Sudah tahu gunung pangrango belum guys? wah ketinggalan berita nih, ayo segera update donk, ini merupakan salah satu gunung indah di Indonesia lho, gunung ini mempunyai ciri khas tersendiri dari gunung yang lain, emanag sich tiap gunung punya ciri khas, tapi yang ini bedanya banget lho, simak trus di bawah ini ya.

Gunung Pangrango merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat dengan ketinggian 3019 mdpl dan masuk di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. TNGGP adalah kawasan lindung yang mempunyai peranan penting dalam sejarah konservasi di Indonesia yang juga merupakan zona inti Cagar Biosfer Cibodas.

Taman nasional tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat, kontribusinya sangat signifikan di bidang kemiskinan dan pembangunan, serta pembangunan cagar alamnya sangat bagus untuk perkembangan pembangunan kelanjutan di daerah sekitarnya.

Taman nasional ini dengan luas 22.851,03 hektar, kawasan Taman Nasional ini ditutupi oleh hutan hujan tropis pegunungan, hanya berjarak 2 jam (100 km) dari Jakarta. Salah satu ciri khas nya adalah keadaan alamnya yang unik, alhasil banyak peneliti yang mengembangkan penelitian di dekat taman nasional tersebut, keren ya guys.

Jika kamu adalah pendaki gunung, tentu gunung Gede Pangrango menjadi salah satu destinasi yang mungkin sudah kamu kunjungi. Selain karena lokasinya yang dekat dari 2 kota besar, Jakarta dan Bandung gunung Gede Pangrango juga tidak terlalu ekstrim untuk didaki kok, kamu yang belum pernah mendaki gunung, kamu bisa nyoba latihan mendaki di gunung ini.

Gunung Gede memang cocok didaki oleh para newbie atau pemula. Kalau kamu belum pernah mendaki gunung, memang ada baiknya memilih gunung yang memiliki track dengan level sedang, tidak terlalu sulit atau terjal.

Tapi bukan berarti gunung ini bebas lho, gunung ini juga mempunyai perijinan yang ketat, tentu ada syarat-syarat untuk melakukan pendakian, seperti umur pendaki, barang-barang dan perlengkapan mendaki dll. Bahkan ada peraturan khusus yang perlu di patuhi bagi para pendaki agar selamat sampai puncak dan turun lagi.

Bagi kamu yang rumahnya dekat jakarta dan bandung, tentu dunk gak puasa hidup kamu kalau belum menaklukkan gunung keren ini, hehe.

Nah, penasarankan apa saja pesona yang bisa kamu nikmati di gunung Gede? Simak ulasannya berikut ya.

1Surya Kencana

inisayadanhidupsaya.wordpress.com

Hmmm, ada beberapa hal yang menarik di gunung pangrango ini, yang pertama adalah surya kencana. Aneh ya, kok namanya nama jawa gitu?

Nama Surya kencana sendiri ada ceritanya lho, begini guys. Surya Kencana adalah nama seorang putra Pangeran Aria Wiratanudatar (pendiri kota Cianjur) yang beristrikan seorang putri jin. Pangeran Surya Kencana memiliki dua putra : Prabu Sakti dan Prabu Siliwangi.

Dimana surya kencana ini adalah tempat berkumpulnya pangeran surya kencana bersama prajuritnya, mereka menyebutnya tempat itu adalah alun-alun dan menjadikan alun – alun sebagai lumbung padi yang disebut Leuit Salawe, Salawe Jajar, dan kebun kelapa salawe tangkal, salawe manggar.

Ada misteri di surya kencana lho guys yaitu kadangkala pendaki yang berada di kawasan alun-alun Surya Kencana akan mendengar suara kaki kuda yang berlarian, tapi kuda tersebut tidak terlihat wujudnya. Konon, kejadian ini pertanda Pangeran Surya Kencana datang ke alun-alun dengan dikawal oleh para prajurit yang banyak.

