Pernahkah kamu tahu atau mendengar tentang Yayasan bagi para penderita penyakit lupus? Yayasan tersebut ada karena penyakit ini memang salah satu penyakit yang berbahaya.

Penyakit lupus bisa disetarakan dengan penyakit kanker yang mematikan. Jika penanganan terhadap pasien lupus tidak maksimal atau terlambat, nyawa pasien bisa melayang.

Kebanyakan memang para penderita lupus belum sadar bahwa dirinya mengidap penyakit ini. mereka baru menyadari setelah penyakit ini masuk dalam stadium lanjut.

Walau nama dari penyakit ini terlihat ramah dan menyenangkam, yaitu Lupus, namun jangan pernah kita sekali saja menyepelekan penyakit yang satu ini.

Atau kita akan menyesal selamanya.

Nah, berikut ini ada 4 ciri-ciri atau gejala ketika seseorang telah terjangkit penyakit lupus. Kamu perlu mengetahuinya sebagai usaha mewaspadai.

Karena penyakit ini bisa saja mengintaimu kapanpun, atau orang-orang tercinta di sekitarmu. Yuk simak ulasannya berikut ini!

1Gejala Awal

pondokibu.com

Gejala awal jika seseorang telah terjangkit penyakit lupus ini pada mulanya adalah rasa letih dan lemas berkepanjangan yang sering di rasakan pada tubuh.

Umumnya rasa tersebut akan semakin besar terasa nyeri pada bagian persendian.

Penderita akan merasa amat lemah dan tak kuat beraktivitas saat nyeri di persendian tubuh semakin besar.

Selain rasa lemah, penderita juga akan merasa cepat letih atau capek setelah beraktivitas. Dan ini terjadi tidak seperti biasanya.

Jika biasanya penderita mampu banyak melakukan aktivitas baru terasa lelah, saat lupus mulai menyerangnya, di tahap awal penderita akan mudah kelelahan walau hanya sedikit beraktivitas.

2Gangguan Makan

www.satujam.com

Pada tahap selanjutnya saat penyakit lupus mulai menginfeksi tubuh seseorang, penderita akan mulai mengalami gangguan makan.

Hal ini merupakan akibat dari berkurangnya nafsu makan dan gangguan pada pencernaan.

Biasanya penderita akan mulai sering sariawan di daerah mulut, dan ini terus terjadi. Setelah satu sariawan sembuh maka akan tumbuh sariawan baru.

Biasanya sariawannya juga tidak seperti sariawan biasanya yang kecil-kecil, ini sariawan yang muncul adalah sariawan yang biasanya amat sakit dan menyiksa.

Penderita juga akan mulai kehilangan nafsu makan, karena selain lambung terasa nyeri, biasanya penderita juga akan mengalami diare yang tak berkesudahan.

Jika sudah demikian, penderita akan semakin kurus dan demam tinggi yang selanjutnya akan datang tak akan segera reda atau sembuh. Membahayakan sekali!

3Anemia

ibu-hamil.web.id

Anemia sendiri jika diderita oleh seseorang dalam keadaan wajar, yang dengan kata lain bukan merupakan sebuah gejala penyakit tertentu, tetaplah sebuah penyakit yang berbahaya.

Penyakit ini dapat menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran, bahkan kecerdasan, karena memang anemia adalah penyakit kurangnya zat besi dalam darah.

Sedangkan kita semua tahu bahwa zat besi adalah sat paling penting dalam pembentukan sel darah merah.

Pada penderita lupus yang mulai menginjak stadium lanjut, sel-sel darah merah yang masih muda dan belum seharusnya mati akan pelan-pelan hancur.

Kehancuran sel-sel darah merah inilah yang menyebabkan seorang penderita lupus mengalami anemia berat.

4Gejala Pada Tahap Akhir

topikberitabaru.blogspot.com

Dan yang terakhir, sebuah kondisi gejala yang akan nampak pada seseorang yang menderita penyakit lupus adalah ketika kemudian di tubuh mulai muncul banyak tanda-tanda abnormal.

Tanda-tanda tersebut antara lain adalah munculnya ruam merah yang membentang pada pipi, membentuk seperti bentuk kupu-kupu.

Selain itu di berbagai tempat di tubuh, terutama di dekat persendian, akan muncul ruam-ruam gelap seperti lebam.

Biasanya jika penderita terkena sinar matahari, kulitnya akan berubah gosong menghitam. Itulah mengapa para penderita lupus sebisa mungkin dijauhkan dari cahaya matahari.

Nah, itulah tadi 4 gejala yang perlu kamu waspadai tentang penyakit lupus. Kamu harus tahu sejak dini, untuk dirimu sendiri atau orang-orang tercinta di sekitarmu.

Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati? Dan tentunya mewaspadai dini jauh lebih baik juga daripada menyesal karena terlambat menyadari.