Kalau kamu bukan orang Sumatera, kamu akan mengira bahwa gulai yang paling lazim adalah gulai kambing atau sapi. Tetapi, kepopuleran gulai ayam juga tidak boleh kamu kesampingkan.

Umumnya daging kambing dibuat gulai karena memang bau daging kambing yang kuat dan kurang sedap. Maka dari itu dibuatkan gulai kambing, bumbu gulai yang beraneka ragam mampu ‘meredam’ bau daging kambing yang tidak enak.

Nah, kalau gulai ayam? Kenapa dibuat gulai ayam? Bukankah menu olahan ayam lainnya sudah cukup banyak di Indonesia? Berikut beberapa hal tentang gulai ayam yang mungkin belum pernah kamu ketahui.

1Gulai Ayam Khas Padang

njomany.deviantart.com

Benar sekali tebakan kamu, gulai ayam adalah makanan khas Padang, makanan khas orang Minang. Mungkin kamu akan mengira bahwa masakan Padang yang satu ini akan pedas dan membakar lidah.

Namun sebenarnya seluruh masakan dengan label ‘gulai’ tidak pedas-pedas amat. Cabai yang digunakan dalam resep bumbu-bumbunya juga hanya cabai merah yang masih kalah jauh pedasnya dari cabai rawit.

Kamu tentu akan langsung tahu bahwa gulai dimasak menggunakan air perasan daging kelapa atau santan. Nah, tetapi bumbu atau rempah apakah yang membuat rasa gulai begitu khas kuliner Indonesia?

2Rasa yang Mendunia

seputarmakan.com

Rempah yang paling khas ada dalam masakan gulai adalah pala, adas, kayu manis, dan jintan. Pala adalah rempah asli Maluku yang dulu pernah diburu para penjajah untuk dijual dengan harga mahal di Eropa.

Jintan juga berasal dari Asia, khususnya India dan tanaman ini tumbuh subur di Indonesia. Nah, kalau kayu manis konon pernah digunakan oleh masyarakat Mesir kuno yang hidup sekitar 5.000 tahun yang lalu.

id.wikipedia.org
id.wikipedia.org

Kalau adas, adalah tanaman serbaguna yang beredar luas dari daerah Italia hingga Suriah. Itulah mengapa rasa gulai Indonesia sangat mendunia, masakan ini bahkan nyaris disamakan dengan kari (curry) yang berasal dari India yang lebih terkenal sejak dulu.

3Gulai Ayam dan Daerah Istimewa Yogyakarta

royco.co.id

Sebenarnya kamu akan menemukan masakan gulai ayam dengan mudah dimanapun, terutama di rumah makan Padang. Sangatlah lazim jika rumah makan Padang menyediakan menu gulai ayam.

Nah, kalau kamu ingin gulai ayan yang beda dari biasanya, kamu harus ke lokasi yang lebih spesifik dan terkenal. Bukan di Sumatera, bukan di Padang, namun di Jawa Tengah, di daerah istimewa bernama Yogyakarta.

Kamu tertarik ke sana? Lokasi warung gulai ayam ini terletak di Kabupaten Bantul.

4Gulai Ayam Sudimoro

kelanakecil.wordpress.com

Sembari liburan ke berbagai pantai selatan Yogyakarta, kamu bisa sempatkan mampir ke warung gulai ayam yang satu ini. Inilah warung gulai ayam Sudimoro yang ketenarannya sangat tersohor dan direkomendasikan oleh banyak food traveller.

Warung gulai ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman No. 02, Bantul, Yogyakarta. Bukan hanya menyediakan menu gulai, di sini juga tersedia tongseng. Tentunya togseng daging ayam. Pokoknya semuanya serba ayam di warung ini.

Dan yang paling penting, olahan daging ayam empuk yang akan kamu cicipi di sini adalah ayam kampung asli, bukan ayam broiler atau ayam-ayam sembarangan lainnya.

ragamkuliner.com
ragamkuliner.com

Bahkan ayam digunakan adalah ayam khusus yaitu ayam kampung jantan. Kalau kamu beruntung kamu bahkan akan menyantap daging ayam kampung jantan aduan. Rasa dan sensasi daging ayam aduan dijamin berbeda dengan ayam kampung biasa.

Pendiri warung ini, Mugirah (almarhum) telah membuka warung ini sejak tahun 60-an. Kini warung ini dikelola oleh keluarga keturunan Mugirah dengan tetap mempertahankan resep asli yang lengendaris.

Warung gulai ayam Sudimoro buka setiap hari mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 15.00 sore. Harganya tidak akan membuat kamu kecewa, hanya Rp 12.000 per porsi untuk masakan kuliner tradisional kelas tinggi.