Masyarakat modern tidak bisa dilepaskan dari namanya listrik. Semua peralatan pribadi maupun rumah tangga adalah alat elektronik yang seluruhnya menggunakan listrik.

Dari alat dapur seperti kompor dan penanak nasi menggunakan listrik, penerangan rumah, pendingin ruangan, bahkan obat nyamuk saja pakai yang namanya listrik. Apalagi di zaman ini orang menganggap handphone dan gadget sebagai setengah nyawanya.

Nggak kebayang kalau aliran listrik sampai padam dalam waktu lama, katanya itu seperti peradaban yang berhenti untuk sementara. Hhmm, kesannya berlebihan ya? Tapi memang faktanya nggak jauh dari itu.

Membengkaknya pemakaian listrik juga mengakibatkan borosnya konsumsi energi di Indonesia. Soalnya, banyak pembangkit listrik di Indonesia yang masih menggunakan BBM. Jangan heran jika tarif dasar listrik terus melonjak tapi listrik juga sering padam.

Kondisi seperti ini harus dipikirkan energi alternatif untuk kebutuhan listrik terutama yang langsung tertuju pada rumah tangga. Secara orang per orang sudah banyak yang berinisiatif  untuk membuat panel surya di rumahnya.

Namun, kebanyakan pembuatannya masih terlalu rumit dan terpisah dari rumah. Ada juga yang berinovasi membuat genteng yang dipasang panel surya. Walau sudah lumayan tapi tetap saja kurang praktis karena terpisah dari genteng.

Kini sudah ada genteng yang juga berfungsi sebagai panel surya. Panel surya atau solar tidak terpisah tapi memang bagian dalam genteng tersebut. Seperti apa bentuk dan cara kerja genteng solar ini, berikut ulasannya.

1Genteng Solar Tampak Seperti Genteng Biasa

architecturendesign.net

Inilah bentuk genting solar dengan teknologi terkini. Benar-benar seperti genteng kaca biasa bukan? Genteng solar ini akan memangkas anggaran biaya bulanan listrik kamu.

Memang untuk awalnya pada saat pemasangan biayanya cukup relatif mahal. Tidak diinformasikan berapa harga genteng solar ini dan ongkos pemeliharaannya. Namun pantas untuk dicoba.

2Genteng Solar; Kecil, Praktis, dan Simpel

architecturendesign.net

Genteng solar adalah karya baru yang sangat membantu dalam penghematan penggunaan energi dan dapat mengurangi biaya tagihan listrik. Panas matahari memang energi yang melimpah dan murah.

3Energi Alternatif Masa Depan

architecturendesign.net

Genteng solar kedepan berpotensi menghasilkan energi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan setiap rumah tangga tanpa biaya yang besar.

Ada cukup banyak solusi energi alternatif yang lebih menarik akhir-akhir ini, tetapi energi matahari adalah sesuatu yang tidak terbatas dan paling mudah ditemukan.

4Semua Orang Bisa Memanfaatkannya

architecturendesign.net

Di masa lalu, solar sistem ini sangat mahal dan tidak setiap orang dapat membeli dan mengimplementasikan pada rumah mereka.

Di masa kini, solar sistem tidak lagi menjadi sesuatu yang mahal, orang-orang dapat dengan mudah mengimplementasikan pada rumah mereka dan menggunakannya sepanjang tahun.

Perlu diketahui, solar sistem mempersyaratkan orientasi yang tepat terhadap cahaya matahari sehingga sistem ini bisa bekerja sempurna dalam menyediakan energi alternatif.

5Genteng Tanpa Panel Surya

architecturendesign.net

Beginilah bentuk genteng ketika panel surya atau solar dilepaskan dari genteng. Panel tersebut dapat dilepas dan diganti, ini adalah inovasi baru dan berjalan sangat efektif.

Gentengnya sendiri terbuat dari tanah liat biasa yang memiliki solar panel kecil di dalamnya yang akan menyerap energi matahari.

6Memasang dengan Mudah

architecturendesign.net

Praktis, mudah dicopot mudah dipasang. Memang genteng ini dibuat dengan bentuk portable. Kaca solar photovoltaic ini sangat simpel dilihat dan jauh lebih baik dari model lama yang hanya menempel pada atap rumah.

7Cara Pemasangan

architecturendesign.net

Ada tiga bagian dalam genteng solar ini, genteng, panel surya, dan kaca penutupnya. Semuanya sudah dirancang agar dapat dipasang dengan mudah. Aliran listrik dibuat dengan aman dan tidak berbahaya.

8Aliran Listrik

architecturendesign.net

Aliran listrik terhubung di semua genteng solar. Pemasangan panel di atas sangat mudah karena bentuknya. Panel tersebut menghasilkan energi yang begitu besar, namun disisi lain bentuknya juga kecil dan fleksibel.

9Rumah dengan Genteng Solar

architecturendesign.net

Inilah rumah yang telah menggunakan genteng solar. Terdapat juga genteng solar bening dengan penampilan yang sangat menarik. Genteng ini sangat tahan terhadap segala kondisi cuaca, terbuat dari plexiglas atau PMMA.

Material ini bahkan jauh lebih baik karena dapat menyerap lebih banyak sinar matahari yang menerpanya dan menghasilkan 90% energi yang dibutuhkan untuk rumah pada umumnya.