Waspadai kankers serviks duhai kaum wanita. Kanker ini telah menyerang sekitar 15 ribu wanita Indonesia setiap tahunnya.

Mirisnya, 55 persen penderita meninggal karena tidak sadar dirinya dihinggapi penyakit ini. Selain itu, terbatasnya sumber daya tenaga kesehatan di daerah yang memiliki kompetensi menangani penyakit ini juga minimnya sarana dan prasarana fasilitas kesehatan membuat menjadi penyebabnya.

Penyakit yang menyerang organ intim wanita ini apabila dianalogikan sebagai pembunuh wanita nomor satu di Indonesia.

Sebenarnya apa penyebab penyakit ini? Penyebab kanker serviks dari penyebaran Human Papiloma Virus (HPV). Infeksi HPV dapat mengakibatkan berubahnya struktur gen yang menyebabkan pertumbuhan abnormal dari jaringan serviks.

Jaringan yang tumbuh ini jaringan yang tidak normal dan rapuh. Sehingga, jaringan ini mudah berdarah dan menyebabkan perdarahan di vagina.

Infeksi ini sebagian ditularkan melalui kontak seksual maupun non seksual. Faktor hubungan seksual, riwayat melakukan seksual pertama kali di usia muda, kerap berganti pasangan, terlalu sering melahirkan, kebiasaan merokok dan penggunaan preparat hormon yang terlalu lama.

Kita sebenarnya dapat mencegah dengan rutin melakukan tes papsmear dan juga mendapatkan vaksin untuk menolak HPV.

Waspadai pula beberapa gejala dini penyakit kanker serviks ini.

1Keputihan

musmagz.com

Hati-hati, bisa jadi keputihan jadi penanda penyakit kanker serviks. Cairan keputihan dalam bahasa ilmiah fluor albus ini encer dan tanpa warna. Keputihan juga biasanya berbau akibat nekrosis jaringan .

2Cairan Keputihan Berubah

kuherbal.com

Jika cairan keputihan berubah warna menjadi merah muda hingga kecoklatan maka kamu patut waspada.

Pada stadium lanjut, cairan keputihan akan berwarna merah muda hingga kecoklatan. Perubahan ini akibat perdarahan dari massa tumor.

3Pendarahan di Luar Siklus Menstruasi

tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Waspadai terjadinya pendarahan di luar siklus menstruasi. Meskipun gejala ini tidak dapat dikatakan kanker serviks, hendaknya lakukan serangkaian tes kesehatan untuk mengetahui kondisi penderita.

4Nyeri Pinggul

www.republika.co.id

Saat menstruasi, biasanya wanita akan merasakan gejala ini. Namun, waspadai jika nyeri di pinggul terjadi secara terus menerus.

Jika kamu sering mengalami rasa nyeri terutama pada daerah lower abdomen (perut bagian bawah) yang bersifat dominan pada satu sisi (unilateral) dan dapat menjalar ke pinggang dan tungkai bawah, kamu harus segera memeriksakan diri ya, Ladies!

5Gangguan Buang Air Kecil

www.decosee.com

Gejala kanker serviks bisa berupa gangguan saat buang air kecil. Gangguan ini seperti nyeri buang air kecil, buang air kecil berdarah jika kanker sudah menyebar ke saluran kencing.

Gangguan ini  dialami jika massa tumor meluas hingga ke kandung kemih dan rektum. Pada penyumbatan saluran kencing (obstruksi ureter) dapat terjadi kencing berdarah (hematuria) dan gagal ginjal

6Gangguan Buang Air Besar

desaindesainrumah.com

Gangguan ini terjadi jika kanker sudah menyebar ke saluran pencernaan. Waspadai jika kamu mengalami penurunan berat badan namun mengalami konstipasi. Hal ini bisa jadi penanda kamu terkena kanker serviks

Gejala di atas belum dapat dikatakan penyakit kanker serviks seutuhnya, kamu harus melakukan serangkaian tes kesehatan dan upaya pencegahan.

Pencegahan dapat dilakukan dengan cara vaksinasi. Vaksinasi sejak usia remaja yaitu usia 10 tahun dapat memberikan perlindungan hingga mencapai 98 persen.

Selain itu, rutinlah melakukan pap smear. Pap smear tidak mahal, namun sebagian besar wanita Indonesia belum memiliki kesadaran untuk melakukannya.

Pap smear dapat mendeteksi gejala kanker dengan keakuratan 90 persen. Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan mikroskopis terhadap apusan jaringan dari bagian serviks.

Kamu juga dapat melakukan metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) 3-5% yang cukup mudah dan murah. Caranya hanya  dengan melihat langsung leher rahim yang telah dipulas dengan larutan asam asetat.

Jika leher rahim tidak berubah warna, artinya serviks tidak mengalami gangguan. Tanda bahaya adalah bila leher rahim berubah menjadi merah dan timbul plak putih yang artinya sudah ada gejala pra kanker.

SHARE