Indonesia berada pada jalur pertemuan lempeng dunia, yaitu Lempeng Benua Asia di kawasan Barat dan Lempeng Benua Australia di kawasan Timur sehingga banyak menghasilkan rangkaian gunung api.

Indonesia memang mempunyai banyak gunung dan lebih dari 30 itu merupakan gunung api. Gunung api diklasifikasikan berdasarkan pola kebiasaan yang terjadi berupa siklus 10 tahunan atau 20 tahunan. Cukup sering bukan?

Pengertian Gunung Meletus

samiranindah.blogspot.com
samiranindah.blogspot.com

Letusan gunung merupakan peristiwa yang terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi berupa seperti debu, awan panas, asap, kerikil, batu-batuan, lahar panas, lahar dingin, magma, dan lain sebagainya.

Letusan gunung berapi membawa abu dan batu menyembur dengan keras sejauh radius 18 km atau lebih, sedang lavanya bisa membanjiri daerah sejauh radius 90 km.

Letusan gunung berapi bisa menimbulkan korban jiwa dan harta benda yang besar sampai ribuan kilometer jauhnya dan bahkan bias mempengaruhi putaran iklim di bumi ini.

Penyebab Gunung Meletus

rovicky.wordpress.com
rovicky.wordpress.com

Hampir semua kegiatan gunung api berkaitan dengan zona kegempaan aktif sebab berhubungan dengan batas lempeng.

Pada batas lempeng inilah terjadi perubahan tekanan dan suhu yang sangat tinggi sehingga mampu melelehkan material sekitarnya yang merupakan cairan pijar (magma).

Magma akan mengintrusi batuan atau tanah di sekitarnya melalui rekahan- rekahan mendekati permukaan bumi.Magma yang mengandung gas, sedikit demi sedikit naik ke permukaan karena massanya yang lebih ringan dibanding batu-batuan padat di sekelilingnya.

Saat magma naik, magma tersebut melelehkan batu-batuan di dekatnya sehingga terbentuklah kabin yang besar pada kedalaman sekitar 3 km dari permukaan.

Kabin magma (magma chamber) inilah yang merupakan gudang (reservoir) darimana letusan material-material vulkanik berasal.

Dampak Gunung Meletus

Gunung meletus itu memang bahaya Guys, tapi material yang dibawanya juga punya dampak positif bagi kehidupan. Disimak yuk kedua-duanya!

Dampak Negatif

Karena material yang dibawa peristiwa ini kadang berupa bongkahan dengan suhu yang tiada tara suhunya, maka kewaspadaan mutlak diperlukan. Berikut ini hal negatif yang bisa terjadi saat gunung meletus:

1Membawa Racun

peauxeticexpressions.com

Tercemarnya udara dengan abu gunung berapi yang mengandung bermacam-macam gas mulai dari Sulfur Dioksida atau SO2, gas Hidrogen sulfide atau H2S, No2 atau Nitrogen Dioksida.

Serta beberapa partikel debu yang berpotensial meracuni makhluk hidup di sekitarnya. Material yang dikeluarkan oleh gunung berapi berpotensi menyebabkan sejumlah penyakit misalnya saja ISPA.

2Merusak Pemukiman Warga dan Ekosistem di Sekitarnya

alexanderkomala.wordpress.com

Semua titik yang dilalui oleh material berbahaya seperti lahar dan abu vulkanik panas akan merusak pemukiman warga. Lahar yang panas juga akan membuat hutan di sekitar gunung rusak terbakar dan hal ini berarti ekosistem alamiah hutan terancam.

Dampak Positif

Selain dampak negatif, jika ditelaah, letusan gunung berapi juga sebenarnya membawa berkah meski hanya bagi penduduk yang ada di sekitar. Apa saja? Berikut uraiannya:

3Menyuburkan Tanah

geografiupi2010.blogspot.com

Tanah yang dilalui oleh hasil vulkanis gunung berapi sangat baik bagi pertanian sebab tanah tersebut secara alamah menjadi lebih subur dan bisa menghasilkan tanaman yang jauh lebih berkualitas.

Tentunya bagi penduduk sekitar pegunungan yang mayoritas petani, hal ini sangat menguntungkan.

4Muncul Mata Pencaharian Baru

ips-abi.blogspot.com

Terdapat mata pencaharian baru bagi rakyat sekitar gunung berapi yang telah meletus, apa itu Guys? Jawabannya penambang pasir. Material vulkanik berupa pasir tentu memiliki nilai ekonomis.

Selain itu, terdapat pula bebatuan yang disemburkan oleh gunung berapi saat meletus. Bebatuan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai bahan bangungan warga sekitar gunung.

5Sumber Mata Air

wisatajatim.info

Setelah gunung meletus, biasanya terdapat geyser atau sumber mata air panas yang keluar dri dalam bumi dengan berkala atau secara periodik. Geyser ini kabarnya baik bagi kesehatan kulit.

Muncul mata air bernama makdani yaitu jenis mata air dengan kandungan mineral yang sangat melimpah.

Nah, jadi kesimpulannya, kita harus tetap waspada dengan gunung meletus. Dibalik itu semua, kita juga harus bersyukur dengan dampak positif yang diberikannya. Semoga bermanfaat!

 

SHARE