Kehamilan menjadi salah satu kebahagiaan terbesar sepasang suami istri. Momen paling berharga yang selalu ditunggu-tunggu pasangan setelah menikah. Saat janin menempel di dinding rahim itulah kehamilan telah terjadi.

Bagi pasangan lama, mungkin gejala kehamilan sudah tidak asing lagi. Namun, bagi pasangan yang baru saja menikah, terkadang tidak menyadari bahwa istrinya sedang hamil.

Nah, supaya kamu tahu seperti apa tanda-tanda kehamilan di minggu pertama, simak ulasan artikel berikut.

1Bentuk Tubuh Berubah

bahanalami.com

Ini yang paling terlihat tatkala kamu sudah menikah dan hamil. Tubuh kamu akan berubah bentuk secara drastis. Seperti gemuk tapi sebenarnya tidak gemuk.

Justru yang terjadi adalah pembengkakan pada beberapa daerah, misalnya paha, dada, dan lengan.

Coba deh, amati saja para wanita yang sedang mengandung, pasti hampir seluruh bagian tubuh mereka membengkak bukan? Terutama terlihat dari tangan, kaki, dan (maaf) pantat.

2Payudara Menjadi Lebih Lembut

kesehatan-bercinta.blogspot.com

Gejala semacam ini sebenarnya mirip sekali dengan tanda haid. Payudara terasa nyeri bila tersentuh sedikit. Lalu berubah menjadi lebih lembut dan sensitif. Pokoknya terlihat lebih berisi lah payudaranya.

Hal tersebut wajar karena sebagai tanda bahwa saat bayi lahir nanti, sudah tersedia ASI untuknya.

Gejala lainnya dapat dilihat dari perubahan daerah aerola. Warna aerola akan lebih gelap atau menghitam daripada biasanya.

Namun, pembesaran pada payudara tidak terjadi pada semua wanita hamil. Bagi wanita yang ikut KB, mereka tidak akan mengalami perubahan bentuk payudara.

3Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

ibudanbalita.com

Frekuensi buang air kecil orang dewasa normalnya tujuh kali setiap 3-4 jam. Kalau kamu merasa lebih dari itu, mungkin saja kamu memang sedang hamil.

Pasalnya, saat janin menempel di rahim, ia akan menekan kandung kemih dan hormon hCG akan diproduksi. Itulah sebabnya frekuensi buang kecil akan lebih sering dari biasanya.

Frekuensinya mulai berkurang tatkala kehamilan minggu ke-12 atau akhir trimester pertama. Namun, pada akhir trimester kedua, frekuensinya akan kembali meningkat.

4Tubuh Mudah Lelah

tribunnews.com

Umumnya, para wanita yang sedang hamil muda akan mengalami hal tersebut. Kamu merasa mudah sekali capek dan mengantuk. Rasanya seharian hanya ingin tidur dan bermalas-malasan.

Jika kamu alami gejala ini, wajar saja karena tubuh kamu sedang menyesuaikan diri pada kehadiran sang janin di dalam rahim. Penyebab kamu gampang lelah adalah peningkatan hormon progesteron.

Tapi, hati –hati ya, ladies. Kondisi mudah lelah juga bisa disebabkan oleh menurunnya tekanan darah.

5Keluar Bercak Darah Atau Flek

abiummi.com

Bercak darah yang muncul saat awal kehamilan memang kadang membingungkan karena mirip darah haid. Namun, kamu bisa membedakannya kok, ladies.

Kalau bercak darah atau flek muncul sebelum jadwal menstruasi. Jumlah bercak darahnya lebih sedikit daripada darah haid dan biasanya berwarna merah segar.

Jangan terlalu khawatir ketika hal ini terjadi padamu ya, ladies. Proses tersebut wajar karena sebagai tanda bahwa janin sudah menempel ke dinding rahim.

Periksakan diri kamu ke dokter apabila bercak darah yang keluar terasa berlebihan. Mungkin dengan memeriksakan diri ke dokter, kamu akan lebih siap dan tenang menghadapi kehamilan pertama kamu.

6Mengalami Kram Perut

dailymoslem.com

Kram perut akan kamu alami ketika kehamilan minggu pertama. Proses penempelan calon janin ke dinding rahim wanita akan menyebabkan sakit perut seperti kram.

Saat mengalami hal ini, kamu harus rileks, ladies. Kram perut akan kamu alami dari awal kehamilan sampai trimester akhir atau kehamilan selesai.