Apakah Gerhana Bulan Total (GBT) itu?

Gerhana Bulan terjadi ketika matahari–bumi–bulan sejajar dan bumi menghalangi datangnya cahaya matahari ke bulan. Gerhana bulan biasanya terjadi kala bulan purnama. Tapi, tidak setiap bulan purnama gerhana bulan akan terjadi.

Hal ini dikarenakan orbit bulan yang memiliki kemiringan 5º terhadap orbit bumi.  Gerhana bulan total terjadi saat bulan memasuki umbra bumi, area dimana bumi menghalangi seluruh cahaya matahari untuk mencapai bulan.

A composite of 12 pictures shows a full lunar eclipse over the skies in Hefei, Anhui province December 10, 2011. The moon turns red as the shadow falls on it during the eclipse. Picture taken December 10, 2011. REUTERS/Stringer (CHINA - Tags: ENVIRONMENT TPX IMAGES OF THE DAY)
bagusbudip.blogspot.com

Bulan akan memasuki bayangan bumi dan seharusnya menghilang karena bulan tidak lagi memperoleh sinar matahari yang terhalang oleh bumi. Tapi bukan itu yang terjadi.

Bulan justru tampak berwarna merah karena saat bulan berada dalam bayangan umbra bumi, cahaya matahari secara tidak langsung masih bisa lolos dan mencapai Bulan.

Tapi, cahaya matahari ini harus terlebih dahulu melewati atmosfer bumi yang menyaring atau menyebarkan hampir semua cahaya biru/hijaunya.

Sehingga hanya cahaya merah yang bisa lolos melewati atmosfer dan menyinari bulan meskipun sebagian cahaya merah tersebut ada yang dibiaskan atau dibelokkan.

Nah, seri tetrad sendiri merupakan 4 gerhana bulan total yang terjadi berurutan, dan tidak berarti setelah itu tidak ada gerhana bulan total yang terjadi sampai seri tetrad berikutnya.

beritaakang.blogspot.com
beritaakang.blogspot.com

Gerhana bulan total masih akan terjadi tapi tidak berurutan 4 gerhana seperti dalam seri tetrad melainkan diselingi gerhana bulan sebagian dan gerhana bulan penumbral.

Sepanjang 2014-2015, gerhana bulan total pada seri tetrad terjadi pada 4 bulan berikut.

1Gerhana Bulan Total Pertama pada 15 April 2014

news.liputan6.com

GBT pertama dalam seri tetrad ini berbentuk blood moon yang diakibatkan planet Mars saat ini berada dalam titik terdekat dengan bumi. Terjadi selama 5 jam 43 menit.

GBT bulan April 2015 ini hanya bisa dilihat dari wilayah Indonesia bagian tengah dan timur. Proses gerhana diawali kontak awal penumbra pada Selasa siang sekitar 11.54 WIB.

Kemudian kontak awal umbra akan dicapai pada pukul 12.58 WIB. Puncaknya terjadi pada pukul 14.47 WIB dengan lama puncak di mana bulan sama sekali tak terpapar sinar matahari yakni sekitar 38 menit.

Saat fase puncak tersebut, bulan akan tepat berada pada daerah umbra, yaitu bayangan inti yang berada di bagian tengah sangat gelap pada saat gerhana bulan.

Selanjutnya, kontak akhir umbra gerhana bulan ‘darah’ total tersebut akan dimulai pada Selasa sore pukul 16.33 WIB dan kontak akhir penumbra pada pukul 17.37 WIB.

2Gerhana Bulan Total Kedua pada 8 Oktober 2014

iberita.com

GBT dimulai dengan fase gerhana sebagian pada pukul 16.15 WIB. Lalu disusul fase gerhana total pada pukul 17.25-18.24 WIB dan diakhiri dengan fase gerhana sebagian lagi sampai dengan pukul 19.34 WIB, demikian seperti dikutip dari situs NASA oleh Djamaluddin.

Adapun hal yang menarik selain GBT pada bulan Oktober 2014 ini, yakni pada kesempatan terjadinya selenelion dan munculnya Uranus bersama bulan.

Selenelion adalah fenomena di mana Bulan dan Matahari berada dalam posisi saling berseberangan atau berjarak 180 derajat dari sudut pandang manusia di Bumi.

Menurut Ferry Simatupang (Dosen Astronomi ITB) memberitahukan bahwa fenomena GBT ini tidak akan banyak berpengaruh terhadap iklim ataupun cuaca di bumi.

3Gerhana Bulan Total Ketiga pada 4 April 2015

sosialberita.net

GBT pada bulan April 2014 terjadi mulai pukul 16,00 WIB dan berakhir pukul 22.00 WIB. GBT ini dapat disaksikan di Indonesia, Pasifik, benua Amerika, Asia timur hingga tengah dan Australia.

Keunikan GBT kali ini adalah satu-satunya gerhana bulan total yang bisa dipantau di Indonesia, yang harapannya bisa menjadi media edukasi masyarakat, juga sebagai media wujud keyakinan manusia terhadap keagungan Tuhan Yang Maha Esa (Tomas Djamaluddin, Ketua LAPAN).

4Gerhana Bulan Total Keempat pada 28 September 2015

resapanbiopori.blogspot.com

Di penghujung bulan September, musim gerhana 2015 diakhiri dengan GBT pada 28 September 2015. Menariknya, ini merupakan gerhana bulan total ke-4 atau terakhir dalam rangkaian seri tetrad yang sudah berlangsung sejak tahun 2014.

GBT kali ini terjadi ketika bulan berada pada titik terdekatnya dari bumi. Jadi, sebagian masyarakat bumi akan menikmati keindahan GBT Perigee. Makna Perigee sama halnya dengan Bulan Super atau Supermoon yang langka!

Tapi tak hanya itu. Keistimewaan yang lain adalah sebagai Harvest Moon atau Bulan Panen bagi masyarakat belahan bumi utara. Bulan panen merupakan bulan purnama terdekat dari Equinoks musim gugur.

Ekuinoks musim gugur terjadi tanggal 23 September atau 5 hari sebelum GBT terakhir di tahun yang sama. Bagi penduduk bumi belahan selatan, GBT ini menandai bulan purnama pertama di musim semi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here