Penyakit tipes adalah sebuah penyakit yang menyerang pencernaan manusia. Seringkali manusia yang mengalami penyakit tipes akan mengalami beberapa gejala yang sangat menyakitkan.

Gejala-gejala yang dialami tersebut membuat si Penderita kehilangan nafsu makan dan kesempatan beraktivitas karena tubuh yang sakit membuat seseorang menjadi lemas.

Banyak dari penderita mengalami sakit ini dikarenakan oleh beberapa penyebab, antara lain kecapekan, pola makan tidak sehat dan tidak teratur, pola hidup yang buruk, serta kondisi stres.

Jika seseorang dalam kondisi kelelahan atau kecapekan, kondisi atau imun tubuh akan melemah, sehingga bakteri dan virus penyakit bisa menyerang.

Didukung dengan pola makan yang tidak sehat, seperti makanan yang tidak bergizi, dan seringnya jadwal makan yang tidak teratur, membuat tipes bisa menyerang seseorang kapanpun.

Nah, berikut ini adalah 5 gejala tipes yang harus kamu ketahui, agar kamu bisa mengambil tindakan terapi atau penyembuhan sesegera mungkin. Yuk simak!

1Demam

mencegahpenyakit.com

Seseorang yang menderita tipes pada awal mula akan mengalami gejala pertama berupa suhu tubuh yang naik drastis atau disebut demam.

Demam ini terjadi karena penyakit tipes tersebut sudah mulai masuk menyerang sistem imun atau pertahanan tubuh.

Selain demam, penderita juga akan mengalami kedinginan, menggigil namun keluar keringat yang membanjir. Sebutan lainnya adalah keringat dingin.

Demam pada penderita tipes biasanya terjadi pada malam hari. Suhu tubuh naik menjadi sekitar 39-40 derajat Celcius.

Namun yang aneh, pada siang hari demam ini akan menurun dratis dan akan naik lagi pada malam hari. Gejala ini akan terus berlangsung selama sekitar 2 pekan.

2Tidak Nafsu Makan

merries.co.id

Gejala selanjutnya yang akan dialami oleh seorang penderita tipes pada awal mula selain demam adalah tidak nafsu makan.

Kondisi tidak nafsu makan ini disebabkan oleh pencernaan yang mulai terganggu, mulut yang pahit, dan tubuh yang lemas.

Jika dibiarkan terlalu lama dalam kondisi ini, penderita tipes akan mengalami kerusakan pada organ pencernaan dan berat badan semakin menurun.

Kerusakan organ pencernaan karena jadwal makan yang semakin tidak teratur akibat tidak nafsu makan, padahal seharusnya organ pencernaan harus bekerja secara teratur.

Selain berat badan semakin turun, kondisi tidak nafsu makan juga akan membuat penderita tipes menjadi semakin lemah karena tidak adanya asupan gizi bagi tubuh.

3Bibir Pecah-pecah

kecantikan.tips

Kondisi kekurangan nutrisi dan cairan karena terserang penyakit tipes akan membuat seorang penderita mengalami bibir pecah-pecah dan kondisi mulut yang sangat kering.

Selain itu, penderita tipes juga akan sering terkena beberapa penyakit mulut, seperti lidah yang berubah menjadi putih, atau adanya luka pada gusi yang disebut sariawan.

Hal lain yang akan menjadi gejala tipes pada seorang penderitanya adalah gangguan atau peradangan pada tenggorokan dan bau mulut tidak sedap.

4Nyeri Otot

infobacan.com

Pada penderita tipes, gejala yang juga akan mengiringinya adalah nyeri dan ngilu yang kadang terasa sangat menyengat pada otot dan persendian.

Selain nyeri otot dan persendian, seorang penderita tipes juga akan mengalami gejala seperti pusing dan sakit kepala, serta tubuh yang terasa amat berat untuk digerakkan.

Jika sudah mencapai tahap ini, kamu harus segera mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit, agar kondisimu tidak semakin melemah dan tipesnya segera bisa ditangani.

5Diare atau Sulit BAB

bahanalami.com

Dan gejala terakhir yang menandai seseorang telah terserang penyakit tipes adalah ketika penderita tersebut mengalami diare atau justru kebalikannya malah susah BAB.

Bagian perut juga akan terasa sangat sakit dan perih karena limfa dan hati yang telah semakin membengkak.

