cukup dari tubuh, kamu akan mengalami penipisan rambut dengan cepat.

10Menurunnya Kekebalan Tubuh

konsultasisehat.com

Ketika tubuhmu memiliki energi yang sangat sedikit, kekebalan atau kemampuan tubuh untuk melawan penyakit ikut menurun. Kamu akan mudah jatuh sakit atau kelelahan.

Jika kesehatan tubuh berkurang, maka penyakit lain bisa saja muncul dan semakin memperparah keadaan.

IDi Indonesia, jumlah penderita anemia yang berasal dari kelompok anak usia sekolah (6–18 tahun) mencapai 65 juta jiwa. Bahkan, jika digabung dengan penderita anemia usia balita, remaja putri, ibu hamil, wanita usia subur, dan lansia, jumlah total mencapai 100 juta jiwa!

Artinya, secara kasar bisa dikatakan bahwa satu di antara dua penduduk Indonesia menderita anemia. Dalam survei juga terlihat angka kejadian anemia lebih tinggi pada perempuan dibandingkan laki-laki.

Jika anemia terjadi pada anak perempuan, dampaknya tidak hanya bagi anak tersebut melainkan juga generasi selanjutnya. Ini mengingat anak perempuan tersebut kelak akan mengandung dan melahirkan.

Yuk, jaga asupan makanan dan gaya hidup kita sebelum terlambat.

SHARE