Salah satu pelengkap rumah yang tidak boleh tertinggal adalah gorden. Selain untuk menutup jendela rumah, gorden juga berfungsi untuk mempercantik ruangan di rumah minimalis kamu.

Desain gorden yang cantik dapat menyatu dengan ruangan. Ada kalanya, kamu bisa memilih gorden yang sewarna dengan sofa, bed kamar tidur atau perabot lain dalam ruangan.

Lalu, bagaimana cara memilih gorden rumah minimalis yang baik? Berikut ini akan disajikan beberapa tips memilih gorden rumah minimalis kamu.

1Warna Gorden

minimalisdesign.com

Hal penting yang harus dipertimbangkan untuk memilih gorden adalah warna. Kamu bisa memilih warna lembut dan hangat agar cocok di segala ruangan.

Warna ungu dapat dikombinasikan dengan gorden putih berpola. Ini cocok dengan warna bantal sofa yang juga ungu. Gunakan warna ungu berselang-seling dengan putih agar tidak membuat ruangan jadi suram.

minimalisdesign.com
minimalisdesign.com

Tapi, jika ingin berkreasi, kamu juga bisa memilih warna-warna cerah yang membuat suasana lebih segar, hangat dan ceria. Solusinya, kamu bisa menggabungkan beberapa warna membentuk pelangi.

hunianrumah.com
hunianrumah.com

Untuk tembok warna biru, kamu juga bisa berkreasi dengan gorden warna merah muda ini. Kombinasi kedua warna cerah ini membuat ruangan lebih hidup.

2Motif

hunianrumah.com

Selain warna, motif gorden juga patut untuk dipertimbangan. Jika kamu ingin warna yang kalem, kamu bisa berkreasi dengan motif.

Ada banyak motif yang bisa dipilih, seperti gorden bergaris, bermotif bunga atau gorden bermotif batik.

Kamu juga bisa memilih motif dengan menyesuaikan dengan cat tembok ruangan atau bantal sofa yang kamu miliki.

Jika wallpaper rumah minimalis kamu memiliki corak tumbuhan, ini bisa juga dijadikan motif untuk pilihan gorden minimalis. Warna coklat mudanya cocok dikombinasikan dengan motif tanaman.

3Bahan

rumahminimalising.com

Selain warna dan motif, bahan juga perlu kamu perhatikan untuk memilih gorden rumah minimalis. Bahan akan berpengaruh pada harga dan juga perawatan gorden.

Kamu bisa memilih bahan yang sesuai dengan rancangan keuangan. Ada baiknya, cukup beli dari satu toko saja. Harga satu set gorden biasanya lebih murah jika dibanding membeli secara terpisah.

Selain itu, pastikan juga untuk menanyakan cara perawatan gorden pada toko tempat membeli. Ini bisa membantu kamu mendapatkan gorden yang awet, tahan lama dan tetap bersih.

Agar sesuai dengan sofa yang kamu miliki, kamu juga bisa memilih gorden dengan bahan lembut. Seperti gorden warna krem bermotif bunga di atas.

4Ukuran

rumahminimalising.com

Ukuran gorden yang kamu pilih sebaiknya disesuaikan dengan lokasi yang akan dipasangi gorden. Gorden untuk pintu tentu akan berbeda ukuran dengan gorden jendela.

Seperti gorden warna putih dengan corak di bagian bawah ini. Ukuran gorden dibuat sedemikian rupa, disesuaikan dengan ukuran jendela. Tampak gorden menggantung tepat di bawah jendela.

hunianrumah.com
hunianrumah.com

Begitu pula dengan gorden warna putih dengan corak biru di seluruh bagiannya itu. Karena jendela yang agak tinggi, gorden juga dibuat menggantung.

Jadi, jangan lupa untuk mengukur terlebih dahulu panjang serta lebar gorden yang kamu butuhkan, agar tidak terbuang sia-sia.

5Model Gorden

hunianrumah.com

Pemilihan model gorden tergantung pada selera serta kecocokan dengan ruangan. Konsep ruangan seperti apa yang hendak kamu hadirkan lewat gordan? Mana yang kamu pilih, gorden tipe minimalis atau modern?

Kamu bisa memilih model gorden saat datang langsung ke toko. Atau kamu juga bisa menentukannya dengan melihat katalog.

hunianrumah.com
hunianrumah.com

Untuk rumah minimalis, memang sebaiknya dipilih juga model minimalis. Kamu hanya perlu untuk bermain pada warna dan motif saja. Semakin rumit model gorden, maka kesan minimalis semakin tidak tampak.

6Ruang

hunianrumah.com

Pemilihan gorden juga harus disesuaikan dengan ruangan yang akan dipasangi gorden tersebut.

Gorden ruang tamu tentu akan berbeda dengan gorden dapur dan ruangan lainnya. Jadi, pemilihan gorden tidak bisa sembarangan. Harus sesuai dengan fungsi serta kegunannya.

Contohnya pada gorden kamar anak di atas. Warna yang dipilih coklat muda yang kalem. Selain itu, bagian pengikatnya menggunakan corak boneka. Ini cocok digunakan di kamar anak-anak.

Demikian tadi beberapa inspirasi dalam memilih model gorden rumah minimalis. Pemilihan gorden memang tergantung selera pemilik rumah. Tentu dengan telah mempertimbangkan banyak hal.

Jangan sampai pemilihan gorden yang keliru justru membuat rumah jadi suram dan tidak nyaman.