Nah, itulah tadi gejala penyakit tipes yang harus kamu waspadai. Karena penyakit ini bisa menyerang siapapun dari berbagai usia dan kapanpun.

Sebelum penyakit ini menyerang, ada baiknya kamu dan keluarga mulai melakukan pencegahan dengan makan yang teratur, serta melakukan pola hidup yang sehat.

6Komplikasi Tipes

tanyabidan.com

Tipes pada minggu ke empat justru akan membuat penderita merasa lebih baik. Pada masa ini biasanya penderita tidak akan merasa demam dan tubuh terlihat lebih bugar.

Tapi pada fase ini justru ada bahaya yang mengancam. Pada minggu ke enam kondisi tubuh akan kembali seperti tipes pada minggu pertama dan komplikasi bisa menjadi lebih parah.

Penyakit tipes yang tidak diobati bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi yang sangat berbahaya. Bahkan pada kondisi yang lanjut bisa menyebabkan kematian.

Infeksi bakteri pada bagian usus bisa menyebar ke organ lain sehingga sulit untuk diobati dengan cepat.

Komplikasi yang paling banyak ditemukan adalah perforasi atau lubang pada bagian usus. Komplikasi biasanya terjadi pada tahap tipes masuk minggu ke tiga.

Gejala yang bisa ditemukan jika sudah terjadi perforasi adalah seperti tekanan darah yang terus mengalami penurunan dan pendarahan pada tinja. Selain itu penderita juga akan merasa mual, muntah dan pendarahan.

Miokarditis. Kondisi ini menyebabkan munculnya peradangan pada bagian otot jantung sehingga penderita merasa sulit untuk bernafas, nyeri yang berlebihan pada dada.

Pada tahap ini perawatan harus dilakukan secara intensif dan perawatan juga dilakukan untuk infeksi jantung.

Komplikasi lain yang sangat jarang ditemukan adalah termasuk radang paru-paru, infeksi pada ginjal, radang selaput otak dan gangguan halusinasi.

7Sejarah Penyakit Tipes

wikihow.com

Penyakit Typhus atau Demam Tifoid (bahasa Inggris: Typhoid fever) yang biasa juga disebut typhus atau types dalam bahasa Indonesianya, merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica.

Khususnya turunannya yaitu Salmonella Typhi terutama menyerang bagian saluran pencernaan. Demam tifoid adalah penyakit infeksi akut yang selalu ada di masyarakat (endemik) di Indonesia, mulai dari usia balita, anak-anak dan dewasa.

Menurut keterangan dr. Arlin Algerina, SpA, dari RS Internasional Bintaro, Di Indonesia, diperkirakan antara 800 – 100.000 orang terkena penyakit tifus atau demam tifoid sepanjang tahun.

Demam ini terutama muncul di musim kemarau dan konon anak perempuan lebih sering terserang, peningkatan kasus saat ini terjadi pada usia dibawah 5 tahun.

8Cara Penularan Typhus (Tifoid)

jateng.tribunnews.com

Penyakit demam Tifoid ini bisa menyerang saat kuman tersebut masuk melalui makanan atau minuman, sehingga terjadi infeksi saluran pencernaan yaitu usus halus.

Dan melalui peredaran darah, kuman sampai di organ tubuh terutama hati dan limpa. Ia kemudian berkembang biak dalam hati dan limpa yang menyebabkan rasa nyeri saat diraba.

Diagnosa Penyakit Demam Typhus (Tifoid) Untuk ke akuratan dalam penegakan diagnosa penyakit, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan laboratorium diantaranya pemeriksaan darah tepi, pemeriksaan Widal dan biakan empedu.

Pemeriksaan darah tepi merupakan pemeriksaan sederhana yang mudah dilakukan di laboratorium sederhana untuk membuat diagnosa cepat. Akan ada gambaran jumlah darah putih yang berkurang (lekopenia), jumlah limfosis yang meningkat dan eosinofilia.

Pemeriksaan Widal adalah pemeriksaan darah untuk menemukan zat anti terhadap kuman tifus. Widal positif kalau titer O 1/200 atau lebih dan atau menunjukkan kenaikan progresif.

