Kulit adalah bagian tubuh kita yang bisa dibilang sangat sensitif. Dan memang tak bisa dipungkiri bahwa kulit juga merupakan salah satu bagian tubuh yang bisa menunjang penampilan seseorang.

Kulit yang juga adalah indera penerima rangsang, akan menjadi perantara antara benda yang dipegang dengan informasi yang kemudian akan diterima oleh otak.

Nah, dengan letaknya yang memang di sebelah luar tubuh manusia, maka rentan sekali kulit bersentuhan dengan berbagai macam kotoran, virus, bakteri, dan penyakit.

Salah satunya adalah virus Herpes yang bisa menyebabkan penyakit kulit bernama Herpes. Nama virus ini adalah HSV-1 atau yang biasa disebut dengan Herpes Simpleks.

Virus ini akan menyerang ke tubuh manusia, dan bagi manusia yang memiliki daya tahan tubuh rendah atau sedang dalam kondisi kurang sehat, maka virus ini akan lebih mudah bekerja.

Hingga akhirnya, seseorang yang telah terinfeksi virus ini akan mengalami sakit yang bernama herpes.

Nah, untuk mewaspadai penyakit kulit yang satu ini, kamu perlu tahu beberapa gejala timbulnya herpes di kulitmu. Sehingga kamu bisa segera mengambil tindakan pengobatan agar tidak menjalar lebih luas.

Berikut adalah beberapa gejala dari penyakit herpes tersebut:

1Demam

obatpenyakitdemamkelenjar.wordpress.com

Seseorang yang telah terinfeksi virus HSV-1 Herpes Simpleks akan mengalami demam tinggi. Tepatnya pada hari ke delapan setelah virus mulai bekerja menginfeksi tubuh.

Demam kadang hanya demam biasa, namun ada juga yang disertai dengan keringat dingin juga, sehingga penderita akan menggigil.

Demam akan berangsur-angsur turun, namun sesungguhnya itu saat virus mulai bekerja lebih besar dan herpes bersiap untuk muncul di permukaan kulit.

2Pembengkakan Kelenjar

apa-nyadong.blogspot.com

Ketika seorang penderita telah turun panasnya atau demam mereda, maka virus akan semakin giat bekerja menginfeksi dalam tubuh si Penderita.

Kali ini virus akan menyerang kelenjar dalam tubuh, terutama sasarannya adalah kelenjar getah bening. Virus akan bekerja menginfeksinya.

Sehingga yang terjadi adalah, kelenjar akan membengkak dan terjadi pembengkakan baik di dalam maupun di luar bagian kulit.

3Kesemutan

minyak-ajaib.com

Saat virus sudah menginfeksi kelenjar, maka bisa dipastikan tempat itu adalah tempat munculnya luka herpes di kulit.

Nah, pada daerah itu nantinya akan terasa kesemutan atau agak nyeri. Ini menandakan bahwa virus herpes sedang ‘giat bekerja’.

4Kulit Melepuh

travelogusahawanmuslim.blogspot.com

Saat herpes sudah siap keluar, maka kulit akan berubah seperti sedikit melepuh, namun dalam ukuran kecil-kecil.

Yang mungkin akan sedikit membuat kamu jijik, kulitmu yang melepuh kecil-kecil ini akan menggelembung seperti di dalamnya ada cairan atau nanah.

Di pinggir lepuhan-lepuhan tersebut akan muncul warna merah atau gelap seperti gosong. Rasanya akan sangat panas dan nyeri di sekitar tempat munculnya herpes tersebut.

5Melebar dan Kering Seperti Luka

kiwilherbal.blogspot.com

Setelah muncul lepuhan-lepuhan kecil berisi cairan atau nanah, dan adanya warna kemerahan atau gelap gosong di sekitar lepuhan tersebut, maka selanjutnya luka akan kaku mengering.

Bukan berarti bahwa herpes akan segera sembuh, namun memang begitulah bentuk herpes yang telah menginfeksi kulitmu.

Masih akan terasa sakit, nyeri, atau panas walaupun wujudnya di kulit sudah seperti kering. Namun keringnya itu adalah kering kaku. Dan bisa jadi ketika sembuh, maka akan ada bekas pada kulitmu.

Biasanya jika virus herpes yang menginfeksi tubuh adalah virus tipe ‘agak’ lunak, di dukung dengan daya tubuh yang semakin dijaga kekuatannya, maka penyakit herpes tak akan bertahan lama.

Biasanya penyakit herpes kulit tipe simpleks ini hanya akan menyerang sekitar 7 sampai 10 hari. Paling cepat mungkin hanya 3 hari, namun memang ketika ada perawatan penyembuhan dengan segera.

SHARE