Menurut NASA, sepanjang tahun 2015 ini akan terjadi empat gerhana sekaligus. Yakni dua gerhana bulan dan dua gerhana matahari. Salah satunya dikenal juga dengan gerhana bulan merah darah atau blood moon.

Gerhana ini terjadi saat bulan purnama bertepatan dengan supermoon, atau posisi terdekat bulan dengan bumi.

Sebagai akibatnya, bulan akan tampak lebih besar dari biasanya dan berwarna merah darah.

Fenomen ini sendiri tergolong langka dan sayang untuk dilewatkan. Masyarakat di Indonesia tergolong beruntung karena bisa menyaksikan peristiwa langka yang baru akan terjadi 140 tahun lagi ini.

Pengamatan dan perekaman gerhana bulan dilakukan di berbagai tempat. Termasuk juga di Indonesia. Berikut ini beberapa foto gerhana bulan merah yang diambil dari sejumlah tempat selama tahun 2015.

1Indonesia

tekno.kompas.com

Salah satu tempat yang dipilih para peneliti adalah kota Surabaya. Di kota ini, gerhana bulan dapat dilihat dengan jelas. Para pengamat memilih mengarahkan kamera mereka di sejumlah tempat di Pantai Kenjeren dengan latar belakang yang ada.

Selain itu, para pengamat ini juga memanfaatkan sejumlah obyek dan patung sebagai obyek pendukung foto gerhana.

Dalam salah satu foto yang diambil oleh fotografer Bahana Patria Gupta, tampak bayangan seperti sesosok malaikat. Foto ini sendiri memancing perbincangan di berbagai forum dan media sosial.

Tetapi, sang fotografer kemudian menjelaskan jika ia sengaja menggunakan obyek pendukung untuk mengambil foto gerhana bulan merahnya. Sosok tersebut adalah sosok patung mitologi yang menjadi foreground dari fotonya.

tekno.kompas.com
tekno.kompas.com

Selain di Surabaya, di Yogyakarta dan Pasuruan, Jawa Timur, gerhana bulan merah juga dapat diamati dengan baik. Salah seorang astronom amatir, Muhammad Soleh bahkan sempat mendokumentasikan prosesi gerhana sejak awal hingga akhir.

2Amerika Serikat

bali.tribunnews.com

Selain di Indonesia, gerhana bulan merah juga dapat diamati dengan baik di Amerika Serikat. Sang fotografer mengambil foto gerhana yang teramati menjelang fajar ini dengan perpaduan gedung-gedung tinggi.

Tampak bulan ada di antara gedung-gedung bertingkat di Los Angeles. Sayangnya, karena sinar di sekitar tempat pengambilan foto terlalu terang, warna merah darah pada gerhana bulan ini tidak terlalu tampak jelas.

Salah satu foto yang menarik lainnya diambil di Las Vegas. Foto gerhana bulan merah ini disandingkan dengan kapsul roller coaster. Sementar itu, di Kansas, bulan dikombinasikan dengan patung Indian Kansas.

3Jepang

tekno.kompas.com

Foto gerhana bulan di Jepang tampak cantik bersama dengan kuntum bunga sakura yang tengah mekar. Ini menandai mulainya musim semi di sebagian besar wilayah Jepang.

Pada foto yang lain, fotografer mengabadikan bulan yang memerah dengan foreground patung singa samar-samar.

tekno.kompas.com
tekno.kompas.com

4India

bali.tribunnews.com

Fenomena gerhana bulan merah juga disambut gempita oleh masyarakat di India.

Mereka yang beragama Hindu bahkan beramai-ramai datang ke pertemuan Sungai Gangga, Yamuna, dan sungai mistis Saraswati saat gerhana bulan terjadi.

Penganut Hindu di Mumbai bahkan menggelar upacara di pantai Laut Arab sebelum gerhana terjadi sebagai bagian ritual kepercayaan mereka. Tampak dalam foto, gerhana bulan merah diabadikan bersama dengan obyek jam besar.

5Thailand

tekno.kompas.com

Obyek berupa kuil menjadi pemandangan pelengkap dalam foto gerhana bulan merah yang diambil di Thailand. Gerhana bulan merah teramati pada hari Sabtu malam di Bangkok.

Warna merah darahnya cantik berpadu dengan gemerlap kuning warna kuil di sana.

Gerhana bulan merah adalah fenomena alam yang terjadi dalam rentang waktu tertentu. Sejumlah orang percaya jika fenomena ini berhubungan dengan hal-hal tidak kasat mata.

Tetapi yang lain meyakininya sebagai fenomena alam biasa yang wajar, istimewa dan sayang untuk dilewatkan.