Tidak salah jika Lombok telah menjelma menjadi tempat paling favorit bagi para wisatawan. Tahun lalu saja provinsi NTB mengalami kenaikan jumlah wisatawan asing tertinggi se-Indonesia, sebesar 73,06 %.

Mungkin siap-siap saja popularitas Bali kelak tergeser oleh pulau tetangganya itu. Salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi jika berkunjung ke Lombok adalah pulau Gili Trawangan.

Pulau yang berpenduduk 800 jiwa ini adalah salah satu dari tiga pulau kecil yang ada di kawasan Gili, Lombok Utara.

Gili Trawangan diapit oleh Gili Meno dan Gili Air dengan luas yang lebih besar dari kedua pulau tersebut. Memiliki panjang kurang lebih 3 KM dan Lebar 2 KM, kamu bisa memutari sekeliling pulau selama satu jam saja.

Dijamin, berbagai pengalaman berwisata yang luar biasa menunggu kamu di Gili Trawangan. Berikut ini 7 hal menarik di Gili Trawangan yang akan membuat kamu ketagihan.

1Panorama Sunset dan Sunrise Sekaligus

thefabweb.com

Tidak banyak pantai yang memiliki pemandangan sunset dan sunrise sekaligus. Karena Gili Trawangan memiliki dua pantai yang menghadap timur dan barat.

Jaraknya kedua pantai yang berdekatan, memungkinkan kamu menikmati pemandangan ke sunset dan sunrise sekaligus.

Jika kamu beruntung, saat cuaca bersahabat, kamu juga dapat melihat Gunung Agung Bali dibalik keindahan sunset Gili Trawangan.

2Laut yang Menakjubkan

post.com

Begitu kamu mendekati pantai dan menyaksikan air laut yang ada di sekitar Gili Trawangan, satu kata saja untuk menggambarkannya “menakjubkan”.

Air laut yang begitu jernih, dengan gradasi warna biru hijau yang menghiasi lautnya.

Karena airnya yang begitu bening, kamu pun bisa melihat ikan dan terumbu karang langsung dari atas kapal yang berlayar, tanpa harus menyelam.

ayolombok.com
ayolombok.com

Namun kamu akan jauh lebih takjub kalau menyelam lebih dalam. Banyak jenis ikan yang mempesona, terumbu karang beraneka warna, makin memanjakan matamu.

Arus laut yang tenang semakin menambah kenyamanan bagi para penyelam.

3Alam yang Asri dan Bebas Polusi

photobucket.com

Salah satu kebijakan yang menarik dari pemerintah setempat, melarang adanya kendaraan bermotor di Gili Trawangan.

Oleh karenanya, tidak heran jika pulau ini terbebas dari polusi dan bisingnya kendaraan.

Refreshing yang maksimal tentu akan kamu peroleh disini, apalagi dengan alamnya yang masih asri dan pantai yang terawat.

Sebagai ganti kendaraan bermotor, kamu bisa menyewa sepeda atau cidomo. Cidomo adalah kereta kuda khas Lombok, layaknya andong atau delman di jawa.

Atau bagi kamu yang suka mengendarai kuda, kamu juga boleh memacu kuda sendiri. Bahkan dengan berlari saja, banyak wisatawan yang mampu mengelilingi pulau dengan waktu tidak terlampau lama.

4Kemeriahan di Malam Hari

escapefromtheisland.wordpress.com

Mungkin yang satu ini yang membuat Gili Trawangan sangat digemari wisatawan asing. Ya, kehidupan dan hiburan malam memang melekat pada masyarakat barat.

Gili Trawangan semakin ramai di malam hari, dengan banyaknya kedai dan bar yang berjejer di sepanjang jalan.

Musik, pertunjukan, makanan dan minuman memeriahkan “pesta” di malam hari.

Dari kesemuanya, ada satu yang berbeda, yakni pertunjukan peresean yang berasal dari kebudayaan sasak.

Peresean merupakan pertarungan dua pria yang bersenjatakan tongkat rotan (penjalin) dan berperisai kulit kerbau yang tebal dan keras (perisai disebut ende).

Acara adu kejantanan ini sangat disukai pastinya bagi wisatawan laki-laki.

5Surga Bagi Penyelam

zulfikaralex.com

Dengan Keindahan dan kekayaan alam bawah laut, tentu saja Gili Trawangan menjadi surga bagi para penyelam. Baik penyelam scuba diving ataupun penyelam snorkeling.

Bagi kamu yang tidak mempersiapkan peralatan menyelam, jangan kawatir, kamu dapat menyewa peralatan yang telah disediakan.

Selain menyelam, bagi kamu yang hobi berselancar, sapuan ombak di Gili Trawangan siap menyambutmu.

6Pantai yang Bersih

lamanday.wordpress.com

Salah satu sebab sebuah daerah menjadi daerah wisata yang populer, adalah pantainya. Itu mengapa Bali sangat terkenal, karena pantainya dan selain karena kebudayaannya juga.

Nah, Gili Trawangan ini tidak kalah dari pantai-pantai Indah di daerah lain. Pantainya yang begitu bersih, dan berkilau dengan pasir yang terkena sinar matahari.

Masyarakat dan wisatawan disini dikenal bagus dalam menjaga dan merawat kebersihan dan keindahan pantai.

7Biaya Minimal untuk Kepuasan Maksimal

marijelajahindonesiaku.com

Bagi kita yang berkantong tipis, tentunya ini menjadi pertimbangan utama mengapa memilih Giri Trawangan. Tarif sewa dan biaya akomodasi relatif murah dibandingkan dengan tempat wisata yang lain.

Dengan biaya yang minimalis, kamu mendapatkan kepuasan berwisata yang maksimal tentunya.