Sudah menjadi pengetahuan umum di seluruh dunia, bahwa penyakit AIDS adalah penyakit mematikan yang sampai sekarang belum ada obat maupun vaksinnya.

Penyakit ini disebabkan oleh virus yang bernama HIV, dengan penularan yang cepat sehingga setelah terkena virus maka si penderita akan langsung terjangkit AIDS.

Penyakit AIDS identik dengan kasus seksual, entah penderitanya dari kalangan pekerja seks komersial atau mereka yang suka berganti-ganti pasangan.

Namun, dewasa ini banyak yang terjangkit virus HIV yang kemudian menjadi AIDS karena faktor genetis. Yaitu sang Ibu yang menurunkan virus tersebut kepada bayinya.

Beberapa penularan yang bisa terjadi selain karena faktor genetis juga karena faktor berhubungan badan dan penyakit kelamin. Bisa juga karena adanya kontak darah, misalkan dalam donor darah.

Pemakaian jarum infus atau suntik yang telah terkena virus HIV juga dapat menjadi perantara penularan virus tersebut kepada orang yang masih sehat.

Nah, bagaimanapun juga, kita wajib mengenali dan mewaspadai gejala-gejala baik awal maupun akhir dari penyakit AIDS karena virus HIV ini.

Bukan hanya untuk kita, namun juga agar kita bisa mengetahui apakah gejala-gejala tersebut ada di beberapa orang terdekat kita.

Berikut adalah beberapa gejala seseorang terjangkit virus HIV sampai kemudian terkena penyakit AIDS:

1Penyakit Ringan Sebagai Awalan

www.referensisehat.com

Gejala awal dari seseorang yang terinfeksi virus HIV biasanya tak menunjukkan sesuatu yang signifikan. Orang yang telah terjangkit virus HIV biasanya akan mengalami beberapa penyakit ringan.

Penyakit-penyakit ringan ini dianggap sebagai sebuah sakit biasa dan biasanya banyak dihiraukan oleh penderita.

Biasanya penderita akan mengalami flu, batuk, sakit kepala, demam, dan lebih sering merasa lelah. Itu akan terjadi dalam kurun waktu sekitar 2 atau 6 mingguan.

Setelah kurun waktu tersebut, penderita akan pulih atau sehat kembali dan tak mengalami penyakit-penyakit ringan tersebut.

Namun siapa sangka, bahwa pada saat itu virus HIV justru sedang mengembangkan diri untuk semakin tumbuh di dalam tubuh si penderita selama kurun waktu beberapa tahun. Mengerikan!

2Adanya Pembengkakan Kelenjar

fitisme.com

Ketika virus HIV sudah mulai menyebar ke tubuh, maka biasanya virus ini juga akan mengganggu kelenjar getah bening yang berfungsi sebagai imun pencegah infeksi dalam tubuh.

Mengingat memang virus HIV ini menyerang sistem kekebalan tubuh, maka bagi penderita AIDS, mereka telah kehilangan sistem kekebalan tubuh dan akhirnya rentan terhadap segala macam penyakit.

Ketika kelenjar getah bening telah diserang oleh virus HIV, maka yang terjadi adalah adanya pembengkakan pada kelenjar.

Hal ini disebabkan karena kondisi kekebalan tubuh yang menurun drastis, sehingga kelenjar dipaksa bekerja keras, akhirnya dia akan membengkak. Dan kondisi ini akan berlangsung selama beberapa bulan.

3Adanya Infeksi

www.necturajuice.com

Infeksi akan timbul sebagai akibat dari pembengkakan kelenjar getah bening dalam tubuh. Karena fungsi kelenjar yang tak berjalan, maka segala macam penyakit bisa masuk.

Termasuk beberapa bakteri dan virus yang nantinya akan menjadi sebab dari adanya infeksi dalam tubuh.

Parahnya, infeksi ini tak hanya sekedar infeksi luar, namun bisa menyebar kepada organ-organ dalam tubuh.

Seperti infeksi pada paru-paru, jantung, ginjal, dan sebagainya. Ketika infeksi ini sudah terjadi, maka kondisi seseorang sudah dikatakan telah menderita AIDS.

4Gangguan Reproduksi

www.l-men.com

Setelah proses penginfeksian pada organ-organ dalam tubuh, virus HIV yang telah semakin ‘kokoh’ tak berhenti sampai di situ.

Mereka akan menyebar pada organ dan sistem reproduksi. Akibatnya, akan terjadi beberapa gangguan seperti berantakannya siklus haid si penderita, atau parahnya akan muncul gangguan dalam bentuk fisik.

Seperti kanker mulut rahim, infeksi radang panggul, dan bahkan beberapa penyakit kelamin berbahaya lainnya.

5Munculnya Ruam pada Kulit

id.wikihow.com

Pada penderita AIDS, akan banyak ditemukan juga ruam atau lebam berwarna kemerahan atau hitam gelap, seperti bekas terbentur.

Ruam ini akan diawali dengan adanya benjolan, yang kemudian akan berubah menjadi kusam dan bersisik.

Setelah itu, kulit akan berubah menjadi sebuah ruam yang kemudian pada akhirnya akan menjadi infeksi, atau herpes.

6Kondisi Lemah, Akhir Penderita AIDS

blj.co.id

Pada kondisi ini, penderita telah masuk dalam stadium puncak. Dimana akan ada infeksi pencernaan yang membuat penderita tak mampu lagi menelan dan mencerna makanan.

Adanya rasa nyeri pada seluruh persendian yang menyebabkan penderita tak mampu bergerak dan beraktivitas.

Dan kemudian dalam keadaan lemah sekali, penderita akan kehilangan kesadaran, menjadi depresi dan stress.

Itulah tadi beberapa gejala seseorang yang terjangkit virus HIV/AIDS. Kesehatan itu mahal harganya, dan Tuhan hanya member kita satu nyawa.

Alangkah lebih baiknya kita jaga kesehatan dengan menjaga diri dalam perbuatan dan pergaulan yang baik. Karena jika sudah sakit, maka kita sendiri yang akan menanggungnya.

SHARE