hariansehat.com

Sebelum Terlambat, Ayo Kenali Gejala Penyakit Hepatitis B Sekarang Juga

Posted on

Sudah tahu tentang gejala penyakit hepatitis belum guys? Kalau belum kamu wajib baca tulisan di bawah ini.

Gaya hidup modern dan serba instan bisa memaksa hati kita bekerja lebih ekstra. Dan itu berbahaya bagi tubuh kita jika berlangsung terus menerus dan dalam jangka waktu lama.

Terutama berbahaya bagi hati kita yang fungsi utamanya membersihkan dan menyaring racun-racun dari dalam darah dan mengontrol produksi atau penggluaran kolesterol. Karena itu, bisa dibilang kesehatan tubuh seseorang bergantung pada hatinya.

Penyakit hepatitis B adalah penyakit yang menyerang hati disebabkan oleh virus hepatitis B (VHB), dapat menyebabkan peradangan hati akut dan menahun yang pada sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi sirosi hati atau kanker hati.

Untuk itu kita harus lebih waspada dan memperhatikan tanda-tanda atau gejala tumbuh yang terkena penyakit ini. Adapun tanda-tanda seseorang terkena penyakit hepatitis B adalah sebagai berikut:

Mata atau Kulit Tampak Kekuningan

intisari-online.com
intisari-online.com

Ini merupakan gejala awal yang paling mudah untuk kita ketahui , karena mata kuning menandakan pasti hati sedang tidak sehat.

Beda dengan halnya mata merah, karena kalau mata merah bisa mengindikasikan kalau bebar-benar sedang sakit mata atau kelilipan debu.

Kelelahan

pondokibu.com
pondokibu.com

Yaitu kondisi yang memiliki tanda berkurangnya kapasitas yang dimiliki seseorang untuk bekerja dan mengurangi efisensi prestasi, biasanya disertai dengan perasaan lemah dan letih.

Pada gejala hepatitis B ini, kelelahan terjadi pada organ hati sehingga fungsi hati tidak dapat maksimal karena itu tubuh bekerja lebih ekstra.

Mual dan Hilang Nafsu Makan

lintasehat.com
lintasehat.com

Bila seseorang kehilangan nafsu makan itu merupakan tanda bahwa tumbuh seseorang sedang tidak baik atau ada masalah dalam tubuhnya.

Sebab tubuh yang baik dan sehat memerlukan makanan yang nantinya akan digunakan sebagai energi bagi tubuh.

Urine Berwarna Gelap

socialtrendsetter.blogspot.com
socialtrendsetter.blogspot.com

Urine adalah cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinisasi. Warna urine yang baik itu tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang.

Jika warna urine kita gelap itu tandanya bahwa ada masalah dalam tubuh kita. Masalahnya tentu disebabkan oleh bermacam-macam.

Namun, jika dibarengi dengan gejala hepatitis B lainnya, maka sudah bisa dipastikan warna urine gelap itu dikarenakan hati yang bermasalah.

Perut Membuncit

deherba.com
deherba.com

Perut membuncit bukan hanya gejala atau tanda untuk orang yang sedang terkena penyakit hepatitis B, tapi juga bisa penyakit lain seperti penyakit jantung koroner dan penyakit diabetes militus.

Oleh karena itu, gaya hidup yang dapat menyebabkan perut buncit harus bisa kita rubah untuk mencegah berbagai macam penyakit lainnya. Perut buncit juga tidak enak lho.

Demam

hariansehat.com
hariansehat.com

Merupakan indikasi bahwa tubuh sedang diserang virus. Virus dapat masuk ke dalam tubuh seseorang dikarenakan imun tubuh yang tidak sehat, ini yang menyebabkan demam pada tubuh.

Jika imun tubuh dalam kondisi sehat atau kuat, maka virus tidak akan dapat masuk ke dalam tubuh. Tapi jika imun tubuh lemah, maka tubuh akan sakit.

Nyeri Sendi

health.kompas.com
health.kompas.com

hal ini disebabkan karena berbeda-beda. Nyeri sendi yang disebabkan oleh virus biasanya disebut Viral Arthrirus. Keadaan ini disebabkan oleh virus yang menyerang kepala orang tubuh lain sehingga menimbulkan gejala seperti nyeri sendi.

Itu tadi penjelasan tanda-tanda atau gejala yang ditunjukan oleh tubuh bahwa seseorang terkena penyakit hepatitis B. Semoga artikel ini bermanfaat dan mari jaga pola makan untuk kesehatan tubuh kita.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *