Penyakit kolesterol merupakan penyakit yang sering dialami oleh sebagian besar penduduk Indonesia. Karena beberapa jenis makanan khas Indonesia yang memang banyak mengandung lemak dalam proses pengolahannya.

Kolesterol sendiri terdiri dari dua macam, yakni kolesterol baik atau HDL yaitu lipoprotein dengan jumlah kepadatan tinggi yang dapat mengangkat sel-sel dan kemudian kembali ke hati. Didalam hati kolestetrol kemudian dihancurkan dan dikeluarkan oleh tubuh melalui kotoran.

Sedangkan kolesterol jahat atau LDL yaitu lipoprotein dengan kepadatan rendah yang dapat mengangkat kolesterol dari hati menuju sel-sel yang membutuhkan.

Tapi jika jumlah kolesterol tersebut tinggi melebihi dari jumlah kebutuhan maka kolesterol tersebut akan mengendap pada arteri dan dapat menyumbat aliran darah. Yang tentu saja dapat membuat dampak yang negatif pada tubuh manusia.

Berikut adalah beberapa gejala yang muncul jika kolesterol dalam tubuh tinggi.

1Nyeri di Kaki

kiwiludinherbal.blogspot.com

Gejala ini merupakan gejala yang umum terjadi atau biasa disebut klaudikasino. Adalah merupakan rasa nyeri yang terasa pada bagian kaki dan menyebabkan rasa kurang nyaman. Hal ini terjadi karena adanya penyumbatan arteri sehingga aliran darah mengalami hambatan.

Rasa berat dan lelah pada saat beraktifitas adalah gejala yang sering dikeluhkan. Rasa sakit itu akan menyebar hingga seluruh bagian kaki terutama pada bagian betis dan paha.

Akan tetapi rasa nyeri ini akan hilang apabila digunakan untuk berjalan. Dan timbul kembali jika digunakan untuk berjalan terlalu lama.

2Kram di Malam Hari

karakteronline.blogspot.com

Pada malam hari umumnya orang yang menderita gangguan kolesterol tinggi akan merasakan kram pada bagian tumit, telapak kaki hingga jari jari kaki. Karena tersumbatnya aliran darah pada bagian kaki.

Selanjutnya rasa ini akan hilang apabila posisi kaki lebih tinggi dari badan kita. Biasanya dengan cara menyandarkan kaki ke dinding.

Dengan sedikit mengangkat kaki selama beberapa menit hingga kram pada telapak kaki terasa berkurang atau bahkan menghilang secara perlahan dalam posisi tetap berbaring.

3Kuku Berubah

nafisahnanas.wordpress.com

Gejala yang muncul selanjutnya adalah kuku berubah. Hal ini disebabkan kuku yang tidak mendapatkan asupan darah yang cukup karena sirkulasi aliran darah yang tidak lancar dan mengalami gangguan.

Perubahan pada kuku yang dimaksud adalah kuku yang terlihat semakin menebal dan tumbuh lebih lambat setelah dipotong.

4Cepat Mengantuk

isigood.com

Mengantuk merupakan tanda bahwa tubuh memerlukan istirahat dengan cara tidur. Akan tetapi hal ini juga merupakan pertanda jika jumlah kolesterol jahat dalam tubuh terlalu banyak sehingga mengakibatkan sumbatan aliran darah menuju otak.

Sumbatan yang terjadi pada pembuluh darah itulah yang membuat penderitanya sering mengantuk. Juga karena kurangnya pasokan oksigen dalam darah. Sehingga menurunkan tingkat konsentrasi pada otak.

5Benjolan Pada Beberapa Bagian

naturalhealthyteam.com

Keadaan yang sering terjadi apabila adanya penumpukan lemak dalam pembuluh arteri mengakibatkan terbentuknya benjolan yang terletak diantara otot dan kulit atau secara medis sering disebut dengan lipoma.

Benjolan ini biasanya sering muncul dibagian leher, tangan, perut dan kaki yang berbentuk kecil dan lembut. berdiameter sekitar satu inci, dan pusat tumor di bawah kulit.

6Diare

mcha-id.com

Normalnya hati dapat memproduksi kolesterol sesuai dengan kebutuhan tubuh. Tetapi pada kondisi tertentu hati tidak mampu mengenali kebutuhan tersebut sehingga mengalami masalah dalam memetabolisme lemak.

Dalam memetabolisme lemak, tubuh memiliki kemampuan menyerap sepertiga kebutuhan kolesterol dari makanan yang dikonsumsi. Hal ini menyebabkan si penderita mengalami diare selama beberapa waktu.