Diabetes militus adalah sebuah penyakit yang mempunyai tanda awal meningkatnya kadar gula didalam darah akibat adanya gangguan sistem metabolisme didalam tubuh. Diabetes bisa terjadi karena kurangnya zat insulin.

Insulin adalah zat yang dihasilkan oleh prankeas untuk mengolah zat gula darah (glukosa) sehingga dapat menjadi energi. Kamu tentu sudah tidak asing dengan penyakit yang satu ini. Biasanya memang kerap kali menyerang orang dewasa.

Berikut adalah gejala-gejala diabetes militus yang harus kamu tahu :

1Polidipsia

media-kalimantan.blogspot.com

Polidipsia adalah kondisi dimana penderita akan merasa cepat haus yang berlebihan dan sering kali merupakan gejala awal diabetes. Kadang terasa sangat kering pada bagian mulut. Tetapi hal ini tidak melulu menjadi gejala diabetes.

Cepat haus terjadi karena kadar gula berlebih dalam darah menyerap air terus menerus dari jaringan sehingga membuat dehidrasi.

Tetapi jika kamu berlebihan minum air karena lelah berlarian, itusih wajar. Apalagi berlarian dimasa lalu. Wkwk.

2Sering Kesemutan

jellygamatgoldgplus.com

Kondisi ini akan terjadi karena pembuluh darah yang rusak. Sehingga darah yang mengalir ke ujung syaraf pun berkurang.

3Luka yang Sulit Sembuh

udoctor.co.id

Ini adalah efek lain dari rusaknya pembuluh darah dan saraf. Kerusakan ini membuat hilangnya rasa sakit ketika mengalami luka. Mereka bahkan tidak sadar sedang terluka.

(beda sama luka dihati, ngga mungkin ngga terasa)

Gabungan kadar gula darah yang tinggi dan tidak adanya rasa nyeri, kemudian luka yang awalnya kecil dapat membesar bahkan menjadi borok atau membusuk. Jika sudah sampai tahap ini maka lebih baik melakukan amputasi.

4Penurunan Berat Badan

tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Nafsu makan bisa jadi meningkat, tetapi berat badan justru menurun bahkan sangat drastis. Menjelang dewasa biasanya berat badan sudah mulai stabil. Namun berhati-hatilah jika perubahannya mencapai lima persen dari biasanyan.

Bisa jadi ini adalah gejala diabetes militus. Dalam kondisi ini kemampuan metabolisme glukosa terganggu, tubuh akan menggunakan apapun lainnya sebagai bahan bakar, misalnya otot dan lemak sehingga penderita diabetes akan nampak kurus.

5Warna Kulit Gelap

carakecantikanwanita.blogspot.com

Gejala yang satu ini adalah kondisi dimana penderita akan memiliki flek atau bercak gelap pada permukaan kulit, serta kulit akan terasa lebih lembek dan lipatan dibadan. Kondisi ini bernama acanthosis nigricans.

Biasanya bercak dan lipatan ini terdapat di daerah ketiak dan sekitar leher. Kondisi ini juga menandakan gangguan insulin.

6Pandangan Kabur

www.pasar1.com

Gula darah yang terlalu tinggi akan menyerap cairan dari tubuh bahkan cairan dalam lensa mata. Kondisi ini mempengaruhi kemampuan konsentrasi pandangan mata bahkan bisa berakhir pada kehilangan penglihatan total jika tidak dirawat dalam jangka waktu yang lama.

7Banyak Buang Air Kecil

www.blog-netizen.com

Efek dari dehidrasi akan membuat penderita banyak minum, banyak minum inilah yang membuatnya banyak buang air kecil. Kondisi dimana lebih sering buang air kecil dan volume air seni yang abnormal ini disebut poliuria.

Normalnya orang dewasa mengekresikan satu sampai dua liter air seni perharinya. Kamu tidak boleh meremehkan kondisi ini. Dehidrasi parah akibat kencing dapat mempengaruhi kesehatan ginjal.

8Cepat Lapar

blog.umy.ac.id

Cepat lapar atau disebut dengan poliphagia adalah kondisi dimana seseorang merasa cepat lapar berlebih. Ini merupakan satu dari beberapa gejala diabetes. Kurangnya insulin untuk memasukkan gula ke sel membuat otot dan organ melemah dan tubuh kehabisan energi.

Otak mengira kekurangan energi itu adalah karena kekurangan asupan makanan sehingga tubuh akan berusaha meningkatkan asupan makanan dengan mengirimkan sinyal lapar.

Diabetes militus adalah penyakit yang tergolong kronis atau parah. Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Maka dari itu cobalah untuk mengubah gaya hidup lebih sehat dan teratur. Supaya terhindar dari berbagai penyakit.