Selain itu para pendaki kadang kala akan melihat suatu bangunan istana yang megah, ya bisa saja pendaki itu berhalusinasi atau berkhayal mungkin, hehe

Ya namanya misteri tetep aja guys, tapi santai aja kok, namanya misteri juga belum tentu benar atau tidaknya, tapi yang jelas kenapa disitu dikasih nama surya kencana, itu jelas ambil nama pangeran yang dulu tinggal disitu.

Surya kencana itu sendiri adalah padang luas yang luasnya melebihi oro-oro ombo Semeru. Disini kamu bisa melihat begitu menakjubkan alam ini, kamu juga bisa bermain-main atau mengambil gambar disitu, bahkan kalau mau tiduran melihat langit luas disitu juga bisa kok, hehe.

Tempat itu juga cocok buat kamu yang ingin bersantai sejenak sambil menikmati keindahan alam dan kesegaran udara yang bersih, apalagi waktu pagi dan sore hari, waduh, pasti kamu gak mau pulang, pengen bermalam disitu.

Selain itu di tempat itu terdapat banyak bunga edelweis lho, dan ini yang menjadikan pesona surya kencana semakin terlihat begitu menarik. Tahu bunga edelweis gak? Bunga yang hanya tumbuh di gunung guys, bunga ini memang tidak cantik kayak bunga mawar atau melati, gak harum kayak bunga lainnya, tapi bunga ini gak mau rontok, gak mau layu, ini termasuk jenis bunga kering, bunga ini punya bentuk yang unik juga, katanya sih bunga edelweis adalah bunga keabadian, makanya kalau punya pasangan kasih saja bunga edelweis, biar kamu dan pasangan kamu ketularan abadi, hehe

Disitu ada mitos juga lho, boleh percaya atau tidak, namanya juga mitos, kalau kamu mencintai atau menyayangi seseorang jangan membawakan dia bunga edelweis tetapi bawalah dia ke edelweis, maksudnya ajak dia ke melihat edelweis di puncak, Ihirrr!

Inilah foto edelwis tampak di malam hari guys, keren banget kan? Gak mupeng? Gak sehat kayaknya kamu, hehe

tapakkecil.com
setapakkecil.com

Tampak begitu cantik dan mempesona kan, di malam hari dengan warna khasnya yang putih ditambah dengan indahnya malam hari terlihat begitu indah, gak salah dech bunga ini dinamakan bunga keabadian oleh masyarakat.

Tapi kalau kamu disitu kamu gak boleh lho metik tuh bunga,kamu hanya bisa melihat saja, tapi kalau cuma mneyentuh atau berfoto ria boleh kok.

2Rawa Gayonggong

wisnuwidiarta.com

Yup, namanya rawa gayonggong, rawa ini akan kamu temui ketika kamu mendaki setelah pos pendakian pertama atau setelah pos pemeriksaan barang.

Kira-kira setelah 1 jam perjalanan ketika awal pendakian dan kamu melewati sebuah jembatan yang membentang di atas rawa, nah berarti kamu sudah memasuki daerah rawa gayonggong.

Di rawa ini kamu akan disuguhi pemandangan yang bikin perasan kamu berdesir, kamu bisa melihat alam yang luas, jejeran pohon yang hijau yang menyejukkan mata dan kamu juga bisa melihat puncak gunung yang bakal kamu tuju, akan terlihat tinggi menjulang guys.

Disini akan rugi banget jika kamu gak bawa kamera, karena momen di rawa gayonggong kamu dapat melihat kegagahan gunungnya yang tentu indah dan menakjubkan.

Di rawa ini juga terdapat mitos juga lho guys, lebih tepatnya bukan mitos sich, tapi semacam prediksi manusia. Tahu gak, diatas jembatan rawa gayonggong itu sering dibuat lintasan jalan macan tutul lho, wuih.

Yup, kadang macan tutul juga sering melewati jembatan di atas Rawa Gayonggong. Bukan hanya desas desus saja, karena jika kamu mendatangi jembatan ini, akan ada papan pengumuman yang mengatakan kalau jembatan ini tempat melintasnya macan tutul.

