Kanker pada usus dapat muncul ketika pola makan mulai tidak sehat. Gaya hidup sehat adalah modal utama dalam menjaga kesehatan tubuh termasuk kesehatan usus. Ketika gaya hidup sehat mulai diabaikan, maka penyakit-penyakit kronis akan mulai mudah menyerang.

Kanker usus besar adalah jenis kanker yang menyerang usus besar atau bagian terakhir pada sistem pencernaan manusia. Penyakit ini dapat diidap oleh segala usia, meski 90 persen penderitanya berusia di atas 60 tahun.

Sebagian besar kasus kanker usus besar diawali dengan pembentukan gumpalan-gumpalan sel berukuran kecil yang disebut polip adenoma. Gumpalan ini kemudian menyebar secara tidak terkendali seiring waktu.

Baca juga: ciri-ciri usus buntu

Bicara soal kanker usus memang tidak lengkap apabila tidak membahas tentang gejala-gejalanya. Berikut adalah gejala kanker usus yang harus kamu tahu :

1Rasa Perih Ketika Buang Air Besar

www.youtube.com

Rasa sakit yang terjadi memang dikarenakan adanya gesekan antara permukaan dinding usus yang ditumbuhi kanker, dan tidak jarang pula mengeluarkan darah.

Apabila penyakit ini sudah masuk dalam tahap yang kronis, penderita akan mengalami kondisi tidak dapat buang air besar dalam waktu yang lama, dikarenakan jalur keluarnya kotoran tertutup oleh sel kanker yang semakin membesar.

2Anemia

www.glutenfreegigi.com

Akibat terlalu banyak darah yang keluar melalui tinja, tubuh pun berisiko mengalami anemia. Penderita kanker usus yang mengalami anemia akhirnya merasa lebih lemas dan warna kulit tubuh berubah pucat.

Anemia beda loh dengan amnesia! Hehehe.

3Berat Badan Bekurang

www.caraterbaru.asia

Penderita kanker usus akan mengalami penurunan berat badan yang drastis. Padahal penderita tidak sedang menjalani diet atau semacamnya. Tapi penyebab kanker usus ini juga ternyata adalah diet yang tidak sehat loh.

Diet memang ngga dilarang, tapi tetep harus perhatikan kesehatan ya.

4Perut Tidak Nyaman

jellygamattradisional.com

Gejala berikutnya seseorang positif terkena kanker usus adalah merasa tidak nyaman pada bagian perut. Sebab perasaan tidak nyaman tersebut diduga berasal dari sel kanker yang menginvasi tubuh.

Nyeri pada bagian perut ini biasanya terasa hingga bagian pangkal dubur. Memang cukup sulit untuk membedakan antara gejala kanker usus dengan gejala penyakit ambeien.

Secara garis besar kedua jenis penyakit sistem pencernaan ini disebabkan oleh terhalangnya jalur keluar kotoran.

Maka dari itu, ketika mendapati ciri-ciri susah buang air besar, sebaiknya kamu langsung menghubungi dokter, supaya jelas mengenai penyakit yang diderita.

5Sembelit

pondokibu.com

Sembelit merupakan ciri ciri kanker usus besar juga penyakit lainnya. Orang yang terkena sembelit pencernaannya terganggu.

Untuk kasus kanker usus, penyabab sembelit adalah tumor yang ada di usus besar sehingga menahan tinja yang akan dikeluarkan. Sembelit akan muncul ketika ukuran tumor sudah besar.

6Hilang Nafsu Makan

resep2masakan.info

Gejala yang dialami oleh penderita kanker usus biasanya juga adalah kehilangan nafsu makan tanpa sebab yang jelas. Kemungkinan karena suhu dan kondisi tubuh yang tidak normal sehingga berpengaruh pada nafsu makan.

7Kelelahan

pondokibu.com

Wajar saja sebenarnya kalau kamu kelelahan setelah beraktivitas. Tetapi jika rasa lelah itu disertai dengan gejala kanker usus yang lain, sebaiknya kamu mulai waspada. Sebab bisa jadi lelah yang kamu alami adalah efek dari anemia seperti yang sudah disebutkan.

Ada pepatah dulu mengatakan, mencegah akan lebih baik ketimbang mengobati. Dan cara pencegahan terhadap penyakit kanker usus adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat serta enzim.

Dengan begitu, usus akan bekerja tidak terlalu berat sehingga kemungkinan untuk terjangkit sebuah penyakit yang menyerang sistem pencernaan akan semakin kecil.

SHARE