Penyakit kanker dapat dengan mudah terdiagnosis dan terlihat melalui perubahan fisik, maupun psikologis. Secara umum, penyakit kanker tulang dibagi menjadi kanker tulang primer dan sekunder.

Kanker tulang primer merupakan kanker tulang yang lebih condong disebabkan oleh sel-sel kanker yang berasal dari tulang itu sendiri, kemudian menyebar ke bagian tulang lainnya. Terutama bagian tulang yang mudah ringkih yakni tulang paru (kanker paru-paru).

Kanker tulang sekunder bersumber dari sel-sel kanker berasal dari organ-organ tubuh lain yang terserang kanker, seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker paru-paru, serta jenis kanker lainnya yang bermetastatis atau menyebar hingga akar-akarnya menyerang tulang.

Seseorang yang menderita kanker tulang akan mengalami gejala seperti;

1Rasa Nyeri pada Tulang

dietsehat.com

Ciri-ciri kanker tulang yang paling mudah dideteksi adalah rasa sakit yang berkepanjangan pada tulang belakang, utamanya bagian punggung dan leher disertai dengan gejala lainnya seperti rasa nyeri dan ngilu.

Rasa sakit tersebut tidak hanya berhenti pada bagian tulang belakang saja, tapi lambat laun menyebar ke bagian-bagian tubuh yang lain. Penyebaran tersebut dipengaruhi oleh tempat pertumbuhan abnormal.

Jika sel-sel kanker hanya menyebabkan iritasi dan peradangan kecil, maka rasa sakit pada umumnya hanya muncul di bagian belakang tubuh.

Namun jika syaraf ditekan oleh sel-sel kanker, maka rasa sakit akan menyebar ke bagian-bagian yang menjadi tempat penyebaran sel kanker tersebut.

2Demam Tinggi

solusisehatku.com

Penderita kanker tulang dapat mengalami demam tinggi, tubuh terasa menggigil, berkeringat di malam hari dan penurunan berat badan yang terus terjadi akibat massa tulang yang berkurang.

3Tubuh Mudah Lelah

health.kompas.com

Tubuh terasa tak mampu melakukan aktivitas, tidak dapat mengangkat suatu benda, sulit untuk berjalan, meraih atau menggenggam suatu benda. Gejala kanker tulang ini hampir sama dengan gejala pada penyakit stroke.

Sel-sel kanker yang menekan syaraf dengan sangat kuat, dapat membuat kemampuan seseorang dalam beraktifitas menurun. Hal tersebut disebabkan karena terjadinya gangguan terhadap tulang belakang terutama pada impuls-impulsnya.

Saat kanker memicu terjadinya peradangan besar, kemampuan otak dalam berkomunikasi dengan anggota tubuh yang lain tidak lagi dapat berjalan dengan maksimal, sehingga kaki terasa sulit untuk dipakai berjalan.

Tangan terasa kaku untuk dipakai berpegangan atau meraih sesuatu, dan gejala-gejala lainnya.

4Kurang Peka

jateng.tribunnews.com

Kepekaan yang semakin berkurang akbiat pengenduran saraf pusat, sehingga saraf pusat tidak mampu berkomunikasi dengan otak untuk merespon.

Sensasi sentuhan juga semakin melemah disebabkan peradangan, tekanan dan pengaruh kanker tulang belakang, karena syaraf pusat berada pada bagian sumsung tulang belakang.

Menurunnya kepekaan inilah maka penderita kanker tulang mulai sulit untuk dapat merasakan suhu yang panas atau dingin saat menyentuh sesuatu, sama halnya dengan menurunnya kemampuan otak saat berkomunikasi dengan anggota tubuh yang lain.

5Inkontinensia

health.kompas.com

Gejala ini disebabkan oleh adanya tekanan pada saraf tertentu, terutama pada tulang belakang yang bertugas sebagai pengontrol kinerja kandung kemih dan usus.

6Pembengkakan

healthool.com

Mungkin saja kamu mengalami rasa sakit di sekitar terjadinya kanker, dan mungkin akan menunjukkan pembengkakan pada tulang, benjolan atau ada sesuatu yang ada di dalamnya.

7Fraktur

rsjakarta.co.id

Sel kanker dapat melemahkan tulang, dan ini kadang-kadang menyebabkan patah tulang. Kerusakan tulang mungkin terjadi pada tulang yang sebelumnya terasa sakit.

8Lumpuh

jatimevent.com

Gejala akhir dari kanker tulang adala penderita akan mengalami kelumpuhan karena tulang atau massa tulang tidak mampu lagi menopang berat tubuh akibat pertumbuhan sel kanker yang semakin cepat dan mencederai saraf pusat.

SHARE