Tapi tidak setiap hari ya, macan tutul lewat di sana. Karena macan tutul melewati jembatan ini sekitar 3 bulan sekali saja. Selain itu, mereka juga akan melintas di sana ketika musim kawin, unik ya guys.

3Curug Cibeureum

suararakyatindonesia.org

Salah satu keunikan dan ke khas an gunung ini adalah adanya air terjun di lokasi jalur pendakian. Jarang banget ada gunung yang di jalur pendakiannya ada iar terjun, apalagi air terjun ini indah dan menakjubkan.

Di air terjun ini selain kamu bisa menikmati keindahannya, kamu juga bisa kok bermain air dan mengambil gambar disitu, pokoknya pasti bikin kamu gak berhenti memuji kebesaran Tuhan yang telah menciptakan.

Curug Cibereum dari kata sunda ya guys, kalau di translate jadi air terjun cibereum, cukup hanya dengan harga tiket Rp. 18.500/Orang, kamu dapat menikmati pemandangan Curug Cibereum serta menikmati indah dan segarnya alam pegunungan kaki Gunung Gede Pangrango.

Rutenya jika kamu berjalan sekitar 30 menit dengan lintasan berbatu yang sedikit menurun, kamu akan mendapati beberapa tempat yang digenangi air sehingga sepatu bisa basah. Setelah itu kamu akan sampai di Air Terjun Cibereum yang berada di ketinggian 1.675 mdpl. Waw! Seru kan?

Di lokasi ini terdapat persimpangan jalur alias pertigaan. Ke kanan adalah ke arah air terjun Cibeureum, sedangkan arah ke puncak gunung kamu bisa mengambil jalur lurus, tentu dunk, jika kamu masih ingin menikmati gunung pangrango setelah dari air terjun lanjutkan ke arah puncak.

4Tanjakan Setan

www.youtube.com

Hiiy! Dari namanya saja sudah menyeramkan. Tapi tenang guys, tanjakan setan ngga seperti yang kamu bayangkan kok, disini gak ada setan, gak ada valak kok, hehe. Jalur itu juga bukan berarti jalur nya setan mendaki atau tempat tinggalnya setan.

Ini hanya jalur menanjak yang agak ekstrim dan membutuhkan tenaga serta konsentrasi ekstra untuk melewatinya. Kira-kira dengan sudut kemiringan 60-70 derajat lah, cukup lumayan sich, makanya walaupun gunung ini cocok buat pemula, tapi tetep harus ketat dalam pemeriksaan, apalagi mereka yang gak pernah keluar rumah, yang gak pernah berlatih fisik, duh hati-hati ya.

Tapi jangan khawatir, yang harus kamu ketahui walaupun tanjakan ini adalah tanjakan yang begitu curam, disitu sudah disediakan tali webbing untuk jadi pegangan naik ke atas kok, jadi walaupun berat tapi kamu bisa pegangan tali disitu, cukup nyaman kok.

So, kamu gak usah takut, ketika naik kesitu rombongan atau banyak temen, yang naik pertama usahakan yang paling kuat dulu, biar diatasnya bisa bantu temen yang mau naik.

5Pos Air Panas

muhdhito.me

Yang unik lagi guys, di gunung pangrango, di jalur pendakiannya ada pos yang banyak orang bilang pos air panas, yup, kenapa kok dikasih nama pos air panas, karena disitu memang terdapat air panas, unik khan?

Jalur ini merupakan jalur yang yang sedikit menurun, mau tidak mau, ketika kamu mendaki gunung ini kamu harus melewati jalur ini. Kamu yang pemula atau pun sudah ahli dalam mendaki harus tetap hati-hati lho ketika melewati jalur ini, karena jalur ini jalur yang licin, panas, dan tepat di sisi kanan adalah jurang cukup dalam tempat air panas terjun kembali ke jurang.

Jalur tersebut hanya bisa dilewati 1 orang guys, jadi jika ada orang dari arah berlawanan yang ingin lewat juga gak bisa, harus antri, kalau gak antri atau jalan berdua, kemungkinan jatuh akan besar walau ada rantai besi untuk pegangan disitu.

