Cave Tubing Seru di Goa Pindul yang Terkenal dengan Keindahannya

goapindulgk.wordpress.com

Gua Pindul merupakan kawasan wisata yang berada di Kabupaten Gunungkidul, tepatnya di Desa Bejiharjo. Desa Bejiharjo terletak di daerah perbukitan karst sehingga didominasi oleh bebatuan.

Jika kamu ingin berwisata ke Gua Pindul, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi lewat jalan Wonosari, yang berada sekitar 7 km ke arah utara kota Wonosari.

Sebelum kamu tahu mengenai kisah penamaan gua pindul, kamu harus tau tentang penulisan kata “goa” yang tepat, banyak masyarakat yang salah kaprah dengan penulisan kata “goa”.

Merujuk pada KBBI, kata yang seharusnya digunakan ialah “gua”, karena penggunaan kata goa itu merupakan pengaruh bahasa daerah yang umum terjadi karena pemakaian masyarakat luas.

Dalam penamaannya, Gua Pindul memiliki kisah yang dipercaya masyarakat, bahwa penamaan gua pindul berasal dari kisah perjalanan Joko Singlulung yang menelusuri hutan lebat, sungai, hingga gua untuk mencari ayahnya.

Ketika Joko sedang menyusuri 7 gua yang memiliki aliran sungai di bawahnya, kepala Joko membentur sebuah batu besar yang ada di dalam gua.

Kemudian dinamailah gua tersebut dengan nama Gua Pindul yang berasal dari kata dalam bahasa jawa pipi gebendul dan memiliki arti pipi yang terbentur.

Wisata terkenal yang ada di Gua Pindul adalah cave tubing.

Cave tubing merupakan kegiatan menyusuri gua menggunakan ban dalam, hal ini hampir sama dengan rafting, akan tetapi rafting adalah kegiatan menyusuri aliran sungai dengan menggunakan perahu.

goapindul.wordpress.com
goapindul.wordpress.com

Aliran air yang tenang di Gua Pindul ini dapat dirasakan oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Panjang gua pindul sekitar 350 meter dan lebar 5 meter serta jarak permukaan air dengan atap gua 4 meter. Jika kamu melakukan cave tubing di Gua Pindul, kurang lebih memakan waktu 45 menit.

Ketika berada di dalam gua, kamu akan melewati 3 zona, yakni zona terang, zona remang dan zona gelap.

Kamu wajib mengajak keluarga maupun temanmu untuk berkunjung ke Gua Pindul yang sangat indah ini.

1Perlengkapan yang Diperlukan

fastadnb.blogspot.com

Jika kamu ingin merasakan serunya cave tubing dan bermain air dengan riang, jangan lupakan untuk menjaga keselamatanmu selama melakukan perjalanan wisata dalam gua tersebut.

Kamu harus mengenakan jaket pelampung, sepatu, ban dalam dan peralatan lain yang telah disediakan di sekretariat Gua Pindul, supaya kamu tidak tenggelam dan dapat menikmati arus air yang tenang.

2Memasuki Gua

blogeventguidemagz.wordpress.com

Jangan khawatir apabila kamu tidak bisa berenang. Karena pelampung yang kamu gunakan akan membawamu dengan aman menyusuri gua yang dituntun oleh pemandu wisata gua pindul.

Pemandu juga akan membuatmu aman dari kata tersesat di dalam gua, kamu pun akan menambah pengetahuan, karena pemandu akan menjelaskan mengenai seluk beluk Gua Pindul yang mungkin saja belum kamu ketahui.

Hal yang perlu kamu ingat ketika berkunjung ke Gua Pindul. Jangan sekali-kali kamu mengambil sesuatu maupun meninggalkan sesuatu ketika melakukan cave tubing, apalagi sampai membunuh.

Larangan-larangan tersebut diberikan pengelola Gua Pindul agar gua tetap terjaga keamanan, kenyamanan dan keindahannya.

3Stalagtit dan Stalagmit

nikscomputer.blogspot.com

Salah satu keindahan yang dapat kamu nikmati ketika melakukan cave tubing adalah batuan stalagtit dan stalagmit yang menyatu sehingga terlihat seperti pilar yang lebar.

Stalagtit adalah sejenis mineral sekunder yang menggantung di langit-langit gua, sedangkan stalagmit adalah batuan yang terbentuk di lantai gua dan merupakan hasil tetesan air dari langit-langit gua.

Gua Pindul memang terkenal memiliki batuan yang cantik dan menarik perhatian para pengunjungnya.

gulalives.com
gulalives.com

Gambar di atas merupakan batuan stalagtit terbesar ke empat di dunia, kamu dapat melihatnya jika berlibur ke gua cantik di Wonosari ini.

4Sumur Terbalik

tripgoapindul.com

Pada saat kamu menyusuri gua, kamu akan melewati suatu lubang raksasa di atap gua, warga setempat menyebutnya dengan nama Sumur Terbalik.

Jika cuaca sedang cerah, kamu dapat merasakan secara langsung sinar matahari yang masuk melalui lubang tersebut.

Lubang dalam gua ini sering digunakan sebagai tempat latihan maupun jalan masuk vertikal oleh anggota TIM SAR.

Jadi, sempatkanlah untuk berlibur ke gua yang cantik ini dan menghabiskan waktu liburmu dengan banyak kenangan indah bersama orang terdekatmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here