Kanker otak juga sering dikenal dengan penyakit tumor otak. Penyakit ini sangat berbahaya. Pasalnya, otak adalah bagian tubuh yang sangat vital. Jika otak terganggu maka organ-organ tubuh lainnya juga akan terganggu.

Tumor otak menjadi penyebab utama kematian terkait kanker pada pasien berusia dibawah 14 tahun, sementara menjadi penyebab kematian kedua untuk pasien yang berusia di bawah 20 tahun.

Sekitar 120 jenis tumor otak yang dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia tertentu, etnis dan jenis kelamin, dengan pengobatan yang sulit sehingga semua bentuk tumor otak berpotensi fatal.

Pasien yang meninggal karena tumor otak primer, organ mereka masih bisa disumbangkan ke orang lain yang membutuhkan, sebagian sisa organ tubuh pasien tidak terpengaruh.

Saat tumor otak mempengaruhi anak-anak, meskipun bisa disembuhkan. Hal itu tetap dapat menyebabkan anak mengalami cacat sehingga mengurangi kualitas hidup.

Kanker otak jika masih jinak maka masih ada harapan untuk hidup. Namun jika terus tumbuh dan menjadi ganas, kanker otak bisa menyebabkan kematian bagi penderitanya.

Beberapa faktor yang memengaruhi harapan hidup penderita kanker otak adalah kemampuan untuk deteksi dini.

Kanker otak adalah tumor otak ganas yang dapat menyebar dengan cepat ke bagian lain dari otak dan tulang belakang. Perlu diketahui, tidak semua tumor otak bersifat ganas dan bisa dikategorikan sebagai kanker.

Ada juga tumor otak yang bersifat jinak. Tumor otak jinak adalah sekumpulan sel-sel otak yang tumbuh perlahan dan tidak menyebar ke bagian lain.

Menurut asalnya, tumor otak terbagi menjadi dua yaitu primer dan sekunder. Tumor otak primer adalah tumor yang muncul pada otak, sedangkan tumor otak sekunder adalah tumor yang berasal dari bagian tubuh lain namun menyebar ke otak.

Kebanyakan kasus kanker otak merupakan jenis kanker otak sekunder, di mana kanker berawal dari organ tubuh lain kemudian menyebar ke otak.

Tumor otak tidak mengenal usia dan bisa menjangkiti siapa saja, termasuk anak-anak. Menurut data WHO, pada tahun 2012 ada sekitar 4900 kasus kanker otak yang terjadi di Indonesia. Jika dilihat dari jenis kelaminnya, maka pengidap kanker otak berjenis kelamin pria sedikit lebih banyak dibanding wanita.

Penyakit genetik seperti neurofibromatosis (penyakit genetik yang menyebabkan tumor tumbuh di saraf) bisa meningkatkan risiko munculnya tumor otak. Namun, penyebab utama dari kebanyakan tumor otak belum diketahui.

Namun penyakit yang bisa menyerang anak-anak, remaja hingga orang tua ini memiliki tanda-tanda yang hampir mirip dengan penyakit lain pada umumnya. Berikut gejala-gejala kanker otak.

1Sakit Kepala

source: oldhookmedical.com

Gejala tumor otak bervariasi dari satu penderita ke penderita lain tergantung pada ukuran dan bagian otak yang terjangkit. Tumor bisa membuat area otak yang terjangkiti tidak berfungsi dengan baik dan menekan jaringan otak sehingga menyebabkan sakit kepala serta kejang-kejang.

Sakit kepala menjadi gejala umum kanker otak. Penelitian di Department Radiology Divisi Neuroradiology di Rumah sakit anak Miami mengatakan bahwa 4.000 anak-anak yang menderita sakit kepala, satu di antaranya menderita kanker otak.

Namun tidak semua gangguan pusing merupakan gejala kanker otak. Waspadai pusing kepala jika kamu jarang sekali mengalami pusing kepala. Termasuk jika gejala pusing yang kamu rasakan berbeda dengan pusing pada biasanya. Pusing jenis ini harus diwaspadai.

Pusing yang menjadi gejala kanker otak juga bukan penyebab tunggal. Jika pusing tanpa diikuti gejala lain, kemungkinan besar hal tersebut bukan gejala kanker otak. Namun jika pusing diikuti gejala lain seperti mual, kejang dan hilang kesadaran, ciri ini harus diwaspadai.

