Makan adalah rutinitas manusia yang tidak bisa ditiadakan. Makan merupakan kebutuhan bagi semua manusia dimuka bumi ini. Oleh karena itu manusia mengalami sebuah proses pencernaan setelah makan.

Proses perncernaan ini tentu melibatkan lambung. Lambung memiliki dinding yang menghasilkan cairan asam lambung. Nah, naik dan turunnya asam lambung dipengaruhi oleh lemak yang terkandung pada protein makanan kamu.

Semakin tinggi kadar lemak maka akan menyebabkan pH semakin asam. Asam lambung dalam tubuh berfungsi mematikan bakteri penykit yang dibawa masuk oleh makanan yang kamu konsumsi.

Lalu, apa aja sih gejala asam lambung yang harus kamu ketahui? Berikut adalah gejala-gejala asam lambung yang harus kamu tahu dan waspadai :

1Rasa Terbakar Pada Bagian Dada

acehonline.info

Sesuai namanya, asam lambung memiliki gejala yang bernama reflux, yaitu kondisi dimana asam lambung akan naik dari daerah lambung menuju kerongkongan dan bahkan kebagian mulut. Hal ini menyebabkan panas pada daerah yang dilewati asam lambung tersebut.

Termasuk bagian dada dan rongga dada.

2Kepala Terasa Pusing

m.sepakbola.com

Beberapa penyakit memang diawali dengan pusing dikepala. Hal ini diakibatkan karena nafsu makan berkurang serta energi yang disuplai kedalam tubuh tidak seimbang. Dan juga cairan yang masuk kedalam tubuh tidak memenuhi porsi yang dibutuhkan.

Kepala pusing pada asam lambung dikarenakan tekanan asam lambung yang menghasilkan banyak angin di lambung menekan ke dada hingga ke kepala. Suplay oksigen ke kepala jadi sedikit dan menyebabkan kepala jadi pusing.

Bisa juga jika sudah kronis ini akan mengganggu sinusitis karena bau dari lambung membuat bakteri tumbuh subur di rongga sinus yang bisa menyebabkan pusing dikepala.

3Sulit Menelan Makanan

meuabracco.blogspot.com

Kadang, gejala lain yang ditimbulkan oleh asam lambung adalah kesulitan menelan makanan. Ini bisa terjadi karena naiknya asam lambung ke tenggorokan dan menyebabkan saluran tersebut agak tersumbat.

Biasanya kamu bisa merasakan ada benjolan ditenggorokan. Nah inilah yang menyebabkan penderita asam lambung mengalami kesulitan menelan makanan.

4Nafas Menjadi Bau

www.sapujagat.com

Produksi air liur pada penderita asam lambung biasanya meningkat bahkan sampai berlebihan. Munculnya air liur yang berlebihan ini biasanya adalah tanda dari proses pembersihan iritan-iritan yang berada pada lambung.

5Muntah-Muntah

www.flickr.com

Muntah pada gejala asam lambung berbeda dengan muntah karena efek makanan atau penyakit lain. Muntah pada gejala asam lambung dikarenakan naiknya asam lambung ke tenggorokan sampai kemulut.

Lalu lambung akan terasa mual serta kembung setelah mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar asam tinggi.

6Nyeri dan Perih Pada Bagian Perut

www.sayangi.com

Memang asam lambung ini memiliki gejala yang hampir mirip dengan maag. Salah satu gejala yang mirip adalah sama-sama memberikan rasa nyeri atau perih pada bagian lambung.

Bedanya adalah nyeri pada asam lambung biasanya dikarenakan mengkonsumsi makanan tertentu yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung, seperti cuka, buah yang asam dan nangka muda.

7Sering Bersendawa

www.merries.co.id

Terus menerus bersendawa juga merupakan salah satu dari gejala asam lambung.

Saat kamu kembung, kamu mungkin menganggap bersendawa dapat meringankan rasa tidak nyaman pada perut. Namun kenyataanya, itu hanya untuk sementara. Beberapa saat kemudian, kamu akan segera kembung lagi dan kembali terus-terusan bersendawa.

8Panas dan Tidak Nyaman Istirahat

nisrina.co.id

Badan terasa sangat lelah dan ingin sekali tidur, namun tidur sebentar saja sudah terbangun lagi karena terasa panas pada bagian dada dan punggung sehingga tidur menjadi jarang nyenyak dan puas.

Yang satu ini biasanya terjadi bukan hanya pada penyakit asam lambung. Setiap orang yang mengalami penurunan daya tahan tubuh akan mudah diserang oleh virus-virus penyakit. Badan menjadi lemah dan lesu.

Kekuatan untuk beraktifitas menurun, namun untuk istirahatpun kesulitan karena yang dirasakan oleh tubuh serba tidak mengenakkan.

Jaga kesehatanmu dari sekarang serta mulailah hidup sehat dan teratur. Karena kesehatan itu mahal harganya. So, jangan males-malesan makan sayuran dan buah-buahan ya. Supaya tubuhmu selalu sehat dan kuat menjalankan berbagai aktifitas.

SHARE