Biasanya ketika akan mengahadapi ujian, tes wawancara kerja, presentasi, atau mendekati deadline seseorang merasa gugup.

Rasa gugup tersebut ditandai dengan gejala-gejala fisik tertentu seperti mual, sakit kepala, atau tiba-tiba terasa pegal-pegal.

Akan tetapi biasanya beberapa gejala tersebut akan hilang dengan sendirinya begitu peristiwa itu telah dilalui dan berakhir.

Apakah kamu pernah mengalami gejala fisik seperti di atas? Tapi setelah kamu memeriksakan diri ke dokter, ternyata tidak terdapat permasalahan secara biologis.

Bahkan gejala-gejala tersebut berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Nah, dalam hal ini kamu perlu wasapada.

Kemungkinan hal itu bisa disebabkan oleh masalah psikis. Adalah psikosomatis, sebuah gangguan yang ditandai dengan munculnya penyakit fisik yang disebabkan oleh faktor psikologis.

Penyebab dari penyakit fisik ini berasal dari faktor mental atau kondisi kejiwaan antara lain stres, pikiran negatif, depresi, trauma, dan lain-lain.

Faktor mental tersebut dapat memunculkan dampak pada masalah fisik seseorang atau disebut psikosomatis. Berikut beberapa gejala psikosomatis.

1Permasalahan Perut

herbaneka.com

Apakah kamu pernah mengalai mual dan muntah? Atau diare dalam waktu cukup lama? Padahal setelah diperiksakan ke dokter tidak ditemukan masalh yang serius.

Pola makanmu dirasa juga sudah cukup sehat, lantas kenapa mengalami sakit seperti itu? Ini dapat ditandai sebagai psikosomatis. Kamu tentu dapat merasakan dirimu sendiri.

Bisa jadi kamu tengah mengalami pikiran berat hingga depresi. Hal ini tentu akan berdampak pada kondisi fisikmu. Mulai dari kehilangan nafsu makan hingga mudah sakit seperti di atas.

2Sakit Kepala

surabaya.wartakesehatan.com

Saat kamu merasakan perasaan cemas yang berlebih, tiba-tiba kepalamu terasa sakit atau pusing. Ya, gejala sakit kepala ini dapat disebabkan oleh pikiran negatif atau kecemasan yang berlebih.

Lagi, faktor mental ternyata berdampak pada masalah kesehatan fisik.

3Kesulitan Bernapas

recipes9.com

Kamu juga akan mengalami kesulitan bernapas, hal ini dapat disebabkan oleh rasa panik.

4Jantung Berdegup Kencang dan Nyeri Dada

penyakitjantungnya.blogspot.co.id

Tiba-tiba kamu sering mengalami sakit di dada semacam rasa nyeri. Padahal kamu tak biasanya dulu seperti itu. Dan jantungmu sering berdebar-debar tanpa sebab yang jelas.

Hal ini biasanya disebabkan oleh rasa cemas dan panik dalam diri. Ketika seseorang memiliki emosi negatif seperti itu, maka aktivitas implus saraf di otak akan meningkat.

Ia kemudian mengirimkan implus tersebut ke berbagai bagian tubuh dan meningkatkan pelepasan hormon adrenalin ke dalam aliran darah, sehingga detak jantung menjadi lebih cepat.

5Pusing dan Berkeringat

klinikpakualaman.blogspot.com

Gejala psikosomatis lainnya adalah pusing dan berkeringat. Apakah kamu pernah mengalami hal demikian?

Ketika kamu sedang mengalami masalah berat kondisi mentalmu mungkin sedikit terganggu seperti mengalami rasa cemas dan takut. Hal ini bisa menyebabkan pada masalah fisikmu.

6Sulit Konsentrasi, Mengantuk, dan Pelupa

www.tropicanaslim.com

Bagi seorang pekera keras, rasa capek adalah makanan sehari-hari yang mungkin kamu rasakan.

Ketika seseorang mengalami kelelahan yang luar biasa terutama pada pikiran maka dapat menyebakan seseorang itu sulit konsentrasi.

Selain itu ia mudah meengantuk bahkan pelupa.

Itulah beberapa gangguan psikosomatis. Ternyata pikiran atau mental kita dapat mempengaruhi kondisi fisik. Pikiran kita mempengaruhi tubuh kita.

Maka dari itu sebaiknya kita senantiasa berpikir positif dan lebih tenang dalam mengahadapi masalah.