2Kerap Muntah

source: www.ravishly.com

Seperti halnya pusing, muntah juga sering menjadi gejala dari banyak penyakit. Namun ada ciri-ciri khusus muntah yang menjadi gejala kanker otak. Muntah yang diikuti oleh sakit kepala menjadi ciri gejala kanker otak.

Muntah yang terjadi secara tiba-tiba tanpa ada penyakit sebelumnya juga patut diwaspadai. Pada kasus kanker otak, cairan dalam muntah seringnya berwarna ahak kehijauan.

Gejala muntah ini terjadi karena kanker yang menyerang otak mengganggu sistem saraf. Gejala muntah ini akan terus terjadi sampai kanker otak benar-benar sembuh.

3Gangguan Penglihatan

source: globe-views.com

Sebuah penelitian dari Department Oncology, Bangabandhu Sheikh Mujib Medical University Bangladesh menyebutkan 23 dari 50 peserta penelitian yang mengidap tumor otak mengalami gangguan penglihatan.

Saraf mata yang terhubung ke otak yang sudah terserang kanker menyebabkan gangguan penglihatan tersebut. Beberapa pasien penderita kanker otak mengaku mereka hanya mampu melihat lurus ke depan.

Saat melihat lampu atau cahaya, seolah-olah cahaya tersebut berkedip.Semakin ganas kanker yang menyerang otak, maka tingkat gangguan penglihatan juga akan semakin tinggi.

Pasien penderita kanker otak lama kelamaan tidak akan bisa membaca sebuah teks karena penglihatannya kabur.

4Berat Badan Turun

source: commons.wikimedia.org

Penderita kanker otak akan kehilangan berat badannya secara drastis. Kemampuan otak yang terganggu akan berdampak pada metabolisme tubuh. Nafsu makan juga akan berkurang sehingga asupan makanan yang masuk sangat terbatas.

Pada taraf kanker otak yang sudah ganas, fungsi otak sudah sangat terganggu. Otak yang biasanya mengirim sinyal saat tubuh memerlukan makanan tidak melakukan fungsinya dengan normal.

5Sulit Bergerak

source: fhlcareers.com

Department Oncology, Bangabandhu Sheikh Mujib Medical University Bangladesh menemukan 21 dari 50 penderita kanker otak kesulitan saat bergerak. Kanker menyerang fungsi otak normal sebagai penggerak tubuh manusia.

Seorang penderita kanker otak akan kesulitan berjalan seimbang. Mereka juga kerap tersandung tanpa sebab karena fungsi koordinasi tubuhnya terganggu.

6Gangguan Mental

source: www.huffingtonpost.ca

Mayoritas penderita kanker otak juga terserang fungsi saraf otaknya. Akhirnya sistem otak tidak berjalan sebagaimana mestinya. Pada penderita kanker otak, mereka akan kehilangan memori jangka pendek.

Penderita juga akan sulit berkonsentrasi. Banyak lintasan memori yang tidak teratur yang menggangu konsentrasinya. Pada gangguan yang cukup berat, penderita bisa mengalami perubahan kepribadian dan perilaku.

7Kejang

source: standardfirstaidcourses.ca

Penderita kanker otak akan menderita kejang karena gangguan sinyal listrik di otak. Saraf-saraf otak saling terhubung dengan sinyal listrik. Jika ada yang mengganggu sinyal ini maka tubuh akan meresponsnya dengan kejang-kejang.

Kejang pada penderita kanker otak sifatnya acak tanpa didahului sebab tertentu. Kadang kejang juga didahului dengan sakit kepala akut dan kedutan pada otot.

8Penanganan Untuk Kanker Otak

Kompasiana.com

Penyakit ini harus ditangani secepat mungkin, biasanya dengan tindakan pembedahan untuk mengangkat sel-sel kanker sebanyak mungkin. Proses penyembuhan bisa dilanjutkan dengan radioterapi, kemoterapi, atau kombinasi keduanya.

Jika tidak segera dilakukan pembedahan, kanker bisa berpotensi menyebar dan merusak bagian dari otak dan saraf tulang belakang, bahkan hingga ke organ lainnya.

Sedangkan pada kanker otak sekunder, manfaat perawatan hanya untuk meringankan gejala dan memperpanjang usia saja. Karena kecilnya kemungkinan bagi penderita untuk sembuh total, terutama tumor maupun kanker yang ada sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Penderita kanker otak biasanya membutuhkan pembedahan untuk mengangkat tumor. Sisa jaringan tumor yang masih ada ditangani dengan radioterapi, kemoterapi, atau gabungan keduanya.

Setelah penanganan, kanker otak bisa kembali muncul. Ketika hal ini terjadi, prosedur yang dilakukan berikutnya adalah untuk memperpanjang usia kehidupan selama mungkin dan menangani gejala yang ada.

Pembedahan dapat dilakukan untuk menangani kanker otak.

Tujuan pembedahan adalah mengangkat tumor sebanyak mungkin di otak tanpa merusak jaringan di sekitarnya. Untuk melihat otak dan tumor di dalamnya, sebagian dari tengkorak akan dibuka.

Hal ini dikenal dengan sebutan proses kraniotomi. Setelah itu, dokter spesialis bedah otak bisa mengangkat tumornya.

Selain pembedahan, dokter mungkin akan menjalankan terapi photodynamic. Dalam terapi ini, obat yang sensitif terhadap cahaya dimasukkan ke dalam pembuluh darah dan diserap sel kanker yang masih tersisa.

Saat sinar laser diarahkan pada sel-sel kanker, obat ini akan aktif dan membunuh sel-sel kanker.

Untuk mengurangi risiko agar tumor tidak kembali, setelah operasi pengangkatan tumor primer, tumor akan ditangani dengan radioterapi atau kemoterapi, atau bisa gabungan keduanya.

Kemoterapi dilakukan untuk menangani tumor yang berada jauh di dalam otak dan sulit diangkat tanpa merusak jaringan saraf lainnya. Kemoterapi adalah pengobatan yang dipakai untuk membunuh sel-sel kanker dan bisa diberikan berupa tablet, suntikan, atau implan.

Berbagai metode pengobatan kanker konvensional tidak lagi hanya berkisar pada 3 metode ortodoks tersebut. Misalnya, berbagai obat-obatan kanker terkini, dapat digunakan pada penderita kanker otak, dimana serangan hanya ditargetkan pada sel kankernya saja, tanpa memengaruhi sel-sel yang normal.

Pada beberapa kasus, misalnya pada stadium lanjut, pengobatan kanker otak boleh jadi dikombinasikan dengan berbagai metode medis lainnya yang kini tidak merusak kualitas hidup dengan efek samping yang ditimbulkannya, seperti yang terjadi pada mereka yang menjalani metode pengobatan kanker ortodoks yang rupanya, kini sudah dianggap kuno oleh beberapa pakar kesehatan.

Metode pengobatan kanker otak modern ini dikenal dengan metode minimal invasif. Meskipun tingkat efektivitas metode pengobatan kanker ini cukup tinggi, sangat disayangkan bahwa tidak semua penderita kanker bisa melakukannya.

Faktor utama yang menjadi kendalanya adalah hanya sedikit dokter yang dapat melakukan metode tersebut, sehingga kamu harus mencari dengan sungguh-sungguh dokter ahli yang dapat melakukan hal tersebut.

9Makanan Yang Dapat Membantu Penyembuhan Kanker Otak

Manfaatbuah.info

Dalam pengobatan nya sekarang ini kanker otak masih belum dapat ditolong secara pasti dengan menggunakan peralatan kedokteran yang canggih sekalipun.

Dan juga banyak para penderita kanker otak pasrah dan tak ingin mendapatkan perawatan secara medis karena takut oleh peralatan rumah sakit yang membuat mereka lebih merasa menderita, ataupun menjalankan kemotrapi yang menyakitkan.

Dan tahukah anda? Kini telah ditemukan oleh para peneliti di Amerika, bahwa buah naga adalah carasehatmengobati.blogspot.com penyakit kanker otak. Mengapa buah naga dapat mengobati penyakit kanker otak?

Mungkin kamu akan bertanya-tanya seperti itu. Baik saya akan menjelaskan mengapa buah naga dapat mengobati dan mencegah penyakit kanker otak. Tapi sebelumnya saya akan membahas sedikit tentang buah naga.

Buah naga yang dalam bahasa inggris disebut pitaya berasal dari negara Meksiko di Amerika Tengah, namun sekarang telah banyak dibudidayakan di negara-negara asia termasuk Indonesia.

Buah ini banyak mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Oleh karena itu buah naga sering sekali dimanfaatkan dalam pengobatan khusus nya dalam pengobatan kanker, tak hanya kanker otak saja namun juga kanker lainnya seperti kanker usus, hati, paruparuh dan lainnya.

Lalu bagaimanakah mengobati penyakit kanker otak dengan buah naga?

Cara mengobati penyakit kanker secara alami dengan buah naga tak repot dan sulit. Cukup mengkonsumsinya tiap hari maka InsyaAllah penyakit kanker otak yang diderita dapat sembuh.

Kamu bisa mengkonsumsinya langsung atau membuatnya menjadi minuman juz, konsumsi lah sesuai selera. Namun harus selalu diingat hal yang paling penting dalam pengobatan adalah meminta pada sang Maha Kuasa untuk diberikan kesembuhan.

Berdoa adalah salah satu cara pengobatan terampuh untuk penyakit apapun. Karena Dia lah yang memberi mu sakit dan Dia pula lah yang dapat menyembuhkan penyakit yang kita derita.

Jangan berpurus asa dengan penyakit yang kita derita, tetap semangat dan teruslah berusaha dan berdoa serta berpasrah diri untuk diberikan kesembuhan.

Daun Sirsak juga dipercaya mampu mengobati kanker otak. Nama sirsak berasal dari bahasa Belanda “zuur zak”, artinya buah yang asam. Bagian tanaman mulai bunga, daun, buah, biji, kulit, dan akar dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional.

Daun sirsak diketahui mengandung zat annonaceous acetogenins yang mampu 10.000 kali lebih kuat membunuh sel-sel kanker daripada zat adriamycin, yang biasa dipakai dalam pengobatan kemoterapi.

Zat acetogenins dapat membunuh aneka jenis kanker, seperti kanker usus, tiroid, prostat, paru-paru, payudara, dan pankreas bahkan penyakit ambeien tanpa merusak atau mengganggu sel-sel tubuh yang sehat. Hal ini telah diteliti di Laboratorium Health Sciences Institute, Amerika Serikat di bawah pengawasan the National Cancer Institute, Amerika Serikat.

Pengobatan yang dapat dilakukan lainnya adalah dengan membiasakan diri untuk hidup sehat. Jika tubuh sudah terkena kanker otak, sebaiknya berhentilah menelpon dengan menempelkan ponsel di telinga.

Gunakanlah headset jika ingin menelpon agar radiasi tidak memperparah kanker di otak. Selain itu, berhentilah mengonsumsi minuman keras, rokok, maupun obat-obatan terlarang. Selanjutnya ada dapat mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang baik untuk otak.

Selain dengan memulai pola hidup yang sehat, anda dapat mengonsumsi buah naga untuk mengobati kanker. Buah naga dipercaya dapat membantu menghancurkan sel kanker yang ada di tubuh.

Hal ini dikarenakan buah naga yang banyak mengandung antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Konsumsilah obat herbal atau obat yang terbuat dari tanaman herbal. Untuk mengobati kanker otak secara alami, tanaman herbal yang sering digunakan antara lain kulit manggis, daun sirsak, apel, madu, dan yang lainnya.

Kulit manggis sering dipakai untuk pengobatan kanker. Hal ini dikarenakan kandungan kulit manggis merupakan antioksidan yang kuat sehingga dapat memperbaiki sel yang rusak pada tubuh.

Selain itu, kulit manggis bersifat anti profilerasi dan apoptosis yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan menghancurkannya. Sedangkan daun sirsak juga banyak digunakan untuk pengobatan kanker baik itu kanker otak maupun kanker lainnya yang ada dalam tubuh.

Daun sirsak mengandung acetogenins yang dapat membantu mengobati kanker yang ada pada tubuh. Zat acetogenins ini sangat ampuh untuk melawan sel kanker dengan cara membunuh sel kanker yang aktif dalam tubuh, namun tidak berpengaruh pada sel-sel lainnya yang ada di tubuh.