Kamu juga gak boleh berhenti di jalur itu, karena akan mengganggu pendaki lain yang mau lewat, lewat disini dianjurkan pakai sepatu guys, kalau pakai sandal, panasnya akan terasa.

Jalur tersebut berupa batuan yang licin, jika terpeleset di batu maka akan terkena cipratan air panas, pastinya cipratan tersebut akan terasa di kulit, tapi jangan takut, air nya gak panas-panas banget kok, paling bikin kulit kaget aja, gak kayak air mendidih 100 derajat celcius, lagipula kalau kamu hati-hati dalam melangkah juga aman guys.

6Air Terjun Lagi

setapakkecil.com

Setelah kamu berjalan melewati pos air panas, kamu akan disuguhi pemandangan yang seger lagi, yaitu air terjun lagi guys, air terjun ini cukup unik ya guys, kalau sebelumnya tadi air terjunnya airnya panas, tapi ini air terjun yang airnya biasa, gak panas maksudnya, hehe

Yang pasti air terjun ini lumayan eksotis, tempatnya juga gak jauh dari jalur pendakian, tepat di sebelah jalur pendakian, gampang banget kok buat ambil fotonya.

Di jalur pendakian gunung ini terdapat 3 air terjun yang eksotik ya guys, kalau kamu gak bawa kamera, yakin dech kamu bakalan menyesal, secara gak tiap tahun atau mungkin seumur hidup sekali mendaki gunung itu, karena memang jarang banget gunung ada air terjunnya, lah ini langsung 3 guys, pasti mikir, diatas apa ada sumber air ya? Hehe.

7Kandang Badak

tommytraveljournal.wordpress.com

Berikutnya yang menarik di gunung pangrango adalah kandang badak, dimana kandang badak ini pos terakhir  sebelum percabangan jalur yang akan mengantarkan kita ke puncak gunung gede atau gunung pangrango

Tempat ini biasanya digunakan untuk ngecamp nya para pendaki. Tempat makan, sholat, istirahat dan semuanya. Mereka yang kecapekan atau ingin santai sejenak menaruh barang dan sebagainya biasanya di tempat ini.

Memang tempat ini cukup nyaman untuk dijadikan menginap mendirikan tenda, karena banyak pohon yang rindang, udaranya juga lumayan enak, selain itu tempatnya juga memadai untuk didirikan tenda.

Sebenarnya lokasi ini terkenal dengan keindahannya karena dari sini kamu bisa melihat 2 puncak. Tetapi karena pepohonan disekitarnya tumbuh dengan baik sehingga menutupi kedua puncak tersebut dari pandangan mata.

Disini juga katanya ada mata air loh. Tetapi karena kurangnya perawatan sehingga mata air disini menjadi keruh. Wah sangat disayangkan ya.

Yang unik disini adalah ada warga sekitar yang berjualan, mereka menjual nasi uduk, kopi, camilan dan sebagainya. Jika kamu malas masak, pengen yang langsung makan, kamu bisa beli kok, tapi jangan kaget ya, harga nya mungkin agak mahal dari biasanya, secara memang bawa barang-barang itu sampai pos kandang badak memang tidak mudah.

8Telaga Biru

wisatawanalam.blogspot.com

Selanjutnya yang menarik di gunung pangrango adalah telaga biru. Yup , kenapa kok dinamakan telaga biru, karena memang telaganya berwarna biru guys, birunya syahdu banget bikin kamu baper pastinya, hehe.

Di gunung lain belum tentu akan kamu temukan telaga guys, apalgi telaga ini termasuk telaga yang unik, tentu akan memberikan kesan yang mendalam ketika kamu melihatnya.

Telaga biru adalah sebuah telaga cantik di tengah hutan ini dapat kamu jumpai jika kamu terus melakukan pendakian Dari pintu masuk jalur Cibodas, kecantikan Telaga Biru akan menyapa kamu setelah kurang lebih 1,5 km perjalanan menuju puncak Gunung Gede Pangrango.

