Kamu tentu tahu tentang GIF bukan? GIF adalah format file image yang dapat bergerak. Umumnya dibuat dari potongan video. GIF atau graphics interchange format pertama kali diperkenalkan pada tahun 1987.

Nah, banyak orang lebih memilih GIF untuk ditampilkan dalam chat atau artikel karena keunggulannya yang dapat bergerak. Selain itu ukuranya juga jauh lebih kecil dibandingkan video.

Lebih dari itu, yang ditampilkan dalam GIF hanya cuplikan kecil sehingga praktis untuk menjelaskan apa yang terjadi dalam gambar yang bergerak. Berikut beberapa gambar GIF yang menarik dan akan mengajarkanmu banyak penyetahuan.

1Cheetah dan Ekornya

architecturendesign.net

Kalau kamu perhatikan ekor cheetah saat berlari mengejar mangsanya pada gambar di atas, kamu akan mendapatkan sesuatu yang unik. Ekor Cheetah bergerak berlawanan arah dengan arah belokkan kaki cheetah.

Hal ini karena ekor cheetah digunakan untuk melawan torsi yang didapatkan saat cheetah lari dalam kecepatan tinggi. Dengan cara tersebut, cheetah dapat mempertahankan keseimbangannya selama berlari sehingga tidak terpeleset atau jatuh.

2The Flying Snake

architecturendesign.net

Ular yang satu ini benar-benar bisa terbang, namanya Chrysopelea. Habitatnya ada di Negara Vietnam, Kamboja, dan Laos. Namun, ular yang bisa terbang ini juga terdapat di beberapa daerah di Indonesia seperti di daerah Maluku dan Nusa Tenggara.

Ular ini meloncat antar satu pohon ke pohon lainnya seolah sedang terbang. Bahkan Chrysopelea dapat terbang hingga sejauh 100 meter. Ular ini berbisa dengan kategori sedang, jadi racunnya tidak terlalu berbahaya bagi manusia.

3Mekanisme Kunci Sederhana

architecturendesign.net

Menurut sejarah, penggunaaan kunci pertama kali adalah antara tahun 870 dan 900 masehi, dibuat oleh pengerajin kunci asal Inggris. Kini, perkembangannya telah jauh sangat bervariasi dan lebih mutakhir.

Gambar di atas adalah mekanisme kunci yang lazim di gunakan di Indonesia. Kunci pintu atau almari sederhana. Bagaimana? Desain yang sangat menarik bukan. Sekarang kamu jadi tahu bagaimana sebuah kunci dapat terbuka.

4Awan Buatan

architecturendesign.net

Inilah yang akan terjadi jika kamu meniramkan air ke luar gedung di mana suhu di luar gedung adalah -41 ⁰C. Kamu mungkin mengira gumpalan putih itu adalah salju, namun kamu salah, itu adalah gumpalan awan.

Menakjubkan bukan? Kamu dapat ‘membuat’ awan hanya dengan menyiramkan air ke luar gedung. Awan dengan massa yang sangat ringan itu tertiup oleh angin dan seolah dapat berjalan sendiri. Keren!

5Telur Tanpa Kulit

architecturendesign.net

kamu mungkin sering memasak dan menggoreng telur. Tetapi apa kamu pernah mengamati telur di bawah air? Cobalah dan buktikan sendiri, pecah telur di dalam kolam yang bening sehingga kamu dapat mengamatinya.

Samakah hasilnya dengan gambar GIF di atas? Putih telur akan menempel dan tetap menyelubungi kuning telur. Tidak terpisah dan tidak menyebar seperti saat kita merebus telur.

6Racun Ular Mematikan

cdn.architecturendesign.net

kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana mekanisme racun ular dapat membunuh manusia. Lihat gambar GIF di atas, jelas bukan? Satu tetes racun ular yang mematikan sangat mampu untuk menggumpalkan darahmu yang cair tidak lebih dari 10 detik.

Racun ular sebenarnya adalah air liur ular yang dimodifikasi dengan sangat rumit, mengandung lebih dari 20 senyawa berbeda. Mayoritas berupa protein, polipeptida, dan juga enzim.

Namun, juga terdapat senyawa beracun lainnya yang sangat mematikan. Racun ular yang mematikan dapat berupa neurotoksin yang dapat merusak jaringan syaraf kamu. Gimana?Mengerikan bukan?

SHARE