Diagnosa demam Tifoid pasti positif bila dilakukan biakan empedu dengan ditemukannya kuman Salmonella typhosa dalam darah waktu minggu pertama dan kemudian sering ditemukan dalam urine dan faeces.

Sampel darah yang positif dibuat untuk menegakkan diagnosa pasti. Sample urine dan faeces dua kali berturut-turut digunakan untuk menentukan bahwa penderita telah benar-benar sembuh dan bukan pembawa kuman (carrier).

Sedangkan untuk memastikan apakah penyakit yang diderita pasien adalah penyakit lain maka perlu ada diagnosa banding.

Bila terdapat demam lebih dari lima hari, dokter akan memikirkan kemungkinan selain demam tifoid yaitu penyakit infeksi lain seperti Paratifoid A, B dan C, demam berdarah (Dengue fever), influenza, malaria, TBC (Tuberculosis), dan infeksi paru (Pneumonia).

9Penyebab Penyakit Tipes yang Harus dihindari

isroi.com

Penyakit tipes menjadi sebuah penyakit yang sudah biasa dan sering terjadi di negara-negara berkembang dan sulit ditemukan di negara-negara maju.

Manusia juga bisa menjadi pembawa penyakit tipes melalui kotoran-kotoran yang bertahun-tahun tidak terbuang. Bakteri penyebab sakit tipes ini mudah sekali untuk berkembang dan masuk kedalam tubuh manusia.

Maka dari itu jika kamu tidak ingin terkena penayit tipes sebaiknya jagalah kesehatan dan pola makanmu. Berusahalah untuk mewajibkan diri mengenali gejala, ciri-ciri dan penyebab tipes karena ini menjadi hal yang sangat penting

Ketika kamu tahu gejala tipes dan ciri-cirinya kamu bisa segera tanggap untuk menanganinya dan jika kamu tau apa penyebabnya kamu juga bisa menghindari hal tersebut.

Bakteri penyebab penyakit tifus sudah sering menyerang banyak manusia, hampir ada 2,5 juta jiwa yang menderita penyakit tipes dalam setiap tahunnya.

Penyakit tipes banyak sekali ditemui di negara – negara berkembang karena bakteri penyebab penyakit tipes ini merupakan bakteri yang mudah masuk dalam tubuh kamu melalui kebersihan lingkungan kamu.

Jika lingkungan tempat tinggal kamu kumuh, dan kamu mencuci segala peralatan makanmu menggunakan air tidak bersih atau yang tercemar limbah,

bisa menyebabkan bakteri ini semakin mudah untuk masuk kedalam tubuh dan menyebabkan adanya penyakit tipes pada diri kamu. Jadi sebaiknya jaga kebersihan lingkungan kamu.

Namun apakah penyebab penyakit tipus ini bisa dihindari? Sebenarnya bisa dan sangat mudah. Kamu cukup mempunyai hidup yang sehat dan menjaga pola makan kamu.

Serta tidak sembarangan dalam membersihkan barang apa saja yang berhubungan dengan aktifitas makan dan minum.

Olahraga juga menjadi hal yang sangat penting agar penyakit ini tidak masuk dalam tubuh kamu, karena melalui olahraga kamu bisa membuat kekebalan tubuh kamu semakin bagus.

Jika kekebalan tubuh kamu sudah sangat bagus, maka segala macam penyakit tidak akan bisa masuk begitu saja dalam tubuh kamu.

Penyakit tipes atau dahulu sering sekali disebut dengan penyakit kuning bisa juga dengan nama Hepatitis A ini memiliki faktor penyebab yaitu dengan adanya penyebaran bakteri Salmonella typhi yang masuk dalam tubuh kamu dan mempengaruhi kinerja organ tubuh lainnya.

Faktor penyebab terbanyak memang dikarenakan pencucian alat makan dan minum yang tidak bersih. Meskipun dianggap penyakit yang sering ada di negara berkembang namun penyakit tipes merupakan salah satu penyakit yang berbahaya.

Jika tidak segera mendapatkan pertolongan dan hanya dibiarkan dengan obat – obat biasa maka bisa saja mengakibatkan kematian.

Untuk itu mari menjaga kesehatan tubuh kita sendiri. Rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat adalah cara awal untu mecegah semua penyakit masuk dalam tubuh kita.