Terletak pada ketinggian sekitar 1.575 mdpl, Telaga Biru memiliki luas sekitar lima hektare. Telaga ini sering disebut  orang dengan Telaga Biru karena airnya yang memang berwarna biru. Warna biru pada air ini disebabkan oleh banyaknya ganggang biru di perairan.

Perjalanan menuju Telaga Biru akan kamu lalui dengan kondisi jalan selebar 2-3 meter, dengan bebatuan alam tersusun rapi sepanjang jalan.

Jalan yang dilalui juga cenderung landai, tetapi akan ada sedikit tanjakan kecil di sepanjang jalur, tapi tenang saja guys, jalur ini bukan jalur yang sukar untuk dilalui.

Terkadang air telaga berwarna hijau, coklat, atau biru. Mungkin karena telaga ini sering terlihat berwarna biru kehijauan, makanya lebih dikenal sebagai Telaga Biru.

Kamu yang suka nyebur di air pasti dech gak tahan ingin menikmati segarnya air juga, tapi jangan nyebur yah dan kayaknya cukup melihat dari kejauhan sambil ambil gambar saja lebih baik, hehe

9Puncak Pangrango

travenita.wordpress.com

Gunung manapun ketika sudah mencapai puncaknya tentu banyak keindahan yang bisa kamu dapatkan. Termasuk dipuncak gunung Pangrango. Apalagi jika kamu berkesempatan sholat subuh di puncaknya, kemudian menyambut mentari pagi.

Wah, romantis banget yah, momen yang pasti gak akan kamu lupakan seumur hidup dan diceritakan pada anak cucu besok, hehe

Puncak gunung gede pangrango terlihat memanjang, berbeda dengan puncak gunung pangrango yang runcing sempurna. Pendaki biasanya menikmati pemandangan Kawah Gunung Gede yang sangat indah. di puncak gunung gede ini akan tercium aroma belerang yang kadang kala sangat menyengat hidung. Kawah gede ini terdiri dari Kawah Ratu dan Kawah Wadon.

Puncak gunung Gede sangat indah namun perlu hati-hati, kita dapat berdiri dilereng yang sangat curam, memandang ke kawah Gede yang mempesona. Dibawah lereng-lereng puncak ditumbuhi bunga-bunga edelweis yang mengundang minat untuk memetiknya, hal ini dilarang dan sangat berbahaya bagi kelestariannya.

Memang sayang banget ya guys, kita cuma bisa melihat bunga edelweis saja,memang betul peraturan tersebut, kalau seandainya diperbolehkan maka keindahan di gunung pangrango akan terancam dan  bunga edelweis juga akan punah karena banyaknya orang yang memetik.

Secara gunung ini hampir tiap tahunnya banyak sekali yang mendaki, tercatat hampir kurang lebih 5 ribu orang pertahun yang mendaki, jadi tidak heran kenapa bunga edelweis atau bunga abadi tidak boleh dipetik oleh pendaki, bisa habis gitu guys.

Di puncak gunung ini kamu juga bisa melihat gunung-gunung yang lain, seperti gunung salak dan sekitarnya, dimana pemandangannya juga tak kalah indah dengan pemandangan lain.

setapakkecil.com
setapakkecil.com

Itulah pemandangan gunung salak dari kejauhan di puncak gunung pangrango, memang biasanya ketika di puncak gunung kita akan dapat melihat banyak sekali pemandangan di sekitar, termasuk pemandangan awan yang menakjubkan.

Banyak orang mengatakan puncak adalah negeri di atas awan, keindahan dan kemegahan dunia ciptaan Tuhan sungguh tidak tergantikan.

So, ketika kamu sudah berada di puncak, jangan hanya menikmati keindahan dan kemegahan dunia saja, syukurilah dan sadarilah bahwa manusia begitu kecil, tidak ada apa-apanya dibanding dunia yang begitu luas, bahwa manusia seperti debu, jika melihat ke bawah tidak terlihat sama sekali, seperti hal nya orang melihat ke atas, sungguh sangat terbatas. Maka pantaskah kita sombong dan membanggakan diri? yuuk kita renungi

10Negeri Sejuta Senja

setapakkecil.com

Di gunung ini akan kamu temukan hal berikutnya adalah senja yang begitu indah, walau senja sudah ada di manapun juga, tapi kamu akan merasakan senja yang begitu beda ketika kamu berada di gunung pangrango.

