Penyakit demam berdarah atau yang biasa disingkat dengan DBD ini adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. Virus ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegipty atau Aedes Albopictus yang berkelamin betina.

Biasanya nyamuk dengan kaki belang-belang putih ini menggigit mangsanya pada siang hari. Nah, kalau kamu menemukan nyamuk ini pada siang hari maka waspadalah.

Ada beberapa macam virus dengue, dengue satu, dua dan tiga. Sedangkan di Indonesia virus dengue tiga yang kerap kali menyerang masyarakat.

Diperkirakan ada seratus juta kasus demam berdarah yang terjadi tiap tahunnya diseluruh dunia. Sebagian diantaranya mewabah tiba-tiba dan menjangkiti ribuan orang dalam waktu singkat.

Untuk itu kamu perlu tahu gejala-gejala demam berdarah, supaya dapat menanggulanginya sebelum semakin parah. Yuk simak ulasan berikut mengenai gejala demam berdarah.

1Panas Tinggi

www.tabloidbintang.com

Orang yang terkena gejala demam berdarah biasanya akan mengalami demam atau panas tinggi dalam beberapa hari. Bisa dua atau bahkan tujuh hari. Pada saat itu suhu tubuhnya bisa mencapai antara 38 dan 40 derajat celcius.

Demam yang dialami akan turun secara tiba-tiba. Mungkin kamu akan menganggap bahwa dia sudah sembuh, ternyata tidak demikian. Justru ini semakin menjelaskan bahwa ia mengidap gejala demam berdarah.

2Bintik Merah

obatanakaman.web.id

Ruam atau bintik merah akan muncul pada penderita demam berdarah saat demamnya mulai turun. Ini adalah fase kritis, dimana pasien harus mendapatkan perawatan dan perhatian yang ekstra. Bintik tersebut memiliki bentuk dan warna yang hampir sama dengan campak.

Munculnya bintik merah adalah karena pembuluh kapiler telah pecah.

3Pendarahan Ringan

www.solusisehatku.com

Jika kamu menemukan pendarahan ringan pada hidung atau mulut, maka bisa jadi itu adalah gejala demam berdarah.

Cairan akan menumpuk pada bagian abdomen dan juga dada yang mana dapat menimbulkan bocornya pembuluh darah sehingga tak heran jika kamu mendengar pengidap demam berdarah membutuhkan tranfusi darah.

4Trombosit Menurun

hijamahsteril.blogspot.com

Mengetahui kadar trombosit pada tubuh memang harus melalui pemeriksaan medis. Saat gejala demam berdarah mulai menjangkiti tubuh, trombosit akan menurun dengan drastis. Turunnya trombosit bisa mencapai dibawah 150.000.

5Nyeri Perut

www.satujam.com

Nyeri pada perut merupakan gejala penting pada penyakit yang disebabkan oleh virus dengue ini. Nyeri perut dapat dirasakan pada ulu hati dan daerah dibawah lengkung iga sebelah kanan.

Penyebabnya adalah karena terjadi pembengkakan pada liver sehingga terjadi peregangan selaput yang membungkus hati.

6Lesu

www.syahida.com

Disamping demam tinggi, bintik merah, nyeri perut dan pendarahan ringan, gejala demam berdarah juga dapat dideteksi dengan melihat kondisi pasien. Jika ia tampak lesu dan tidak bersemangat bisa jadi ia sedang terjangkit virus dengue.

Tak heran jika penderita demam berdarah mengalami kelesuan. Ini disebabkan oleh kurangnya nafsu makan dan minum sehingga ia tak memiliki energi. Ditambah lagi ia akan sering merasa mual dan memuntahkan apa saja meskipun ia sendiri belum memakan apa-apa.

7Syok dan Tidak Sadarkan Diri

www.voaindonesia.com

Tanda-tanda syok terjadi setelah penderita mengalami demam tinggi selama 3 hari. Ia menjadi gelisah bahkan sampai tidak sadarkan diri. Nafasnya akan tersendat-sendat dan seluruh badannya terasa dingin.

Mendeteksi suhu dinginnya yang paling sering dilakukan adalah dengan meraba pada bagian kaki dan tangan penderita.

Terkadang ketika syok ini sudah teratasi penderita gejala demam berdarah akan mengalami pendarahan pada pencernaan. Ini adalah gejala lain dari gejala yang biasanya terjadi ketika seseorang mengidap penyakit DBD.

Setelah kamu mengetahui beberapa gejala penyakit demam berdarah sekarang kamu bisa lebih waspada dalam menjaga kebersihan. Karena nyamuk sangat senang berkembang biak di genangan air dan tempat-tempat yang kotor.