Brokoli biasanya menjadi sayuran yang paling kita hindari. Tapi ternyata brokoli sangat bermanfaat untuk tubuh karena mengandung antioksidan tinggi yang bisa mencegah kanker otak.

Selain itu brokoli mengandung serat yang berperan melancarkan pencernaan dan mencegah masalah metabolisme tubuh. Konsumsi brokoli setiap hari tidak hanya baik untuk usus besar dan usus kecil, tapi juga melindungi otak dari pertumbuhan sel abnormal penyebab kanker.

Hingga saat ini masyarakat di Jepang masih rajin mengkonsumsi teh hijau. Mereka bisa mengkonsumsi teh hijau tidak hanya waktu pagi atau sore hari saja. Mereka memiliki seduhan teh hijau dengan poci alami dan bisa diminum kapan saja.

Hasilnya adalah kesehatan otak masyarakat di Jepang bisa dikatakan yang terbaik. Teh hijau mengandung zat antioksidan yang paling tinggi karena memiliki pengolahan yang paling sederhana.

Tidak banyak zat antioksidan yang keluar saat proses pemasakan dan jauh lebih baik dibandingkan dengan jenis teh merah atau hitam. Selain itu, teh hijau juga bisa membuat otak mendapatkan rangsangan yang baik sehingga bisa bekerja secara maksimal.

Kenari biasanya kita jumpai dalam campuran atau hiasan kue. Kenari juga bisa dimakan sebagai camilan. Kenari mengandung nutrisi zat omega 3 yang bisa membuat tubuh menjadi lebih santai.

Kenari bisa mencegah kanker otak karena mengandung omega 3 yang bisa berfungsi seperti, omega 3 yang ditemukan pada ikan yang mengandung banyak minyak.

Sarang Semut menjadi salah satu yang terbaik untuk direkomendasikan pada penderita kanker tumor otak karena kandungan flavonoidnya yang tinggi.

Flavonoid telah terbukti secara empiris mampu mengobati berbagai jenis kanker karena senyawa ini dapat berperan secara langsung sebagai antibiotik.

Selain itu, flavonoid juga mampu melakukan inaktivasi karsinogen, antiproliferasi, menghambat siklus sel, inhibisi angiogenesis, menginduksi apoptosis dan diferensiasi.

Untuk penjelasan lebih detil bagaimana flavonoid bisa menyerang sel kanker, “Gempur Penyakit dengan Sarang semut” karangan Dr. Ir. Ahkam Subroto dan Hendro Saputro bisa menjawab secara lebih memuaskan.

Cara mencegah kanker otak dengan kenari sudah pernah di uji coba dalam sebuah penelitian. Untuk mendapatkan hasil terbaik, disarankan makan camilan dari kenari untuk setiap hari.

Bawang putih biasanya banyak digunakan sebagai bumbu dari semua jenis masakan. Aromanya yang kuat sering tidak disukai, namun ternyata bawang putih bisa secara aktif mencegah pertumbuhan sel abnormal dalam otak.

Selain itu bawang putih memiliki sifat lain yang sangat baik untuk mencegah kanker seperti melindungi tubuh dari bakteri, mempertahankan sistem kekebalan tubuh dan bisa menyerang pertumbuhan sel kanker secara langsung.

Bahkan bawang putih juga bisa meningkatkan sistem kesehatan DNA dan mencegah kerusakan DNA. Karena itulah tambahkan bawang putih dalam menu masakan.

Kubis bisa digunakan sebagai bahan masakan untuk sup atau jenis olahan lain. Terkadang kubis banyak dikonsumsi sebagai lalapan. Kandungan senyawa antioksidan dalam kubis seperti ditemukan pada sayuran kale.

Kedua jenis sayuran ini sangat aktif untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan bisa memelihara umur dan kekuatan sel sehat dalam tubuh. Konsumsi kubis dan kale yang sudah dimasak sangat dianjurkan, selain itu sumber sayuran ini juga bisa mencegah semua jenis sayuran.

Ikan salmon yang ditemukan secara liar bisa menjadi makanan pencegah kanker otak yang paling ampuh. Banyak orang yang mengkonsumsi salmon tapi mereka tidak memilih salmon alami.

Sementara metode kehidupan untuk salmon alami dan salmon yang diternak memang berbeda. Terlepas dari masalah itu maka salmon bisa melindungi dari kanker otak karena mengandung zat omega 3 alami yang sangat baik untuk merangsang kerja dan fungsi normal otak.

