Apa bayangan kamu jika ditanya tentang gunung berapi? Pasti ngerasa akan serem dan mematikan. Nah, untuk merubah anggapanmu tentang gunung berapi, kamu harus coba menapakkan kakimu di Gunung Papandayan.

Walaupun gunung ini masih dikategorikan sebagai gunung api aktif, tapi tidak ada kesan  mengerikan di gunung yang berada di Kabupaten Garut itu. Yang ada hanyalah indah dan menyenangkan.

Menariknya, gunung api ini hanya setinggi 2665 meter di atas permukaan laut, tergolong gunung yang tidak tinggi. Makannya banyak sekali yang pada dateng ke sana, walau gak punya pengalaman mendaki.

Jadi buat kamu yang jarang mendaki atau belum pernah mendaki, rame-rame deh datang ke sana, ajak rekan dan keluargamu.

Berikut 6 daya tarik Gunung Papandayan, yang membuat orang ramai mengunjunginya.

1Trek yang Landai dan Mudah

pesanviaonline.com

Mendaki gunung umumnya adalah kegiatan yang menantang, butuh persiapan dan kemampuan. Makannya hanya pecinta petualangan saja yang hobi sama pendakian.

Kalau itu secara umum, berarti Gunung Papandayan ini diluar keumuman. Dengan trek yang landai dan tidak terlalu panjang, pendakian gunung ini menjadi mudah bagi siapapun.

Baik untuk pendaki pemula bahkan buat anak-anak juga. Karenanya gunung ini sangat cocok bagi wisata keluarga. Dengan sedikit usaha pendakian, namun kamu akan menyaksikan keindahan alam yang sebenarnya.

2Tidak Membutuhkan Peralatan Khusus Berlebihan

wisatakemanaaja.com

Hanya butuh alat standar saja untuk mendaki Gunung Papandayan. Karena ketinggian gunung nggak nyampe seperlima Gunung Himalaya, jadi nggak perlu bawa perlengkapan khusus. Apalagi sampai bawa tabung oksigen.

3Panorama yang Sangat Indah di Sepanjang Perjalanan

blog.hicity.co.id

Begitu keluar dari lokasi parkir menuju kawah, di sepanjang perjalanan yang tak lebih dari 300 meter, kamu sudah disuguhkan pemandangan jalan bebatuan bekas letusan Gunung Papandayan.

Seluruh kawasan kawah yang dilintasi dalam perjalanan, adalah kawah bekas letusan Gunung Papandayan purba. Letusan gunung berapi yang dahsyat, menyebabkan puncak besar Papandayan telah lenyap.

Total ada 14 kawah yang menakjubkan di gunung ini. Tebing-tebing di seluruh penjuru gunung di sepanjang trek juga menunjukkan keindahan luar biasa. Ada beberapa tempat kontur tebing masih labil dan longsor.

Tapi longsoran telah terbentuk di tebing yang jauh dari jalur trek, sehingga tidak akan membahakan pendaki.

4Pemandangan Hutan Mati yang Eksotis

zonalibur.com

Kawasan yang sebelumnya merupakan hutan yang lebat, setelah erupsi 11 november 2002 terkena dampak erupsi. Justru sekarang terbentuk hutan mati yang eksotis.

Yang tersisa tinggal batang pohon dan ranting yang kering dan berwarna kehitaman. Suasana udara berkabut dengan pepohonan yang menghitam dan tanah kapur berwarna putih. Kesan mistis berbaur keindahan, sangatlah eksotis.

Sebaiknya kamu jangan kehilangan momentum dalam menikmati hutan mati. Pastikan ambil momentum saat sunrise menjelang. Pemandangan akan lebih luar biasa bagusnya.

5Hamparan Edelweiss yang Luar Biasa Luas

stenisia.wordpress.com

Inilah yang paling memanjakan mata kita dan paling dicari penikmat keindahan. Hamparan Edelweiss yang begitu luas dan mempesona. Sepanjang mata memandang semuanya serba Edelweiss.

Apalagi saat Edelweiss tersapu angin gunung, betul-betul membuat hati luluh. Ngelihat kaya gitu rasanya pengen dibawa pulang. Tapi tunggu dulu, dilarang keras memetik bunga Edelweis, itu bunga yang dilindungi.

6Waktu Pendakian Singkat dan Fasilitas Memadai di Puncak

evnubadder.blogspot.com

Tujuan paling utama dalam pendakian adalah mencapai puncak. Di Gunung Papandayan kamu akan jauh lebih mudah mencapai tujuan itu.

Hanya dibutuhkan waktu 4-5 jam saja untuk sampai ke puncak, itupun dengan ritme yang santai. Tapi dengan catatan kamu nggak camping dulu di Pondok Saladah ya!

Waktu yang relatif singkat dibanding dengan waktu pada umumnya dalam pendakian. Biasanya sampai hampir seharian, atau bahkan tambah satu malam kalau pendakian dengan camping.

Di puncak, fasilitasnya juga cukup memadai. Ada tenda khusus, tempat mandi dan toilet yang sedia 24 jam. Bahkan banyak juga pedagang yang berjualan disana. Bagi kamu yang muslim, disediakan juga musholla.

Saking ramai dan komplitnya fasilitas puncak sampai kamu bakal ngira puncak Papandayan itu rest area.