Banyak orang yang tidak mengetahui apa itu penyakit glaukoma. Sekilas memang kita tidak dapat membedakan gejala yang diderita oleh pengidap penyakit glaukoma ini.

Penyakit yang menjadi penyebab kebutaan kedua terbesar setelah katarak ini hampir tidak mempunyai gejala awal.

Akibatnya banyak penderita glaukoma yang tidak mengetahui secara pasti ciri ciri penyakit ini. untuk mengetahuinya memang diperlukan pemeriksaan menggunakan peralatan medis untuk mengukur tensi mata.

Karena penyebab glaukoma adalah meningkatnya tekanan intraokular yang berakibat pada rusaknya serabut saraf retina atau jaringan saraf yang melapisi bagian belakang mata dan saraf optik penghubung mata dan otak.

Walaupun para penderita glaukoma tidak sadar dengan gejala yang timbul tapi kita tetap dapat mengetahui beberapa gejala yang timbul dari penyakit glaukoma seperti beberapa gejala berikut.

1Nyeri Mata

alhikmah.co

Pada umumnya jika seseorang mengalami gangguan penglihatan atau mata sedang mengalami sebuah masalah maka akan menimbulkan suatu rasa nyeri pada bagian mata. Begitupula dengan penyakit glaukoma.

Si penderita akan mengalami rasa nyeri pada retina dan saraf mata. Hal ini adalah respon dari mata untuk memberi sinyal bahwa mata sedang mengalami  masalah.

2Sakit Kepala

www.hellodoctor.co.id

Gejala lain yang timbul dari penyakit glaukoma adalah nyeri pada bagian kepala. Hal ini merupakan respon tubuh terhadap rasa sakit yang dirasakan oleh mata. Saraf yang menghubungkan mata ke otak memberikan sinyal terhadap otak bahwa mata sedang mengalami masalah.

3Mata Memerah

rfitri.wordpress.com

Selain itu para penderita glaukoma mengalami gejala yang sama. Yakni mata memerah, hal ini merupakan akibat dari nyeri yang dirasakan oleh mata. Tekanan mata yang tinggi membuat mata menjadi terlihat kemerahan.

4Pandangan Samar

www.ahlinyaobatherbal.com

Sebelum melakukan suatu tes untuk memastikan bahwa si penderita mangidap penyakit glaukoma pada penderita mengeluhkan berbagai keluhan. Salah satunya adalah pandangan yang semakin kabur dan terlihat samar.

Hal ini terjadi apabila si penderita telah mengidap penyakit glaukoma yang cukup parah. Ini merupakan tanda awal dari kebutaan. Yang akan berlanjut dengan berkurangnya jarak pandang si penderita dan menyempitnya ruang pandang mata.