Apel selama ini masih dianggap sebagai buah yang menyegarkan saja, tapi ternyata buah apel mengandung manfaat yang sangat tinggi. Konsumsi satu buah apel setiap hari bisa meningkatkan perlawanan tubuh terhadap zat radikal bebas dan bisa mencegah resiko penyakit jantung.

Konsumsi apel yang paling dianjurkan adalah apel segar yang sudah dikupas, karena terkadang kulit apel mengandung pestisida yang bisa berbahaya untuk tubuh.

10Upaya Mencegah Kanker Otak

faktakanker.com

Usahakan untuk menjaga kepala kamu agar tidak terbentur pada benda yang keras karena bisa membahayakan kesehatan otak dan menambah risiko terserang kanker otak. Untuk itu jangan lupa gunakan helm saat berkendara.

Salah satu penyebab kanker berasal dari faktor keturunan. Jika ada orangtua atau saudara yang menderita kanker, sangat mungkin kanker juga menyerang anggota keluarga lainnya.

Untuk itu mengetahui ada tidaknya anggota keluarga yang pernah terkena kanker sangat penting sebagai upaya mencegah kanker.

Penyebab kanker lainnya adalah makanan yang diasap, dibakar, atau diasamkan. Contohnya seperti ikan asap atau makanan yang diacar. Makanan tersebut beresiko menimbulkan kanker.

Oleh karena itu menghindari atau mengurangi frekuensi mengonsumsi makanan tersebut menjadi keharusan untuk mencegah kanker.

Sejak lama alkohol sudah sering disebut sebagai penyebab kanker. Untuk mencegah kanker, menghindari konsumsi alkohol merupakan langkah yang tepat.

Banyak makanan saat ini dicampur dengan zat pewarna agar terlihat menarik. Padahal kandungan zat pewarna itu sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat memicu kanker.

Untuk mencegah kanker, sebaiknya usahakan menghindari makanan yang menggunakan zat pewarna. Makanan yang menggunakan zat pewarna dapat diketahui dari warna makanan yang terlihat jauh lebih menarik dibandingkan warna aslinya.

Seperti alkohol, rokok juga menjadi sumber penyebab berbagai penyakit tak terkecuali untuk penyakit kanker. Meninggalkan kebiasaan merokok atau berupaya menjauh dari orang yang sedang merokok adalah upaya baik untuk mencegah kanker.

Berolahraga merupakan cara yang baik untuk mencegah kanker. Sebab saat berolahraga, lemak dalam tubuh akan terbakar dan mempercepat metabolisme. Hal itu akan mencegah terjadinya kanker.

Tidak harus berupa olahraga berat. Olahraga ringan seperti jalan sehat atau lari pagi bisa membantu mencegah kanker.

Vitamin A, vitamin C, dan vitamin E memiliki kandungan antioksidan yang sangat berguna untuk mencegah kanker.

Tidak berganti-ganti pasangan dalam hubungan seks juga menjadi cara jitu mencegah kanker sebab timbulnya kanker juga dimungkinkan karena perilaku seksual yang tidak sehat.

Salah satu misteri kanker otak adalah apa yang menyebabkan penyakit ini. Kebanyakan orang dengan kanker otak tidak memiliki faktor risiko yang diketahui untuk penyakit ini, menurut Lembaga Kanker Amerika.

Tetapi ada beberapa faktor yang diketahui meningkatkan risiko kanker otak. Salah satu faktor adalah paparan jenis radiasi yang disebut radiasi pengion, yang digunakan untuk mengobati kanker tertentu, meskipun perkembangan kanker otak dari jenis radiasi jarang, Radiasi pengion juga dilepaskan selama ledakan nuklir.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kanker otak dapat berjalan dalam keluarga, berarti mutasi genetik terkait dengan kanker.

Tumor otak dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Tumor tersebut adalah bentuk paling umum kedua kanker di masa kecil, setelah leukemia, menurut Rumah Sakit Anak Philadelphia.

Pada orang dewasa, meningioma dan glioma (yang terakhir yang terbentuk dari sejenis sel otak yang disebut sel glial) adalah tumor otak yang paling umum pada orang dewasa, menurut National Institutes of Health.

SHARE