health.kompas.com

Kenali 8 Gejala Demam Berdarah Pada Anak

Posted on

Siapa yang tidak merasa khawatir apabila anak kita tiba-tiba mengalami demam tinggi dan gejala-gejala yang mengarah pada penyakit demam berdarah.

Para orang tua haruslah memahami betul apa saja gejala penyakit DBD yang bisa menyerang siapapun tak pandang usia dan kelamin.

Mengenali tanda-tanda penyakit ini akan semakin mempermudah dan mempercepat penanganan agar tidak timbul kejadian yang tidak diinginkan.

Apa saja tanda atau gejala seorang anak terserang virus DBD?

Demam Tinggi

deherba.com
deherba.com

Tubuh anak akan mengalami demam tinggi ketika terserang DBD. Demam ini bisa mencapai 40 derajat celcius lho. Badan anak juga kadang menggigil, terasa panas dingin. Demam bisa saja turun seperti akan sembuh namun tiba-tiba demam akan muncul lagi.

Demam ini akan terus berlangsung selama hampir satu minggu. Terkadang orang tua yang tidak mengenal gejala demam berdarah ini akan menganggap hal tersebut hanya demam biasa atau masuk angin.

Jika sudah muncul gejala demam yang naik turun, lebih baik segera periksakan anak ke dokter sebelum terlambat.

Lemas

obatsakit2011.blogspot.com
obatsakit2011.blogspot.com

Tubuh anak mendadak terasa sangat lemas dan lesu. Ditambah rasa sakit yang menyerang kepala dan belakang mata secara bersamaan diserta nyeri. Wajah anak atau balita juga akan terlihat sangat pucat.

Bintik Merah

obatanakaman.web.id
obatanakaman.web.id

Gejala selanjutnya yaitu munculnya bintik-bintik merah dan ruam pada sekujur tubuh anak. Hal ini disebabkan oleh virus dengue yang menyerang sistem pembekuan darah di dalam tubuh.

Jika sudah masuk ke dalam fase kritis atau tahap yang paling parah, maka anak akan mengalami mimisan, telinga mengeluarkan darah, kemudian memuntahkan darah juga yang berwarna pekat seperti kopi hitam. Selain itu, kulit anak juga akan mudah mengalami memar.

Mual

tumbuh-kembang.co.id
tumbuh-kembang.co.id

Gejala lain yang terkadang bisa terjadi adalah rasa mual yang mengakibatkan berkurangnya nafsu makan. Telapak kaki juga akan terasa gatal dan anak juga bisa terserang penyakit batuk pilek.

Rasa mual yang muncul tersebut bisa mengakibatkan muntah jika rasa mual sudah sangat parah dan mengganggu.

Pendarahan

tumbuh-kembang.co.id
tumbuh-kembang.co.id

Anak pun akan mengalami pendarahan seperti mimisan, gusi berdarah, atau berupa bintik-bintik merah di sekujur badan.

Pada beberapa kondisi, anak bahkan mengalami muntah dan buang air besar pun mengeluarkan darah. Kondisi pendarahan yang dialami oleh anak yaitu ketika trombosit sudah sangat rendah.

Sakit Kepala dan Lesu

health.kompas.com
health.kompas.com

Anak yang demam seringkali mengeluhkan sakit kepala dan lesu. Jika sudah muncul gejala demikian maka sebaiknya segera bawa anak ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Biasanya akan dilakukan test darah yang nantinya melalui tes darah tersebut akan dapat diketahui penyebab anak sakit.

Gejala di atas memang tidak akan timbul semuanya pada anak yang menderita demam berdarah dengue (DBD) sehingga melakukan pemeriksaan langsung ke dokter sangatlah diperlukan.

Biasanya, dokter akan langsung menyarankan untuk dilakukan tes darah. Apabila test darah memperlihatkan hasil yang ditunjukkan dengan jumlah trombosit kurang dari 100.000 per mm3, maka diduga anak mengalami demam berdarah dengue (DBD).

Syok

bayikusehat.com
bayikusehat.com

Gejala yang paling akhir timbul adalah gejala syok pada anak. Apabila terlambat mendapatkan pengobatan akan berakibat fatal bahkan akan terjadi kematian.

Gejala yang umum terjadi ditandai dengan jari tangan dan kaki yang dingin, lemas, dan warna kuku yang berubah menjadi biru.

Nyeri Pada Bagian Tubuh Tertentu

buananews.co.id
buananews.co.id

Selain demam tinggi, anak-anak yang menderita demam berdarah pun akan menunjukkan gejala nyeri pada bagian tertentu di tubuhnya. Misalnya saja nyeri pada persendian, nyeri pada tulang, nyeri di bagian belakang mata, dan bagian tubuh lainnya, termasuk otot.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *