Gerakan Senam Hamil yang Aman dan Dapat Memperlancar Proses Persalinan

www.riamirandadiary.com

Melahirkan anak adalah sebuah pertanda bahwa kamu telah menjadi wanita yang sempurna. Namun, alangkah lebih sempurna kebahagiaannya jika kamu dapat melahirkan dengan persalinan normal.

Akhir-akhir ini memang sering terjadi persalinan dengan operasi caesar. Meskipun aman, namun persalinan normal memberikan perasaan yang berbeda.

Karena sebenarnya persalinan adalah hal yang normal terjadi pada setiap wanita seperti halnya dengan menstruasi. Agar dapat melahirkan dengan persalinan normal dan lancar, bunda harus mempersiapkan fisik sejak masa kehamilan.

www.caraberhijabb.blogspot.com
www.caraberhijabb.blogspot.com

Kondisi hamil membuat fisik bunda cepat lelah. Hal ini biasanya menyebabkan bunda malas bergerak. Memang lebih nyaman jika hanya berbaring di sofa atau tempat tidur selama seharian.

Kondisi malas bergerak ini harus di lawan. Bunda wajib menjaga kebugaran tubuh. Namun, aktivitas fisik juga harus dijaga tidak terlalu berat yang dapat mengganggu kesehatan janin.

Salah satu aktivitas fisik yang aman bagi ibu hamil adalah senam hamil. Jika bunda mencari yang praktis, maka ikutilah program senam hamil di rumah sakit atau rumah bersalin.

www.giftafterwaiting.wordpress.com
www.giftafterwaiting.wordpress.com

Senam hamil ini biasanya dilatih oleh bidan yang sudah terlatih menangani persalinan. Gerakan senam hamil meliputi latihan untuk meningkatkan fleksibilitas, kekuatan fisik, dan menjaga sistem kardiovasuler.

Selain tubuh yang lebih bugar, senam hamil juga dapat meningkatkan rasa percaya diri untuk melahirkan normal. Selain itu secara psikologis bunda lebih tenang lantaran sering bertukar cerita dengan ibu-ibu hamil lain.

Jika bunda kesulitan menemukan program senam hamil disekitar tempat tinggal, bunda dapat melakukan senam sendiri dengan bantuan video yang terpercaya.

Selain itu ada beberapa gerakan senam hamil yang mudah dan aman dilakukan. Beberapa gerakan senam hamil tersebut sebagai berikut.

1Berjalan Kaki

www.bajufuku.com

Berjalan kaki adalah olahraga yang paling mudah untuk bunda yang sedang hamil. Manfaatkan waktu di pagi hari saat udara masih segar untuk berjalan-jalan. Tak perlu memaksakan diri dengan menempuh jarak yang jauh.

Bunda hanya perlu berjalan bolak-balik di depan rumah. Jika bunda lelah, beristirahatlah sejenak untuk mengatur nafas. Jangan lupa juga untuk memperbanyak minum air putih agar bunda tidak dehidrasi.

Berjalan kaki sangat baik dilakukan terutama pada trimester ketiga. Berjalan kaki membuat janin masuk ke dalam jalur lahir sehingga akan lebih mudah saat persalinan.

2Naik Turun Bangku Pendek

www.lailiarofatunn.wordpress.com

Gerakan naik turun di bangku pendek dapat membantu memperkuat otot kaki. Sediakan bangku yang tidak terlalu tinggi atau sekitar 20 cm. Pilihlah bangku yang cukup lebar sehingga aman untuk menaikkan kedua kaki.

Naikkan kaki kiri kemudian kaki kanan di atas bangku. Lakukan dengan perlahan dan tenang sambil mempertahankan agar punggung tetap lurus. Ulangi 15-25 kali dalam sehari.

3Senam Jongkok

tasdiqulquran.or.id

Senam jongkok dapat membantu membuka jalan lahir yaitu otot panggul menjadi merenggang. Selain itu juga dapat merenggangkan otot paha.

Lakukan senam jongkok dengan membuka kaki cukup lebar. Kemudian turunkan badan perlahan-lahan sampai posisi jongkok.

Tahan posisi jongkok ini selama kurang lebih 10 detik. Usahakan agar punggung tetap lurus. Setelah 10 detik berdirilah kembali. Ulangi gerakan ini selama beberapa kali dalam sehari.

4Memiringkan Panggul

www.1080.plus

Di trimester ketiga saat perut bunda semakin buncit, tak sedikit yang mengalami sakit pinggang. Salah satu cara meredakannya dengan melakukan senam memiringkan panggul.

Memiringkan panggul juga dapat meningkatkan kekuatan otot perut.

Ambil posisi merangkak di mana posisi kepala sejajar dengan punggung. Angkat kepala dengan posisi tengadah sambil menarik nafas kemudian melepaskan nafas. Lakukan gerakan ini dengan rileks dan santai selama beberapa saat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here