Senja disini senja yang merah indah, dikelilingi pohon-pohonan besar, pemandangan alam yang alami, suara kedamaian begitu halus didengar dan disertai kesejukan udara gunung, semua akan terasa menakjubkan, lukisan alam yang benar-benar akan bikin kamu terlena dan betah untuk menikmatinya.

sungguh senja yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata karena lukisan Tuhan benar-benar tak bisa di uraikan, hanya perasaan takjub yang dapat merasakannya, hanya hati yang terus mengagumi indahnya senja.

Masih tak tertarik untuk pergi gunung ini? kita lihat di bawah ini lagi yuuk.

11Lembah Mandalawangi

setapakkecil.com

Tempat berikutnya yang bisa kamu kunjungi ketika di gunung ini adalah di lembah mandalawangi, dimana ini merupakan sebuah lembah dimana lembah yang indah, tenang dan menyegarkan mata kalau dikunjungipagi hari.

Lembah ini dulu sering dikunjungi oleh tokoh terkenal yaitu soe hok gie, dimana dulu beliau suka sekali berada di tempat ini. Tempat ini memang sepi, tapi mungkin dibalik sepi itulah seorang Soe Hok Gie mendapatkan inspirasi, menelurkan ide dan mengembangkan tulisan-tulisannya.

Mungkin lewat rasa sepi di mandalawangi itulah pemecah segala kebuntuan pikiran,karena alamnya yang alami dan sepi, suasananya benar-benar membuat orang terbuka hatinya, terbuka pikirannya dan tentu saja terbuka jiwanya, hingga seseorang akan paham betapa nikmat sepi dan merenungi diri.

Inilah pemandangan mandalawangi pada malam hari yang begitu elok dan menakjubkan, pastinya kalau sudah melihat yang seperti ini kamu gak sabar untuk melihatnya secara langsung, lihat dech, pemandangan kayak gini jarang banget ada di halaman rumah kamu.

setapakkecil.com
setapakkecil.com

Berjuta bintang berbaris rapi, membentuk rangkaian tiada batas, begitu indah dan luar biasa alam yang diciptakan Tuhan, tiada kata yang dapat menggambarkan kebesaranNYA, tiada makna yang dibatasi oleh apapun juga.

Bintang itu seperti menyapa kita, mengatakan dan menyadarkan kita betapa kecil kamu di dunia dan betapa banyak nikmat Tuhan yang diberikan pada kita, tak lupa betapa besar dunia yang kita tempati

Lembah mandalawangi beri pelajaran yang berharga, bahwa sepi bukan berarti kesepian, sepi bukan berarti kekurangan, sepi bukan berarti tidak ada cinta, tapi sepi juga merupakan sebuah keniscayaan yang dapat mengantarkan seseorang menuju kedamaian hakiki.

Itulah pesona gunung gede pangrango yang wajib kamu kunjungi, alamnya, keindahannya, keunikan dan ke khas an nya semua tersaji dalam satu pendakian.

Tentu tidak hanya manfaat alamnya saja yang dapat kita ambil, tapi juga pelajaran yang banyak ketika melihat alam yang terbentang luas, banyak orang bilang melihat alam akan menyadarkan kita, akan membuat hati tentram dan damai, akan membuat manusia ingat siapa penciptanya dan tentunya akan membuat manusia menjadi manusia lebih baik.

Bagi kamu yang masih muda, yang maish kuat tenaganya, yang masih jelas pandangannya, yang masih lincah kaki dan tangannya, jangan sampai kamu melewatkan pemandangan puncak gunung guys, rugi banget, hidup kamu yang sekali, jangan lewatkan kesempatan untuk berdiri di puncak tinggi dan bersenandung di negeri di atas awan.

semoga bermanfaat bagi kamu ya.

 

 

SHARE