www.penabiru.com

Gejala Penyakit Meningitis yang Harus Kamu Waspadai Mulai dari Sekarang

Posted on

Penyakit ini mungkin bagi beberapa orang masih terdengar asing. Namun bagi sebagian orang, terutama yang bergulat dengan medis, akan sangat hafal dengannya.

Olga Syahputra adalah salah satu manusia yang mengalami penyakit berbahaya yang satu ini. Bahkan pada akhirnya, aktor komedi tersebut menghembuskan nafas terakhirnya.

Meningitis atau radang selaput otak adalah sebuah penyakit yang bisa dikategorikan berbahaya, karena menyerang meninges atau selaput pelindung.

Selaput pelindung ini menyelimuti otak dan syaraf tulang belakang. Jika namanya saja selaput pelindung, maka sudah dipastikan bahwa tugas meninges adalah melindungi.

Namun bagaimana jika selaput pelindung tersebut kemudian terkena infeksi oleh virus atau bakteri? Maka yang terjadi adalah, apa yang dia lindungi akan ikut terinfeksi.

Dan jika otak serta syaraf tulang belakang, yang merupakan bagian vital manusia, ikut terinfeksi, maka manusia akan mengalami kelumpuhan bahkan kematian.

Nah, jika kamu ketakutan karena membaca sekilas tentang meningitis tersebut, ada baiknya kamu tahu gejala-gejala dari penyakit yang satu ini, agar kamu bisa lebih waspada.

Sakit Kepala Tak Tertahankan

www.gilasport.com

Tanda-tanda yang sering muncul di awal seseorang terkena meningitis adalah sakit kepala yang tak tertahankan.

Biasanya ini terjadi kepada para penderita meningitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau biasa dikenal dengan nama meningitis bakterial.

Pada kondisi ini, seseorang akan merasakan nyeri kepala yang lebih sakit daripada biasanya. Hal tersebut terjadi karena bakteri mulai bekerja menginfeksi meninges.

Kaku Leher

majalahembun.com

Pada kasus yang terjadi akibat meningitis bakterial, setelah sakit kepala yang hebat, seseorang akan merasakan kaku kuduk.

Yaitu kondisi kaku leher, dimana penderita sulit menggerakkan leher ke depan atau belakang, bahkan ke samping kanan kiri.

Hal ini terjadi karena adanya peningkatan tanus otot leher, sehingga terjadi kekakuan. Kaku kuduk ini 70% biasanya dialami oleh penderita usia dewasa.

Demam Tinggi

obatpenyakitdemamkelenjar.files.wordpress.com

Pada penderita meningitis, gejala yangs ering nampak menonjol adalah naiknya suhu tubuh, atau yang biasa disebut kondisi demam.

Tak tanggung-tanggung, demam yang dialami penderita bisa dikatakan sangat tinggi.

Bahkan suhu tubuh penderita yang sudah sampai tahap tak sadarkan diri bisa mencapai 40 derajat Celcius ke atas.

Demam tinggi ini biasanya datang sangat cepat dan mendadak, membuat penderita tak sadarkan diri dan berhalusinasi sendiri.

Fotofobia dan Fonofobia

i.vimeocdn.com

Gejala ini biasanya sering terjadi pada penderita meningitis usia anak-anak.

Penderita akan mengalami ketakutan saat berdekatan dengan cahaya atau suara apapun. Biasanya karena tidak nyaman, mereka akan rewel.

Namun kondisi ini biasanya sekitar 40-46% dialami oleh penderita meningitis pada jenis bakterial.

Nyeri Kaki

i.ytimg.com

Selain kaku di leher, penderita meningitis juga akan merasakan nyeri luar biasa pada kakinya.

Nyeri ini terasa berbeda karena memang bukan nyeri biasa. Namun biasanya, kebanyakan gejala ini akan dialami oleh penderita usia anak-anak atau balita.

Kaki dan Tangan Dingin Sekali

fobzy.t2b.click

Gejala ini juga biasanya dialami pada penderita meningitis usia anak-anak atau balita.

Namun tak menutup kemungkinan bahwa penderita usia dewasa pun bisa juga mengalaminya.

Yang dirasakan oleh penderita saat itu adalah tangan dan kaki yang menjadi dingin sekali tanpa sebab.

Bahkan mungkin jika suhu ruang tak menunjukkan tanda-tanda berubah menjadi dingin sama sekali.

Tak Sadarkan Diri

teseeede.blogspot.com

Ini adalah kondisi final dari seorang penderita meningitis, baik usia balita, anak-anak, maupun dewasa.

Penderita yang sudah parah akan mengalami gejala akhir dari penyakit ini, yaitu tak sadarkan diri, atau lumpuh total, atau biasanya disebut koma.

Itulah beberapa gejala yang sering ditemui pada para penderita meningitis.

Untuk menghindari penyakit tersebut dan bahkan penyakit-penyakit apapun lainnya, tetaplah konsisten menjaga pola hidup dan makan yang sehat.

Karena jika penyakit sudah datang, kita sendiri yang akan merasa rugi.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *