Kamu pernah menyaksikan gerhana bulan secara langsung? Kamu beruntung. Yang kamu saksikan adalah peristiwa alam yang sangat menakjubkan. Tidak semua lokasi di dunia dapat menyaksikan gerhana bulan yang indah.

Berikut beberapa fakta yang mungkin belum kamu tahu tentang gerhana jenis ini.

1Seberapa Sering Gerhana Bulan Muncul?

krcc.org

Selama abad ke-21, telah terjadi total sebanyak 85 kali gerhana bulan. Pada daerah dengan lokasi geografi tertentu, dapat terlihat rata-rata 40 hingga 45 kali. Ini berarti terjadi satu kali gerhana tiap 2,3 tahun.

2Terjadi Gelombang Tekanan Panas di Bulan

thebeautyinspace.wordpress.com

Saat bayangan bumi mengahalangi bulan dari sinar matahari, terjadi penurunan suhu yang sangat drastis di permukaan bulan. Hal in menyebabkan semacam thermal shock  di permukaan bulan.

Bebatuan di bulan mengeras dan gas keluar dari dalam bulan. Pada gerhana bulan total tahun 1971, suhu bulan yang terukur oleh Apollo 12 tercatat turun secara ektrim dari 75,7 derajat celsius menjadi minus 1021 derajat celcius.

3Adanya Beberapa Titik Panas

www.outerplaces.com

Menculnya beberapa titik panas atau hot spots pada bagian tertentu di permukaan bulan adalah hal yang sangat menarik. Beberapa catatan luar angkasa melaporkan terjadinya pelepasan panas.

Beberapa teori menyebutkan bahwa bulan mungkin mempunyai sumber panas internal sendiri. Namun meskipun hal ini telah dipelajari selama 50 tahun, tidak pernah ditemukan jawaban yang pasti.

Atau, mungkinkan ada alien yang menyebabkan hot spots di bulan?

4Gerhana Bulan Terlama

mars.nasa.gov

Gerhana bulan paling lama terjadi selama 106 menit. Hal ini dapat terjadi jika bulan melintasi tengah bayangan bagian bumi. Posisinya haruslah berada pada jarak terjauh dari orbit bumi.

Pada 16 Juli 2000, gerhana bulan total yang dapat terlihat jelas dari Laut Pasifik, Asia Timur dan Australia adalah salah satu gerhana bulan yang terlama. Tercatat terjadi gerhana bulan selama 106 menit 25 detik.

5Kesalahan Istilah Blood Moon

en.wikipedia.org

Istilah blood moon mengacu pada gerhana bulan total. Istilah ini dipopulerkan oleh media dan pertama kali ditemukan oleh seorang pastur pada kisaran bulan April 2014.

Kemudian muncul beberapa mitos dan anggapan bahwa adanya blood moon adalan pertanda dari akhir zaman. Hal ini berkaitan dengan ramalan yahudi tentang bulan merah.

Hal ini tidak terbukti karena pada ramalan itu menyatakan bahwa hari kiamat terjadi pada gerhana bulan total empat tahun lalu. Pada tanggal 21 Mei 2011, kini jadilah ramalan itu sebagai ramalan yang dianggap penuh kebohongan.

6Satu Bulan dengan Banyak Warna

ibtimes.co.uk

Suatu hal yang salah jika menamai gerhana bulan total dengan sebutan blood moon. Hal ini karena tidak semua gerhana bulan total akan berwarna merah darah seperti yang disebutkan.

Beberapa gerhana bulan total akan berwarna abu-abu hitam, beberapa lainya akan berwarna kecoklatan, bahkan dapat pula terjadi gerhana bulan total berwarna emas. Jadi, akan kamu sebut apa semua gerhana bulan itu?

7Gerhana Bulan Bisa Menyelamatkanmu dari Kematian

cortijohuerto.com

Pada Februari 1504, salah satu penjelajah dunia yang paling terkenal, Christopher Colombus mendapat masalah dari suku Indian asli Jamaika. Dengan bantuan ahli astronominya, ia dan kru kapalnya dapat menyelamatkan diri dengan cara yang sangat brilian.

Colombus mengatakan pada suku Indian itu bahwa jika ia dan krunya tidak diperlakukan dengan baik, maka dewa akan marah. Akhirnya ketika muncul bulan merah, sekonyong-konyong suku Indian itu percaya pada Colombus.

Jadilah Colombus dan para krunya dijamu dengan baik dan diberikan hidangan terbaik bersama suku Indian Jamaika tersebut. Bagaimana? Kamu berani mencoba cara ini di pedalaman Papua?