Dan kebersihan lingkungan juga harus kita jaga karena banyak sekali bakteri – bakteri yang bisa menyebabkan sakit berkeliaran dilingkungan kita.

Banyak mengkonsumsi buah, sayur dan juga susu akan membantu kamu untuk memperkuat daya tahan tubuh kamu. Makanan-makanan sehat yang mengandung banyak Vitamin, protein, mineral, dan yang lainnya lah yang sangat dibutuhkan untuk tubuh kita.

10Perawatan dan Pengobatan Typhus (Tifoid)

mencegahpenyakit.com

Perawatan dan pengobatan terhadap penderita penyakit demam Tifoid atau types bertujuan menghentikan invasi kuman, memperpendek perjalanan penyakit, mencegah terjadinya komplikasi, serta mencegah agar tak kambuh kembali.

Pengobatan penyakit tifus dilakukan dengan jalan mengisolasi penderita dan melakukan desinfeksi pakaian, faeces dan urine untuk mencegah penularan.

Pasien harus berbaring di tempat tidur selama tiga hari hingga panas turun, kemudian baru boleh duduk, berdiri dan berjalan. Selain obat-obatan yang diberikan untuk mengurangi gejala yang timbul seperti demam dan rasa pusing (Paracetamol).

Untuk anak dengan demam tifoid maka pilihan antibiotika yang utama adalah kloramfenikol selama 10 hari dan diharapkan terjadi pemberantasan/eradikasi kuman serta waktu perawatan dipersingkat.

Namun beberapa dokter ada yang memilih obat antibiotika lain seperti ampicillin, trimethoprim-sulfamethoxazole, kotrimoksazol, sefalosporin, dan ciprofloxacin sesuai kondisi pasien. Demam berlebihan menyebabkan penderita harus dirawat dan diberikan cairan Infus.

Penyakit tipes adalah satu infeksi bakteri yang ditkamui oleh beberapa macam penyakit seperti sakit diare, penyakit sistematik atau juga ruam yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Salmonella typhi.

Penyebab sakit tipes dikerenakan bakteri Salmonella Typhi tersebut masuk ke tubuh melalui makanan – makanan atau minuman yang sudag terkontaminasi.

Jika kamu makan atau minum ditempat yang sembarangan dan tidak tau kehigenisannya maka kamu bisa saja terkena bakteri tersebut.

Apabila bakteri tersebut sudah masuk dalam tubuh kemudian menuju ke usus dan ke aliran darah, bakteri tersebut juga akan berjalan ke limfa hati, ginjal, paru – paru dan juga bagian tubuh lainnya yang bisa membuat kamu sakit tipes.

11Faktor Resiko Typhoid (Tipes)

kesehatan96.blogspot.com

Penyakit ini paling banyak terjadi di negara-negara seperti India, Asia Tenggara, Afrika, Amerika Selatan. Tipus paling sering terjadi pada anak-anak.

Gejala yang mereka alami biasanya lebih ringan dibandingkan orang dewasa. Meski berada pada daerah yang jarang terjadi tipus, virus ini dapat saja tetap menghinggapi tubuh manusia.

Maka, tipus bisa muncul sebab bekerja atau bepergian ke daerah dengan wabah tipus, bekerja sebagai peneliti mikrobiologi yang mengamati bakteri Salmonella typhi, berinteraksi langsung dengan penderita tipus atau baru saja selesai menderita tipus.

Lemahnya sistem kekebalan tubuh akibat obat tertentu seperti kortikosteroidatau penyakit seperti HIV/AIDS, minuman yang kamu minum sudah terkontaminasi bakteri Salmonella typhi

12Pencegahan Typhoid (Tipes)

plus.google.com

Pemberian vaksin masih dianggap cara terbaik untuk mencegah terjadinya tipus. Biasanya pemberian vaksin dilakukan sebanyak dua kali. Vaksin pertama diberikan sebanyak satu dosis, dan sisanya diberikan melalui mulut setelah beberapa hari.

Vaksin tidak melindungi seseorang 100 persen dari tipus, karena sifat vaksin yang akan berkurang keefektivitasannya dari waktu ke waktu.

Jika Kamu sedang berada dalam daerah yang berkembang virus tipus, sebaiknya mencuci tangan secara benar dan teratur, hindari mengonsumsi minuman yang tidak jelas kebersihannya, hindari buah dan sayuran mentah

Pastikan makanan yang kamu konsumsi panas atau hangat dan baru saja dimasak.
Sedangkan jika kamu baru saja terpapar virus penyakit ini, hendaknya kamu mencuci tangan dengan lebih sering. Gunakan air hangat, dan sabun terutama sebelum menikmati makanan.

Bersihkan peralatan rumah tangga Kamu seperti wc, gagang pintu, telepon, dsb. Hindari untuk bertanggungjawab terhadap penyediaan makanan.

Pastikan dirimu mendapat persetujuan dari dokter untuk boleh melakukan sentuhan terhadap makanan yang disajikan untuk orang lain.

Gunakan peralatanmu sendiri, dan pastikan seluruhnya bersih dan terawat sehingga tidak menyebarkannya kepada orang lain.

13Cara Mencegah Tipes

ilmu-mania.blogspot.com

Tipes menjadi panyakit yang sangat umum, namun penyakit ini bisa dicegah dengan berbagai macam langkah. Berikut ini adalah cara yang paling efektif untuk mencegah tipes.

Biasakan mengkonsumsi makanan yang sehat dan diolah dari bahan –bahan yang sehat.
Perhatikan kondisi air minum dan makanan untuk kehidupan sehari-hari.

Jika Kamu memiliki aktivitas pekerjaan yang sangat sibuk maka seimbangkan dengan kebutuhan nutrisi sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Hindari konsumsi sayur dan buah-buahan yang tidak dicuci. Hindari makanan yang sudah disimpan lama di mesin pendingin maupun di ruang terbuka.

Perhatikan makanan agar tidak terkena lalat atau potensi kotoran yang lain. Selalu perhatikan gaya hidup yang bersih seperti mencuci buah sebelum dimakan, mencuci tangan sesering mungkin dan hindari konsumsi makanan yang tidak sehat.

14Tips Pemulihan untuk Tipes

produkwish.com

Penderita yang sudah mendapatkan perawatan biasanya tidak mendapatkan kesehatan seperti semula dalam waktu yang ceppat.

Untuk mengatasi hal ini maka bisa dilakukan perawatan rumahan untuk mempercepat proses pemulihan. Berikut ini adalah perawatan untuk pemulihan tipes.

Konsumsi air dalam jumlah yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Air juga membantu tubuh agar kembali mendapatkan stamina dan lebih cepat sehat seperti semula.

Hindari konsumsi makanan yang mengandung cabai, bahan tambahan dan berbagai makanan dari santan. Makanan ini bisa membuat kondisi usus yang terkena tipes menjadi lebih buruk.

Konsumsi bubur yang dicampur dengan sayuran atau lauk lain sehingga nutrisinya lebih mudah diserap oleh tubuh.

Hindari minuman alkohol dan semua jenis minuman yang mengandung kafein agar tubuh lebih sehat. Hindari konsumsi susu dan semua jenis produk susu karena usus masih sangat sensitif.

15Obat Tradisional untuk Tipes

kesehatanaz.com

Banyak obat alami yang telah ditemukan dan manfaatkan sejak dulu yang kini juga dimanfaatkan sebagai komposisi dalam pembuatan obat modern.

Tidak ada salahnya jika kamu memanfaatkan obat alami tersebut secara langsung, salah satunya untuk mengobati tipes.

Cacing Tanah merupakan salah satu obat sakit tipes yang paling ampuh. Jika kamu merasa jijik dengan cacing, kamu bisa langsung melompat ke poin berikutnya. Pengobatan tipes dengan cacing tanah telah dibuktikan secara klinik dan juga melalui penelitian.

Meskipun terlihat sepele, sebenarnya cacing tanah banyak manfaatnya untuk kesehatan, selain untuk mengobati tipes juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati demam, cacar, gangguan kemih, dan lain sebagainya.

Cacing tanah ini bisa didapatkan dari kebun, biasanya lebih mudah dicari pada malam hari. Ambil beberapa cacing tanah, sekitar 10 buah. Bersihkan dengan air, usahakan juga buang isi perutnya.

Cara memasaknya ada 2 macam, dengan direbus selama 10 menit kemudian setelah suhu turun menjadi cukup hangat baru dikonsumsi (jangan tunggu dingin karena airnya akan terasa lengket) dan yang kedua adalah dengan dipanggang tanpa minyak.

Lalu campurkan ke dalam air putih dan minum. Bisa juga langsung dimakan tanpa dicampur minuman, cacing tanah sendiri tidak ada rasanya. Resep ini untuk 3x minum/makan dalam sehari.

Obat sakit tipes alami berikutnya adalah cengkeh. Sebagai bumbu masakan, cengkeh bisa dengan mudah dicari di pasar-pasar tradisional ataupun di supermarket. Pemanfaatannya untuk mengobati penyakit tipes adalah dengan cara direbus.

Untuk penyajian 1 hari, cukup 8 batang cengkeh direbus ke dalam 8 gelas air. Biarkan mendidih dan menguap hingga tersisa setengahnya. Diminum sedikit demi sedikit dalam rentang satu hari. Lakukan hal ini selama beberapa hari hingga kondisi membaik.

Selain dimanfaatkan untuk bumbu masakan, bawang putih dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk salah satunya sebagai obat penyakit tipes.

Kemampuan bawang putih untuk mengatasi bakteri sangat berguna untuk melawan Salmonella Typhi, bakteri penyebab sakit tipes.

Bawang putih juga dikenal dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh, sehingga juga dapat mempercepat penyembuhan dari penyakit ini.

Untuk mengobati tipes, makan 2 siung bawang putih setelah makan, lakukan sekitar 3x sehari selama beberapa sehari secara teratur.

Obat sakit tipes tradisional yang pertama bisa dibuat menggunakan bahan alami buah sawo muda. Jika biasanya kamu lebih suka menikmati sawo yang matang, buah sawo yang masih muda ternyata bisa digunakan untuk mengobati sakit tipes.

Sebelum mulai membuat obat tradisionalnya, siapkan dulu lima buah sawo muda yang sudah dicuci sampai bersih. Setelah itu parut buah sawonya sampai benar-benar halus.

Kemudian peras parutan sawonya dengan campuran air matang. Untuk penggunaannya, anak-anak bisa minum satu kali sehari selama dua hari. Sedangkan untuk orang dewasa, takarannya satu kali sehari selama empat hari.

Selama ini mentimun mungkin lebih dikenal sebagai obat tekanan darah tinggi atau hipertensi. Namun siapa sangka, kalau makanan sehat yang biasa dijadikan menu lalapan ini juga bisa menjadi obat sakit tipes.

Dengan bahan alami ini kamu bisa membuat ramuan tradisional yang bisa dikonsumsi selama beberapa hari. Sebelumnya persiapkan dulu dua buah timun segar yang sudah diparut sampai lembut.

Kemudian peras parutan timunnya, dan saring airnya. Untuk obat alami penyakit tipes yang satu ini bisa diminum tiga kali dalam sehari oleh orang dewasa dan anak-anak. Minum obat tradisional ini secara rutin sampai demam turun.

Selain bisa dijadikan bumbu dapur, kunyit ternyata bisa juga menjadi obat sakit tipes yang cukup manjur. Bahkan kunyit juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

Cara pembuatan ramuan tradisional dari bumbu dapur kunyit ini juga tidak sulit. Adapun yang sebelumnya harus kamu siapkan adalah dua ruas jari kunyit, 20 lembar daun pegagan dan 11 lembar daun sambiloto.

Pertama cuci kunyitnya sampai bersih, lalu iris tipis-tipis. Begitu pula dengan daun pegagan dan daun sambilotonya, cuci sampai bersih.

Rebus semua bahan-bahan tersebut dengan empat gelas air sampai mendidih menjadi tiga gelas air. Minum ramuan ini sebanyak tiga kali sehari sampai sembuh.

Buah pepaya mengandung serat tinggi dan sangat baik untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan. Selain rasanya yang manis, ternyata buah yang dagingnya berwarna oranye ini juga bisa dijadikan obat sakit tipes.

Bahan yang diperlukan adalah pepaya muda atau yang masih setengah matang. Parut daging buahnya sampai halus, lalu peras dan ambil airnya. Konsumsi ramuan tradisional ini setiap hari sampai gejala sakit tipes yang kamu rasakan mulai menghilang.

Tapi jangan lupa juga untuk tetap mengontrol kondisimu ke dokter untuk mengetahui apakah kondisimu sudah membaik atau belum.

SHARE